Edukasi SMA N 9  Pontianak untuk #Cari_Aman


Pada hari Jumat tepatnya tanggal 20 November 2020 Astra Motor Kalimantan Barat Edukasi safety riding Untuk Siswa dan Siswi SMA N 9 Pontianak dengan menggunakan sistem Webinar. Banyak pertanyaan dari peserta dalam cara agar tetap aman saat berkendara dan diskusi ringan dalam berkendara yang seharusnya dilakukan serta kuis berhadiah. Edukasi safety riding untuk bulan november ini di Kalimantan Barat untuk mendukung pengurangan tingkat kecelakaan di Indonesia Astra Motor Kalimantan Barat berkerja sama dengan Astra Honda Motor dalam mengedukasi masyarakat dari setiap rana sekolah, perusahaan, instansi, masyarakat umum, hingga komunitas Honda.


Edukasi yang dilakukan dengan cara Webinar Online ini menjadi pilihan terbaik agar penyampaian kepada peserta berjalan dengan baik dan untuk mendukung protokol kesehatan yang dihimbau oleh pemerintah. Dalam edukasinya Astra Motor Kalimantan Barat mengajak peserta untuk diajak berdiskusi berisi ilmu pengetahuan dasar tentang keamanan berkendara agar peserta selalu ingat dimanapun kita berada harus cari aman dan menjadi terbiasa dalam mengenal keamanan berkendara.


Antofany Yusticia yang merupakan Manager Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan dalam edukasi kali ini Astra Motor Kalimantan Barat mengangkat tema Sendiri Atau Berduaan Harus #Cari_Aman Untuk Siswa dan Siswi SMA N 9 Pontianak selalu ingat keselamatan berkendara Saat berboncengan atau sendiri “kita selaku pelopor Cari Aman saat berkendara bersama Astra Honda Motor berkerja sama dalam mengedukasi Siswa dan Siswi SMA N 9 Pontianak di Kalimantan Barat dengan tema pada kali ini dibulan november sendiri atau berduaan Harus tetap #Cari_Aman agar Siswa dan Siswi selalu berhati-hati dalam berkendara sendiri atau berboncengan.” tutur Antofany Yusticia.


Tips Aman Berkendara di Jalan


Periksa kendaraan secara berkala

Layaknya tubuh, mobil juga butuh check-up. Lakukan pemeriksaan berkala di bengkel, apakah ada masalah pada mesin, ban, rem, dan sebagainya. Jangan tunggu sampai kendaraan Anda bermasalah di jalan.


Kenali diri

Ketika Anda dibawah pengaruh alkohol, merasa mengantuk, minum obat yang membuat ngantuk, atau merasa tidak enak badan, maka jangan menyetir. Jika Anda memaksakan diri untuk menyetir maka resikonya sangat luar biasa – baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Kalau Anda memiliki rabun ayam, hindari menyetir setelah gelap.


Perlahan tapi pasti

Jagalah kecepatan stabil untuk menghindari tabrakan dengan mobil lain atau pejalan kaki. Tetapi jangan juga melaju terlalu lambat sehingga menghambat pengendara lain – itu sama berbahayanya.


Jangan bermain telepon genggam

Dengan teknologi di ujung jemari, “distracted driving” atau menyetir dengan perhatian yang terbelah semakin meningkat karena pengemudi cenderung memegang telepon genggam sambil di jalan. Larangan penggunaan telepon genggam saat mengemudi, secara spesifik tidak diatur dalam UU No 22 Tahun 2009. Tapi, pengendara (yang menggunakan telepon genggam) bisa terjerat pasal 106 ayat 1 tentang pengemudi wajib mengendarai kendaraan dengan penuh konsentrasi. Pengertian wajib mengendarai dengan penuh konsenterasi, mencakup melarang kegiatan-kegiatan yang mengganggu konsentrasi berkendara. Misalnya minum-minuman keras saat berkendara, mengkonsumsi obat terlarang dan menggunakan telepon genggam. Pastikan kedua tangan Anda harus senantiasa ada di roda kemudi.


Latih Keterampilan Pengereman

Namanya berkendara di jalan raya tak akan lepas dari namanya pengereman. Keterampilan ini harus dimiliki sebaik mungkin. Mengerem dengan salah pastinya akan bikin diri sendiri dan orang lain dalam bahaya. Latih cara pengereman saat dalam kecepatan tinggi. Jangan lupa untuk latih pengereman mesin, cara menggeser gigi motor yang baik. Karena hal itu mampu bikin pengereman secara otomatis di roda belakang.


Latih Keterampilan Mengemudi dengan Ikut Pelatihan

Cukup penting juga lho Otolovers untuk ikut pelatihan mengemudi. Biasaya diselenggarakan oleh produsen motor. Bisa juga ikut komunitas motor. Mereka sangat sering bikin acara safety riding atau sejenisnya yang sangat bermanfaat saat diterapkan di jalan raya.


Bila mengalami kecelakaan

Berhentikan kendaraan dengan segera jika Anda terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Ketahui hak-hak asuransi Anda dan mintalah kontak pihak lain yang juga terlibat kecelakaan. Jika ada cedera, segera telepon 112 untuk pertolongan.



No comments:

Post a Comment

| Designed by Colorlib