Hindari Bahaya di Jalan dengan #Cari_Aman Bersama SMA N 1 Pontianak

Isa Oktaviani
By -
0

Hindari Bahaya di Jalan dengan #Cari_Aman Bersama SMA N 1 Pontianak


Pada hari Jumat kemarin tepatnya  18 September 2020 Astra Motor Kalimantan Barat melakukan edukasi safety riding dengan target peserta siswa dan siswi SMA N 1 Pontianak pada yang berjalan secara webinar melalui aplikasi google meet. Dalam edukasinya honda kalbar mendapat banyak pertanyaan unik dari siswa dan siswi SMA N 1 Pontianak, siswa yang aktif memberikan kesan tersendiri ketika melakukan webinar. Astra Motor Kalimantan Barat melakukan edukasi safety riding melalui webinar terhadap siswa siswi SMA N 1 di Pontianak, tak ketinggalan Honda Kalbar selalu mencari cara agar edukasi keamanan berkendara selalu dapat dilakukan demi memberikan informasi dan pengetahuan mengenai berkendara dengan baik.



Mengutamakan kesehatan saat melakukan edukasi safety riding saat ini, Honda Kalbar tak hilang akal untuk bisa melakukan edukasi secara tepat sasaran terhadap sekolah sekolah yang berada di Kalimantan Barat. Dengan memberikan subsidi pulsa kepada peserta edukasi menjadi daya tarik sendiri agar siswa semakin bersemangat dalam memahami edukasi Safety Riding kali ini. Dengan menggunakan aplikasi meeting online honda kalbar dapat melakukan edukasi dengan baik terhadap pesertanya, dengan memberikan hadiah pulsa terhadap siswa yang aktif dalam edukasi memberikan daya tarik sendiri pada siswa yang ikut edukasi untuk tetap aktif bertanya, menjawab dan memperatikan edukasi.

Febri Andrian yang merupakan Instruktur Safety Riding Kalimantan Barat mengungkapkan dalam memprediksi bahaya ketika berada di jalan setidaknya kita mengetahui tentang keamanan kita sendiri dari penggunaan riding gear, pengecekan kendaraan, hingga memperhitungkan kondisi jalan. “edukasi safety riding tentang awareness, basic skill dan danger prediction merupakan hal yang harus disampaikan kepada siswa/i yang masuk dalam sekolah menegah atas, agar mereka lebih paham akan bahaya yang akan terjadi ketika kita berada di jalan dan bagaimana cara memprediksinya.” tutur Febri.


Tips aman berkendara yang harus diperhatikan.
Performa Kendaraan
Periksalah performa kendaraanmu sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan mesin mobil, rem, dan lampu berfungsi dengan baik. Sebelum kamu berangkat, ada baiknya jika kamu periksa oli mobil, kopling, air radiator, kabel, dan kondisi aki. Bila perlu, cek terlebih dahulu kondisi kendaraanmu di bengkel untuk persiapan sebelum perjalanan. Kendaraan yang jarang di-service dapat menyebabkan performanya menurun, lho! Jadi, jangan malas untuk service kendaraan mu ya, Sahabat!

Cek Tekanan Ban
Cek tekanan ban secara berkala. Pastikan bahwa PSI sudah sesuai. Tekanan ban umumnya berbeda 2-3 psi antara ban depan dengan belakang. Tekanan angin yang tepat akan menambah efisiensi pemakaian bahan bakar kendaraan sekitar 1-3%.

Selalu Menggunakan Sabuk Pengaman
Sebelum Sahabat mulai mengemudikan kendaraan, pakai dulu sabuk pengamannya, ya! Sabuk pengaman berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan jika terjadi kecelakaan. Selain itu, UULAJR (Undang-Undang Lalu Lintas dan Jalan Raya) Pasal 289 jo dan pasal 106 ayat 6 mewajibkan pengendara menggunakan sabuk pengaman ketika mengemudi. Daripada kena tilang, lebih baik pastikan kamu menggunakan sabuk pengaman ya, Sahabat.

Bahan Bakar
Periksalah bahan bakar kendaraanmu secara teratur. Apalagi kalau Sahabat akan memasuki jalan tol. 
Pom bensin di jalan tol tidak tersedia banyak, lho. Sahabat nggak mau kan mobilmu mogok di tengah jalan tol?

Kapasitas & Keselamatan Penumpang
Sebaiknya Sahabat tidak membawa penumpang melebihi kapasitas mobil mu ya, Sahabat. Perjalanan mu bisa terganggu karena tidak semua orang bisa duduk dengan nyaman. Nah, kalau kamu membawa balita, sebaiknya gunakan car seat atau booster seat, ya! agar anak tetap merasa nyaman saat perjalanan.

Menyimpan Nomor-Nomor Darurat
Sebaiknya kamu juga menyimpan nomor-nomor darurat untuk kondisi yang tidak diharapkan seperti terjadinya kebakaran, kecelakaan lalu lintas, kejahatan berat, maupun bencana alam, nomer-nomer ini akan berguna untuk kamu.

Selalu Patuhi Rambu Lalu Lintas
Seringkali musibah kecelakaan lalu lintas diakibatkan karena kelalaian si pengemudi. Oleh karena itu, jika kamu sudah merasa kelelahan dan mengantuk, usahakanlah untuk segera beristirahat. Memaksakan berkendara dengan kondisi badan yang lelah dan ngantuk dapat berakibat fatal, lho. Penyebab lainnya terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah sikap yang terburu-buru. Hayo ngaku, siapa yang sering kebut-kebutan saat terburu-buru? Banyak orang yang mengemudi atau mengendarai kendaraannya dengan mengebut, dengan harapan supaya cepat sampai ke tujuan. Hal ini tentunya sangat beresiko untuk kamu.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)