Test Ride Honda All New CB150R Streetfire: Handling Asyik, Tampilan Moge Look


Generasi terbaru Honda CB150R StreetFire resmi dirilis awal bulan Mei ini. Terdapat banyak ubahan signifikan. Selain desain yang disegarkan, beberapa komponen baru membuatnya lebih nyaman. Paling mencolok suspensi upside down SFF-BP dari Showa berdimater 37 mm dan setang tappered handle bar atau fat bar. Menjadikan tampilannya makin kekar.

Usai diluncurkan, kami mendapat kesempatan untuk menguji All New Honda CB150R Streetfire tipe Spesial Edition dengan warna Raptor Matte Black. Revisi di bagian pengendalian membuat kami penasaran. Motor ini lalu dipakai harian dengan jarak tempuh mencapai 200 km lebih. Kondisinya hanya digunakan dalam kota saja. Lantas, bagaimana impresi mengenai posisi berkendara, handling, performa dan konsumsi BBM. Berikut hasil yang kami dapat dari naked bike baru dari AHM.


Riding Position Rileks

Saat pertama duduk di atasnya, ternyata cukup pendek. Badan dengan tinggi 173 cm, kaki bisa menapak sempurna. Sepertinya lebih pendek dibanding model sebelumnya. Tercatat hanya 795 mm. Yap ternyata turun 2 mm saja dibandingkan model sebelumnya. Tidak menyulitkan untuk menahan motor yang memiliki berat kering 135 kg ini.


Kemudian saat menggapai setang, terasa lebih rileks. Tentu saja ini efek dari penggunaan setang tappered handle bar atau fat bar. Ditambah raiser yang lumayan tinggi. Posisinya juga kini lebih dekat ke pengendara, asyik lah. Ketika kedua tangan menggenggam setang, punggung juga tidak terlalu membungkuk. Pas untuk ukuran naked bike.


Kala mengendarainya, tidak butuh waktu buat penyesuaian. Langsung gas, enak dibawa jalan. Berkat penggunaan setang lebarnya juga membuat berbelok jadi sigap, sehingga lebih mudah dikontrol dan terasa lebih ringan. Meski bagian depan cukup besar, radius beloknya cukup banyak. Model ergonominya pun benar-benar beda dari yang lama. Visibilitas juga jadi lebih baik.


Bicara riding position, tak lepas dari peran jok yang berfungsi sebagai tempat duduk pengendara. Menurut kami, ini menjadi poin penting dalam memilih motor. Ukuran kursi yang tidak sesuai dengan bokong juga bisa berpengaruh pada kenyamanan. Walau model tangkinya baru, jok masih sama dengan model sebelumnya, menurut kami ini sudah. Tidak terlalu sempit, pun tidak lebar. Rasanya? Tidak terlalu keras dan juga tak terlalu empuk. Cukup lah untuk ukuran naked bike 150 cc.


Handling Berubah Total

Penggunaan teknologi karet damper yang ada di CB150R Streetfire baru mirip dengan yang ada di PCX 160 ataupun ADV150. Sebetulnya ini sudah ada sejak Honda CB150R versi sebelumya. Tapi yang sekarang sedikit berbeda. Goyangan setang maju-mundur lebih terasa. Boleh jadi karena menggunakan raiser setang yang lebih panjang. Saat melakukan pengereman keras, ayunannya makin terasa kuat. Tangan dan badan seperti terdorong ke depan secara otomatis. Bagi yang belum terbiasa mungkin kurang nyaman. Tapi jangan khawatir, emang didesain seperti itu. Semua aman, karena pabrikan sudah melakukan serangkaian ujicoba.


Selama pengujian, nurut sekali diajak meliuk-liuk di antara himpitan kendaraan besar. Kelincahannya juga bisa dirasakan saat ada di tengah kemacetan. Padahal kalau dilihat dari ukurannya, motor ini lebih lebar dari model lama. Secara dimensi All New CB150R Streetfire memiliki panjang 2.024 mm x lebar 796 mm x tinggi 1.083 mm. Bertambah besar dibandingkan dengan generasi yang dulu, panjang 2.019 x lebar 719 x tinggi 1.039 mm.


Desain Moge Look

Walau perdananya tampil secara virtual, motor ini sudah terlihat keren. Begitu lihat wujud aslinya, jauh lebih menarik dibanding model sebelumnya. Ya, bodi dari tengah ke depan berubah total. Lebih gemuk dan tampak kokoh. Apalagi kalau melihat dilihat dari depan, makin gagah. Padat berisi berkat penggunaan suspensi upside down baru yang diameternya besar. Tak bisa dipungkiri pula kalau dirinya mengadopsi tampilan moge look.


Fitur Standar

Selain pencahayaan LED, tapered handlebar dan suspensi upside down SFF-BP, terdapat perubahan dari segi fasilitas elektronik. Memang bukan sesuatu yang besar, tapi paling tidak diperbaharui. Model panel digital versi lama sudah uzur. Dan akhirnya kini disegarkan dengan desain baru. Secara penampilan dan pewarnaan atraktif, sekaligus berisi informasi lengkap serta memiliki visibilitas baik di segala cuaca. Paling baru sekarang terdapat posisi gear.



No comments:

Post a Comment

| Designed by Colorlib