Kabar Gembira, Honda Rebel 500 di Indonesia Bebas Recall

Isa Oktaviani
By -
0

Kabar Gembira, Honda Rebel 500 di Indonesia Bebas Recall


Terdeteksi akan adanya cacat produksi pada bagian reflektor sepanjang periode 6 Januari hingga 1 Maret 2021. Akhirnya Honda Motor Thailand putuskan untuk melakukan recall atau penarikan kembali pada 32.000 motor untuk mendapatkan perbaikan. Tercatat ada 11 model yang terkena recall, kacaunya dari 11 model tersebut ada lima model yang sudah dipasarkan ke Indonesia, seperti Honda Super Cub C125, Monkey, CRF250 Rally, CB650R dan Honda Rebel. Agen pemegang merek motor Honda di Indonesia, Astra Honda Motor (AHM) pun memberikan jawabannya dan memastikan Honda Super Cub C125, Monkey, CRF250 Rally, CB650R dan Honda Rebel yang ada di Indonesia bebas recall.

"Model yang dipasarkan di Indonesia tidak terdampak recall tersebut ya," jawab PR Manager PT Astra Honda Motor (AHM), Rina Listiani.


Rina menjelaskan terbebasnya Honda di Indonesia dari recall karena produk yang ada di Indonesia tidak termasuk dalam 32.000 unit motor tersebut. Sebelumnya, dilansir dari Response Honda Thailand melaporkan kepada Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Pariwisata dan Transportasi setempat untuk melakukan program recall terhadap sebagian model Honda yang beredar. Hal ini dikarenakan adanya bagian reflektor yang dianggap tidak sesuai dengan standar keselamatan.


"Targetnya ada 11 model yang mendapat program recall ini, ada Honda Rebel 250, Rebel 500, Monkey 125, CRF250L, CRF250 Rally, Grom, Super Cub C125, CBR400R, CBR650R, CB650R dan 400X. Unit ini adalah yang merupakan unit produksi dari mulai 6 Januari hingga 1 Maret 2021," tulis Response.


Dengan mengikuti program recall ini, para pemilik motor Honda yang disebutkan tadi, akan mendapat penggantian part reflektor belakang secara cuma-cuma. Dalam hal ini reflektor yang dimaksud adalah yang terdapat di bagian belakang dari motor.


Meskipun dianggap tidak sesuai standar keselamatan, tidak ada kerusakan atau kecelakaan yang terjadi. "Adanya program recall ini, terjadi atas indikasi dari otoritas di luar negeri dan adanya informasi dari perusahaan afiliasi (Honda)," tulis Reponse.


Di Indonesia sendiri, sudah ada pedoman teknis soal penggunaan alat pemantul cahaya atau reflektor pada kendaraan bermotor. Hal ini diatur oleh Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP.3996/AJ.502.DRJD/2019.


Spesifikasi Honda Rebel 500


Desain Dan Dimensi

Honda kembali berinofasi dengan meluncurkan varian motor dengan desain yang sedikit melenceng dengan trend, kali ini Honda menghadirkan motor dengan desain Motor Cruiser alias motor bergaya amerika serikat seperti hearly dan triump,  bedanya motor Honda Rabel ini dibandrol lebih murah dari pada kedua motor tersebut, desainnya juga terlihat keren dengan digunakannya ban besar pada bagian depan dan belakang yang senada dengan velg berwarna hitam dengan jari-jari, Honda rabel 500 juga di jual dengan 4 warna dimana warna terseut memiliki perbedaan hanya pada tangki saja warnanya sendiri adalah Merah, Silver, Hitam, dan kuning. 


Desainnya yang menggacu pada motor cruiser alias motor-motor amerika serikat terlihat Honda Rebel 500 menggunkan headlamp dengan desain membulat, begitupun pada lampu sein bagian depan dan belakang menggunakan lampu sein dengan desain yang membulat dengan menggunakan warna orange yang semakin memberikan kesan klasik, namun perlu sobat ketahui motor ini hanya menggunakan single seater sehingga tidak bisa berboncengan ya sob.  so pastinya motor ini wajib kita tunggu untuk masuk ke Indoenesia.


Perfoma Mesin

Beralih pada perfoma mesin sob dimana rabel 500 membawa perfoma mesin yang besar, dengan menggunakan mesin DOHC, 1 Silinder 4 klep berpendingin cairan serta kapasitas silinder 471 cc membuatnya sudah dapat di pastikan memiliki perfoma mesin yang superior dimana di percantik dengan sisitem suplai bahan bakar Fuel Injection, sedangkan untuk bore x stroke nya sendiri motor ini tercatat 67 mm X 66.8 mm, namun sayangnya sampai dengan artikel ini dibuat Honda belum membocorkan perfoma mesin dari honda rabel 500 namun sudah dapat dipastikan motor ini akan memiliki power yang besar.


Suspensi

Salah satu faktor yang membuat motor nyaman untuk di kendarai adalah bagaimana suspensi nya bekerja, pada Honda Rabel 500 ini menggunakan suspensi jenis 41mm Showa Teleskopik Fork pada bagaian depan sedangkan untuk bagian belakang motor ini menggunakan supensi jenis Dual Shock Absorber yang membuatnya memiliki kenyamanan tingkat tinggi, sedangkan untuk rangka sendiri menggunakan rangka jensi Underbone yang siap menopang dan memberikan kesetabilan pada motor Honda Rebel 500. Untuk penggunaan bannya sendiri Honda Rebel 500 menggunakan ban dengan ukuran 130/90 – 16 (Dunlop) pada bagain depan sedangan pada bagian belakang menggunakan ban dengan ukuran 150/80 – 16 (Dunlop), yang memberikan nilai plus lainnya adalah dengan digunakannya rem jenis Disc Brake, Kaliper 2 Piston, ABS (Optional) pada bagian depan, dan untuk penggereman bagian belakang menggunakan rem jenis Disc Brake, Kaliper 2 Piston, ABS (Optional), motor ini juga tersedia dalam dua pilihan mode penggereman yakni ABS dan Non ABS.


Fitur

Honda Rebel 500 nantinya akan membawa kapasitas bagan bakar yang  terbilang besar yakni mencapai > 5 liter, beberapa fitur yang membuat Honda Rabel 500 semakin menarik adalah dengan digunakannya speedometer baergaya modern di tambah lagi dengan beberapa indtrumen yang membut tampilan speedometernya semakin jelas terlihat dengan beberapa kombinasi warna. Honda Rebel 500 ini juga sudah dibekali dengan teknologi penggereman ABS dan Non ABS pada setiap variannya.



Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)