Cek Motor GRATIS, Astra Motor Bantu Korban Terdampak Banjir Bersama AHASS

Isa Oktaviani
By -
0

Cek Motor GRATIS, Astra Motor Bantu Korban Terdampak Banjir Bersama AHASS


Sejak sebulan terakhir, beberapa daerah di Kalimantan Barat dilanda Banjir, yakni Sintang, Melawi, Sekadau hingga Sanggau. Beragam bantuan diluncurkan untuk meringankan beban para korban. Misalnya menyalurkan sembako, pakaian dan bantuan lainnya. Tak mau ketinggalan, Astra Honda Motor juga memberikan bantuan khusus pemeriksaan kendaraan para korban di Sintang, Pinoh, Sanggau, dan Sekadau.


Astra Motor Kalimantan Barat sebagai Main Dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Kalbar melalui jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) sebagai Bengkel Resmi Honda yang memberikan Layanan Servis & Penggantian Spare Part serta AHM Oil untuk konsumen setia Honda yang terstandarisasi baik dari Mekanik, Tools maupun Sistem Layanannya memberikan bantuan kepada korban banjir.

Banjir yang melanda beberapa bagian diwilayah Kalbar telah terjadi selama beberapa pekan dan menjadi banjir terparah di tahun ini. Akses transportasi menjadi terputus dikarenakan genangan air dan kendaran yang ingin melintas pun menjadi terhambat dan tak jarang mengakibatkan kendaraan menjadi mogok. AHASS Kabupatan Sanggau, Sekadau, Sintang dan Melawi  memberikan layanan pemeriksaan gratis untuk konsumen setia pengguna sepeda motor Honda dengan membentuk titik posko pemeriksaan gratis AHASS di Kota Sintang, Pinoh, Sanggau dan Sekadau dengan alamat sebagai berikut:

Posko Siaga :
Sintang : Jl. Lintas Melawi (09.00-13.00)
Pinoh : Terminal Pinoh (09.00-13.00)
Sanggau         : Pasar Sentral (09.00-13.00)
Sekadau         : Jl Masjid At-Taqwa (13.00-16.00)

Konsumen setia sepeda motor Honda yang melakukan pemeriksaan gratis di AHASS dan titik posko siaga akan mendapatkan pengecekan secara gratis dan AHASS Kalbar juga memberikan tambahan promo khusus yaitu gratis oli mesin. 

Technical Service Manager Astra Motor Kalimantan Barat Iwan Hary Susilo mengatakan bahwa Pengecekkan kendaraan sepeda motor merupakan salah satu langkah yang perlu dilakukan pengguna sepeda motor terlebih disaat kondisi banjir seperti saat ini. “kami berharap semoga program ini bisa membantu dan sedikit meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir, kami juga berharap agar banjir cepat surut, agar masyarakat dapat Kembali berkatifitas dengan normal”. Ungkap Iwan.
Selain itu AHASS Kalbar juga tetap melayani servis kunjung kerumah konsumen bagi konsumen setia sepeda motor Honda. Konsumen dapat menghubungi HONDA CARE dinomor 0822-5174-7002.


Tips Merawat Sepeda Motor Saat Banjir


Jangan Gegabah dengan Langsung Menyalakan Mesin
Ketika motor Anda terendam banjir, jangan mencoba untuk menyalakan mesin motor dahulu. Karena hal tersebut justru membuat kerusakan pada motor semakin berat. Air yang melebihi ketinggian mesin, berisiko masuk ke dalam silinder. Apabila langsung dihidupkan akan berisiko mengalami water hammer dimana piston bisa jebol dan setang piston bengkok.
 
Siram dengan Air Bersih Terlebih Dahulu
Siramlah air ke beberapa bagian kendaraan bermotor yang vital. Biasanya satu baskom sudah cukup. Langkah ini dilakukan untuk menghalau berbagai sumber kotoran yang bisa mengakibatkan beberapa bagian mesin rusak, berkarat, dan mengalami penumpukan kotoran. Lebih bagus lagi jika Anda juga menyikatnya dengan menggunakan air bersih yang sudah disiram tadi. Setelah itu, keringkan dengan kanebo, terutama di bagian yang paling kuyup terkena air dari banjir.
 
Cek Busi dan Keringkan
Jika busi basah, usahakan untuk mengeringkan dan menyikatnya.. Setelah busi kering, pasanglah  kembali secara hati-hati agar drat busi tidak rusak. Langkah ini perlu kehati – hatian. Agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.
 
Cek Mesin Bagian Dalam
Jika motor belum bisa dinyalakan, coba cek bak CVT nya lalu dibersihkan. Pastikan pula terbebas dari rembesan air. Kemudian cek pula bagian lainnya seperti bak engkol, bak kopling, blok silinder, kepala silinder, dan karburator. Lalu, jika ada beberapa bagian yang harus direndam, maka pilihlah cairan yang memang menetralisir keasaman agar mesin motor Anda tidak cepat berkarat. Selanjutnya, pantau juga filter udara. Apabila filter udara dalam keadaan basah, maka bisa diganti atau dikeringkan saja sesuai dengan tipe filter udara motor Anda.
 
Cek Keadaan Oli Motor Anda
Ketika kendaraan bermotor Anda sempat terendam banjir dalam beberapa saat, ada kemungkinan oli tercampur dengan air banjir. Walaupun motor bisa dinyalakan, namun ada kemungkinan lajunya tidak bisa maksimal seperti sedia kala. Oleh karena itu, coba cek juga olinya. Jika oli berwarna cokelat keabu-abuan, tandanya oli sudah tercampur dengan air banjir. Jika sudah seperti itu, segeralah melakukan flushing. Apabila tidak dilakukan, ditakutkan mesin menjadi makin rusak jika dipaksakan jalan. Flushing mengacu kepada menguras oli sehingga membutuhkan oli dalam jumlah yang cukup banyak.
 
Cek Pula Rem dan Knalpot
Kedua komponen ini sangat penting untuk diperhatikan. Ketika banjir juga merendam bagian knalpot, air banjir pun pasti akan masuk ke dalam knalpot. Ditakutkan air tersebut akan masuk ke ruang pembakaran dan mengganggu jalannya mesin. Sebab knalpot yang kemasukan air tidak dapat membuang gas sisa pembakaran mesin. Solusinya adalah dengan mengganti oli kendaraan bermotor Anda dengan oli yang baru. Tapi jangan lupa untuk mengurasnya terlebih dahulu.

Untuk bagian remnya, Anda perlu mengecek bagian kampasnya. Dikarenakan kampas rem terbuat dari asbes, maka apabila terkena air bisa menggembung dan setelah kering  akan mengeras. Sedangkan untuk rem jenis cakram, Anda cukup membersihkan kotoran ataupun noda-noda sisa dari air banjir yang ada di pinggiran cakram.



Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)