Honda Kalbar Melakukan Edukasi Keamanan Berkendara Bersama Kepolisian

Isa Oktaviani
By -
0

Honda Kalbar Melakukan Edukasi Keamanan Berkendara Bersama Kepolisian


Pada tanggal 13 Juli 2020 Honda Kalbar kembali menyelenggarakan program NGOPREK (Ngobrol Online Seputar Komunitas) bersama Kepolisian, NGOPREK saat ini sangat menarik, dengan tema Patuhi Peraturan Lalu Lintas dengan #cari_aman. NGOPREK ini membahas kebutuhan yang harus dimiliki pengendara motor, area” yang rawan kecelakaan lalu lintas. Selain itu ada edukasi yang diberikan oleh instruktur Safety Riding oleh Sarifah Salbiah selaku KaSubDit BinPolMas Polda Kalimantan Barat. Dengan pembahasan safety riding yang dikombinasikan dengan informasi lakalantas serta himbauan kepada masyarakat untuk tetap menjaga jarak aman, mengikuti protokol New Normal diharapkan masyarakat tetap sehat dan aman ketika berkendara maupun beraktivitas.


Edukasi yang diberikan juga sangat menarik yaitu pengecekan kendaraan sebelum berkendara yang benar, edukasi disampaikan oleh instruktur Safety Riding Honda Kalbar Prastya Agusta dengan pembawaan host yang menarik bernama Febri Andrian Program NGOPREK ini menjadi menjadi lebih ringan dan mudah dimengerti. Semoga Edukasi Safety Riding ini terus berlanjut agar masyarakat selalu ingat akan keselamatan saat berkendara.

Karena tanpa disadari, kematian tertinggi ketiga di Indonesia disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas. Dalam setiap satu jamnya terdapat empat orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Sebanyak 72% kasus kecelakaan lalu lintas tersebut terjadi di Indonesia. Kecelakaan yang melibatkan se peda motor mencapai 73%, disusul mobil (15%), truk (8%), bus (2%), dan sepeda 2%.

Rata-rata tiap satu jam ada tiga orang meninggal dunia akibat kecelakaan di jalan.Ini membuat angka laka lantas di Indonesia terbilang cukup tinggi. Mayoritas penyebabnya adalah rendahnya kedisiplinan dalam mengendarai sepeda motor. Yang semakin memprihatinkan, para korban me - ninggal dunia sebagian besar berusia produktif, yakni antara 15-29 tahun. Pada 2018, sebanyak 5400 kejadian, sementara pada 2017 hanya 5140 kejadian di periode bulan yang sama. Semua pihak bekerja keras agar angka kecelakaan tidak meningkat lagi di tahun 2019. Maka, berbagai upaya dilakukan salahsatunya adalah kampanye aman berlalu lintas yang dilakukan oleh kepolisian di seluruh Indonesia,


Tips Berkendara Agar Aman

1. Fokus

Kecelakaan mengintai kapan saja saat ada di jalan raya. Untuk itu, selalu fokus dan kendalikan kecepatan sepeda motor yang ditunggangi. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga jarak dengan kendaraan di depan.

2. Lihat Jauh ke Depan

Pastikan selalu menganalisa ancaman yang bisa terjadi di jalan raya. Lihat lebih jauh kondisi di depan. Jika berpotensi terjadi insiden, lebih baik memelankan kecepatan dengan catatan jangan rem mendadak. Ini cukup penting, bukan hanya akan meminimalisir kecelakaan yang terjadi bagi diri sendiri, tetapi juga pengendara lain.

3. Posisi Duduk yang Nyaman

Jika kendarai sepeda motor, pastikan posisi berkendara sudah benar. Paling tidak, tangan harus sedikit melengkung dan punggung lurus. Upaya ini berguna agar Otolovers tidak gampang lelah, terutama jika bepergian jauh. Hal ini ternyata juga mempengaruhi reaksi saat terjadi situasi yang tak terduga lho Otolovers. Jika posisi berkendara tak benar seperti tadi, reaksi pengendara akan lambat saat ada insiden tertentu.

4. Berkendara dengan Santai

Santai dan rileks saat mengemudi juga penting. Bagian tubuh jangan sampai tegang, seperti lengan, bahu, leher dan punggung. Karena hal ini akan memengaruhi refleks saat terjadi situasi yang tak diinginkan.

5. Latih Keterampilan Pengereman

Namanya berkendara di jalan raya tak akan lepas dari namanya pengereman. Keterampilan ini harus dimiliki sebaik mungkin. Mengerem dengan salah pastinya akan bikin diri sendiri dan orang lain dalam bahaya. Latih cara pengereman saat dalam kecepatan tinggi. Jangan lupa untuk latih pengereman mesin, cara menggeser gigi motor yang baik. Karena hal itu mampu bikin pengereman secara otomatis di roda belakang.

6. Latih Keterampilan Mengemudi dengan Ikut Pelatihan

Cukup penting juga lho Otolovers untuk ikut pelatihan mengemudi. Biasaya diselenggarakan oleh produsen motor. Bisa juga ikut komunitas motor. Mereka sangat sering bikin acara safety riding atau sejenisnya yang sangat bermanfaat saat diterapkan di jalan raya.


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)