Review

Post Page Advertisement [Top]


Foto bersama HCC Kalbar

Kalimantan Barat boleh berbangga sebab tepat tanggal 3 Juni 2018 meresmikan Hoax Crisis Center (HCC). Ini menjadi yang pertama di Asia Pasifik. Memang, Jawa Tengah juga sudah mempunyai HCC tetapi belum dideklarasikan dan belum membuat tindakan nyata. HCC hadir sebagai oase darimaraknya berita bohong yang beredar di masyarakat.

HCC ini akan menjadi media verifikasi untuk berita-berita bohong yang beredar khususnya di Kalimantan Barat. Apalagi, menjelang Pilkada serentak ini, semua pihak mewanti-wanti kejadian yang tak diinginkan. Sebab, menurut pernyataan Bawaslu, Kalbar menjadi daerah yang rawan konflik ketika Pilkada. Kabar bohong menjadi salah satu pemicu nya.

Menurut pernyataan Polda Kalbar, sejak Januari hingga Maret 2018, kenaikan penyebaran berita bohong di Kalbar hingga 300%. Ini menjadi perhatian khusus bagi semua pihak karena berkembangnya media sosial sehingga memudahkan untuk menyebarkan informasi.

Kehadiran HCC nantinya akan bekerjasama dengan semua pihak agar bersama-sama sadar untuk terus cek fakta dan tidak mudah percaya terhadap suatu informasi yang sumbernya tidak jelas.

Kita semua memiliki kewajiban untuk terus menjaga dan memelihara kedamaian di negeri ini.


#Day19
#IsaNaumiChallenge

3 comments:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib