Pengalaman Pertama ke Kuching, Banyak Makanan Enak dan Murah

Isa Oktaviani
By -

Mentari pagi belum muncul, tapi aku udah keluar mendahuluinya. Pukul 3 pagi udah bergegas mandi dan siap-siap karena jam 4.30 kita akan berangkat liburan bersama teman-teman leader PruDynamic Pontianak. Tahun ini tujuan kita ke Kuching, negara tetangga yang katanya kuliner di sana enak-enak dan murah, nggak cuma kuliner tapi kebutuhan harian kayak sembako juga murah. Semua udah kumpul, kurang lebih 40 orang siap meluncur. Kita dibagi menjadi 4 mobil jadi setiap mobil isinya 10 orang, aku semobil sama kak Dede, Achai, Pak Sia dan istri, ce Henny dan Suami, Ko Sumadi, ko Suki dan Theresna yang udah berangkat duluan, ntar pulang baru semobil sama kita.

Karena bangun terlalu pagi, kurang tidur pula jadi selama di jalan banyak tidur deh meski sesekali bangun dan cerita lucu-lucu sama mereka di mobil. Hampir 4 jam perjalanan, kami udah segar semua karena udah sarapan pagi juga tadi mampir di Sosok, kecuali kak Dede dan Ko Suki, masih lanjut tidur. Nah, kami dengerin cerita ce Henny, jadi doi cerita perjalanan Pontianak menuju Mempawah naik mobil temen sekantor juga, katanya selama di jalan bikin bubur 3 kali. Aku sama Achai nih polos2 lah, kirain bikin bubur beneran, hahaha, sampe kita tanya, gimana cara bikin bubur di mobil ? duhh kalo ingat itu masih ketawa sampe sekarang ahahahahaaa. Teman-teman lain pada ngerti, kami doang ga paham, hahahahaa, ternyata bubur yang dimaksud itu ce Henny mabok (you know lah yaaaa).

Akhirnya sampai juga di Kuching, pertama kali masuk kok vibes nya Jakarta banget yaa, ada kawasan yang mirip banget sama Kelapa Gading, yaa itu di sekitaran Boulevard Shopping Mall, tempat kami akan makan siang. Tapi bedanya, meski ini mall, makananya murah-murah banget, aku pesen kolo mee (rm 6) dan kak Dede pesen laksa (rm 6), dengan ringgit saat ini 3,34 jadi kurang lebih 20 ribuan aja seporsi, termasuk murah karena makanan di Mall Kelapa Gading nggak ada harga di bawah 30 ribu.

Rute berikutnya kami ke Taman Sahabat, kayak gedung gedung chinese gitu dan ada patung Cheng Ho, sampe mahgrib menikmati udara Kuhcing di sini dan tentu saja foto foto dong, apa lagi coba kalo ngga mengabadikan moment. Setelah puas keliling Taman Sahabat, kami lanjut makan di food court dan liat-liat trift di Red Bundle dekat food court itu. Agak gerimis dan udah malem, akhirnya kami menuju hotel sekitar pukul 10 malam waktu Kuching, Malaysia.

Sampai hotel, udah ada Theresna yang nungguin di lobby, aku sekamar sama kak Dede, ce Asuan, Theresna. Perjalanan lebih dari 10 jam nggak berasa, setelah mandi masih cerita-cerita dulu bertiga Ce Asuan, kak Dede (belajar ilmu kehidupan) hahahahahaaa. Akhirnya kita baru tidur jam 1.30, sementara Theresna abis mandi langsung tidur. Meski tidur lambat, kita tetap bangun awal, jam 5 pagi udah pada bangun dan nggak telat pas kumpul pagi.

Day 2 : Pink Putih Keliling Kuching

Pagi-pagi sekali kami sarapan di food court dekat hotel, kami ditraktir ce Asuan, makasih loh bisa sarapan gratis sekarang. Hari ini kami dresscode pink putih, cowok putih cewek pink, katanya biar bagus buat foto. First stop di Museum Borneo, foto bareng lalu lanjut ke Sarawak State Legislative Assembly (Kuching's Icon), kita dapat spot pas di depannya, bagus juga tempat ini buat foto tapi kita datang pas panas banget sih, meski baru jam 10 pagi. Lalu kita muter dikit ke Fort Margherita untuk foto grup dan cuss ke Spring Mall makan siang.

Setelah puas cuci mata dan isi perut di mall, kami lanjut ke KBS Buddhist Village, bagus juga tempat ini tapi emang panasss bangettttt. Setelah explore dan foto, kita lanjut ke luar kota, mau ke Laut Biru plus menikmati kuliner tradisional di Siniawan. Tempat ini cantik banget sih, makanannya juga enak-enak tapi sayang gak bisa makan banyak karena nanti malam akan all you can eat juga.

Sore hampir berpamitan, malam sudah menyambut, kami kembali ke kota untuk menikmati jamuan makan malam spesial, yaps kita bakal BBQ all you can eat di Kuching, rombongan kita hampir memenuhi tempat. Puasss banget makan, enakkk semua dan seruuu, masak dan makan bareng emang punya sensasi tersendiri. Hari kedua selesai, kembali ke hotel dan istirahat, kali ini nggak ada cerita lagi karena semua tepar, besok kudu lanjut perjalanan dan mau balik ke Pontianak.

Day 3 : Padungan, Shopping and Goodbye Kuching

Hari terakhir di Kuching, rasanya belum puas keliling tapi waktu yang tersisa kita gunakan dengan maksimal. Hujan manja menemani pagi ini, kami bersiap menuju padungan, pusat kuliner atau China Town nya Kuching, di sini makanan apapun ada, harga sangat bersahabat, of course aku mau kolo mee lagi karena katanya enak, yapppsss beneran enak, harganya juga murah cuma rm 5 dan kali ini ditraktir kak Dede, pada suka traktir nih orang-orang.

Kami jalan kaki dari ujung ke ujung cari makanan, kita ketemu pao enakk bangettt (ditraktir ko Tieno). Ditemani hujan, keliling Padungan rasanya semakin berkesan, ketemu juga sama gedung Prudential Kuching, pasti dong bikin konten tipis-tipis. Padungan emang semenarik itu, makan dan menikmati nuansa tradisional sangat memanjakan mata dan perut, ada makanan halal juga loh, karena di sini tersedia little India, dekat pula sama waterfront.

Udah puas jajan dan belanja di Padungan, kita lanjut ke Farley untuk shopping tapi ada pula yang ke Viva Mall, kita jadi dua grup. Sumpah sih di Farley ini kok murah-murah yaa, kayak harga shampoo, sabun, bisa 50 persen lebih murah dari harga Indo, aaaaa, lama-lama bisa kalap sih dan ringgit auto menipis. Selesai belanja, kita makan siang di food court nya, semua makanan enakk dan harga terjangkau. Kuching sangat memuaskan, tempatnya bagus dan murah ditambah grup jalan-jalan pada heboh dan menyenangkan, akan selalu dikenang. See you di perjalanan berikutnya :)

Btw kenapa yaa ringgit itu rapi banget, ngga ada ronyok2 gitu dan sayang banget rasanya kalo mau dironyok2, tiap dapat kembalian juga nggak pernah dapat yang ronyok apalagi sobek, pokoknya selalu rapi, kalo uang kita kok lebih sering ketemu ronyok bahkan sobek yaaa?