Edukasi SMKN 7 Pontianak dengan Tema #Cari_Aman Saat Menyalip


Pada hari Kamis tepatnya tanggal 19 November 2020 Astra Motor Kalimantan Barat Edukasi safety riding Untuk Siswa dan Siswi SMK N 7 Pontianak dengan menggunakan sistem Webinar. Banyak pertanyaan dari peserta dalam cara menyalip yang aman dan diskusi ringan dalam berkendara yang seharusnya dilakukan serta kuis berhadiah. Edukasi safety riding untuk bulan november ini di Kalimantan Barat untuk mendukung pengurangan tingkat kecelakaan di Indonesia Astra Motor Kalimantan Barat berkerja sama dengan Astra Honda Motor dalam mengedukasi masyarakat dari setiap rana sekolah, perusahaan, instansi, masyarakat umum, hingga komunitas Honda.


Edukasi yang dilakukan dengan cara Webinar Online ini menjadi pilihan terbaik agar penyampaian kepada peserta berjalan dengan baik dan untuk mendukung protokol kesehatan yang dihimbau oleh pemerintah. Dalam edukasinya Astra Motor Kalimantan Barat mengajak peserta untuk diajak berdiskusi berisi ilmu pengetahuan dasar tentang keamanan berkendara agar peserta selalu ingat dimanapun kita berada harus cari aman dan menjadi terbiasa dalam mengenal keamanan berkendara.


Antofany Yusticia yang merupakan Manager Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan dalam edukasi kali ini Astra Motor Kalimantan Barat mengangkat tema #Cari_Aman Saat Menyalip Untuk Siswa dan Siswi SMK N 7 Pontianak selalu ingat keselamatan berkendara Saat menyalip kendaraan lain “kita selaku pelopor Cari Aman saat berkendara bersama Astra Honda Motor berkerja sama dalam mengedukasi Siswa dan Siswi SMK N 7 Pontianak di Kalimantan Barat dengan tema pada kali ini dibulan november #Cari_Aman Saat Menyalip agar Siswa dan Siswi selalu berhati-hati dalam berkendara.” tutur Antofany Yusticia.


7 poin postur berkendara yang wajib kita ketahui untuk keselamatan dan kenyamanan saat berkendara yaitu:


1.Mata Lurus Ke Depan dan Fokus ke Arah Tujuan

Ketika berkendara, usahakan untuk fokus ke arah depan, jangan lirik sana sini karena saat kita mulai tidak fokus, ada saja yang dapat menghalangi pandangan sehingga rentan terhadap kecelakaan. Berkendara juga harus fokus pada arah tujuan, hal ini agar kita bisa fokus pada perjalanan, tidak melenceng ke sana kemari. Saat mata fokus dan arah juga fokus maka kita bisa lebih nyaman dan aman di jalanan. Dalam berkendara harusnya kita selalu memperhatikan arah depan untuk mengetahui dan dapat mengidentifikasi medan yang akan dihadapi saat berkendara, untuk melihat belakang disarankan melihat ke kaca spion motor.


2. Pundak Santai dan Rileks

Pundak santai dan rileks perlu dilakukan untuk menghilangkan tegang saat berkendara menghindari letih yang terlalu cepat ketika berkendara. Posisi ini akan membuat kita merasa lebih nyaman dan tidak gampang capek ketika berkendara. Saat tubuh merasa nyaman, kita juga dengan mudah mengendalikan kendaraan dan ini membantu kita meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan.


3. Siku Sedikit Menekuk

Diharapkan juga siku sedikit menekuk karena pasti kita dijalan menghadapi medan yang tidak rata, siku menekuk juga untuk mengindari benturan yang terjadi pada tubuh ketika melewati jalan yang tidak rata. Jalanan tidak rata rentan sekali membuat kita terjatuh sehingga harus dikendalikan dengan posisi yang benar.


4. Tangan Memegang Grip Stang

Tangan harus memegang grip stang agar pengendara salalu siap akan segala kondisi yang akan terjadi di jalan. Kekuatan kita juga terpusat ketika ada kendala di jalan. Memegang grip stang mampu membuat kita lebih siap meminimalisir keadaan yang tidak diinginkan. Tak sedikit dari kita senang membawa motor dengan memegang satu tangan saja padahal itu kurang baik juga dan rentan terhadap kecelakaan.


5. Pinggul Rileks

Pinggul rileks juga membantu agar tidak telalu tegang yang membuat tubuh letih lebih cepat. Oleh karena itu ketika berkendara harus memperhatikan kenyamanan posisi tubuh agar kita tetap nyaman berkendara. Pinggul ini menjadi bagian tubuh yang rentan pegal apalagi ketika kita melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor. Sangat mudah pegal jadi harus dirilekskan supaya kita tetap nyaman dengan kendaraan yang kita gunakan.


6. Lutut Menjepit Tangki dengan Ringan

Ketika kita menggunakan motor sport, wajibnya lutut harus menjepit tangki agar keseimbangan dan menghindari tersenggolnya lutut oleh kendaraan lain. Ini juga membantu agar kaki kita tidak cepat lelah karena memiliki sandaran dan kita merasa lebih nyaman ketika melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan yang kita gunakan.


7. Kaki Menghadap Ke Depan Dan Ujung Sepatu Berada Tepat Di Atas Pedal

Kaki menghadap ke depan dan ujung sepatu berada tepat di atas pedal membuat kita selalu siap dan nyaman ketika menghadapi jalan yang tidak rata, dan tentunya untuk menambahkan kenyamanan saat berkendara serta meningkatkan kendali atas kendaraan yang digunakan.


Itulah 7 poin postur berkendara yang wajib kita ikuti ketika berkendara. Selalu cari aman ketika berkendara, gunakan riding gear yang bersih, jaga selalu ke aman diri sendiri dan orang lain bersama Honda sama-sama kita ciptakan Indonesia yang aman ketika berkendara.



No comments:

Post a Comment

| Designed by Colorlib