Mengenal SICERDAS, Aplikasi Cepat dari Sekolah

Isa Oktaviani
By -
2

Mengenal SICERDAS, Aplikasi Cepat dari Sekolah


Baru-baru ini ada aplikasi yang diluncurkan di Pontianak Kalimantan Barat. Sistem Informasi Cepat dari Sekolah atau SICERDAS merupakan sebuah ekosistem untuk menghubungkan sekolah, murid dan orangtua agar informasi dapat dilakukan secara realtime. Aplikasi ini resmi diluncurkan Agustus 2019 oleh Gubernur Kalimantan Barat.

SICERDAS goes to SMA Kemala Bhayangkari


Menariknya, aplikasi ini dibuat langsung dari Kalbar dengan harapan mampu menembus nasional. Hal ini tak lain karena menteri pendidikan yang baru merupakan sosok yang latar belakang IT sehingga lambat laun akan mendigitalisasi sekolah di Indonesia. Tetapi, sebelum pusat go digital, Kalbar udah lebih dulu.

Lalu, apa saja fitur yang ditawarkan aplikasi SICERDAS ?
Kegunaan SICERDAS adalah sebagai berikut

Absen Online

Bagi siswa, ada dua kali absen yakni pertama ketika mereka datang akan presensi di radius titik koordinat yang ditentukan sekolah. Absen ini akan langsung notifikasi ke orang tua siswa untuk memberitahu bahwa anak tersebut sudah sampai ke sekolah. 

Kemudian, absen kedua adalah dari guru mata pelajaran. Jadi, setiap siswa yang sudah punya akun di SICERDAS maka akan otomatis datanya masuk di guru mata pelajaran sehingga bisa diabsen seperti biasa, jika dulu pakai kertas, sekarang absennya sudah menggunakan handphone atau laptop.

Ulangan, Ujian, dan Nilai Online

Zaman sekarang yaa memang udah mulai gerak ke paparless. Aplikasi SICERDAS mulai menerapkan ini, ulangan, ujian dan nilai semua online. Jadi, tidak perlu repot atau lama-lama lagi untuk melakukannya.


Pengumuman Online

Ini nih yang paling penting juga, jadi setiap sekolah ada pengumuman, tidak perlu repot lagi tempel di papan atau umumin di lapangan, apalagi pas informasi dadakan. Jadi, dengan aplikasi SICERDAS, pengumuman tinggal diinput oleh admin dari mana saja kemudian langsung ternotifikasi ke semua siswa, seperti notifikasi chatting-an.

SMA 1 Sanggau
source : @sicerdas_link


Izin Online

Izin tidak perlu lagi kirim surat karena orang tua atau wali dapat mengirimkan surat izin lewat aplikasi saja. Mudah, bukan? Ini fitur hanya ada di bagian orang tua yaaa.

Literasi Online

Siswa maupun guru akan dimudahkan dengan referensi yang ada, kalau boleh dibilang ini kurang lebih seperti perpustakaan online yaa.


Membuat SIM, KTP, dan Passport

Asik banget nih adik-adik Siswa SMA / SMK karena bisa buat SIM, KTP dan Passport lewat SICERDAS jadi tidak perlu antri lagi ya. Tapi, ini tentu saja butuh proses ya karena masih akan kerjasama dengan instansi terkait seperti imigrasi, samsat dan juga dukcapil. Semua demi kemudahan siswa agar tidak perlu izin dari sekolah untuk mengurus pembuatan dokumen penting ini.

Daftar Universitas

Bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan, mereka dapat melihat informasi universitas serta mendaftar di Universitas pilihan mereka lewat aplikasi SICERDAS. Makin canggih aja. Sehingga tidak perlu repot antri dan pergi kesana kemari untuk mengurus berkas, sekarang semua ada dalam satu genggaman. 

Melamar Pekerjaan

Tapi, misalnya sudah lulus sekolah dan tidak ingin kuliah, siswa juga dapat melamar pekerjaan lewat aplikasi SICERDAS. Akan ada banyak informasi lowongan pekerjaan yang siap kamu lirik dan juga memasukan lamaran jika tertarik dengan tawaran dari perusahan tersebut.


Gubernur Menyapa

Ini yang juga menarik. Jadi, pak Gubernur dapat ngobrol lansung dengan siswa di Kalbar, baik per sekolah maupun langsung semua sekolah lewat aplikasi SICERDAS. Kapan lagi dong bisa ngobrol langsung dengan Pak Gub, meski hanya lewat video call tapi bisa sampaikan aspirasi siswa Kalbar supaya didengar langsung oleh orang nomor satu di provinsi kita tercinta ini.

Untuk kegunaan seperti itu. Lantas siapa aja yang menggunakan aplikasi ini?

Jadi, aplikasi SICERDAS ini penggunanya ada murid, orangtua dan guru dengan masing-masing kebutuhan. Tapi, memang lebih banyak kegunaan untuk siswa ya karena ini untuk menunjang pendidikan calon penerus bangsa.

Laporan Perkembangan SICERDAS ke Pak Gubernur Kalbar
source : @sicerdas_link


Bagaimana mendaftar?

Siswa

Bagi siswa, dapat mendownload aplikasi SICERDAS LINK di Playstore kemudian membuat akun. Tapi, usernamenya wajib pakai nomor telkomsel yaa. Kenapa telkomsel? Akan saya jawab di akhir tulisan.

Orang Tua

Orang tua juga wajib mendownload aplikasi ini di playstore dan mendaftar. Tetapi, orangtua tidak harus menggunakan nomor telkomsel sebagai username. Namun, fitur akan dibatasi, tidak bisa mengakses semuanya seperti izin online tidak dapat digunakan oleh orangtua yang mendaftar dengan nomor selain telkomsel.

Guru
Untuk guru, akun akan dibuatkan oleh IT sekolah dan bisa masuk lewat aplikasi maupun browser. Guru juga tidak akan menginput apapun karena semuanya akan diinput oleh IT sekolah, sedangkan data siwa akan secara otomatis masuk ketika siswa membuat akun. Jadi, siswa akan membuat datanya sendiri ketika pertama kali mendaftar dengan menulisan nama, memilih sekolah, kelas serta mata pelajaran.

Download SICERDAS Link di Playstore


Mengapa Menggunakan SICERDAS?

  • Sicerdas Merupakan Ekosistem Sekolah Online Yang Sudah Bekerja Sama Dengan Pemerintah Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat
  • Orang Tua Dan Siswa Akan Lebih Banyak Mendapat Informasi Secara Aktif Dan Cepat Dari Sekolah Berupa Notifikasi Yang Langsung Bisa Di Baca Dari Aplikasi Sicerdas
  • Aplikasi Ini Memberikan Live Report Kepada Gubernur, Dinas Pendidikan Dan Kepala Sekolah
  • Fitur Akan Terus Berkembang Berdasarkan Perkembangan Dan Kebutuhan Dari Setiap Sekolah (Customize)
  • Semua Data Yang Masuk Akan Terekap Dengan Baik Dan Menjadi Database Sekolah
  • Sekolah Akan Langsung Terlibat Oleh Program Pemerintah Tentang Literasi Online
  • Sekolah Akan Memiliki Kerjasama Dengan Aplikasi Untuk Memajukan Koperasi Sekolah
  • Aplikasi Sicerdas Akan Terkoneksi Dengan E-raport
  • Bagian Dari Smart City Pemerintahan Kota/Provinsi

Gimana kalau siswa tidak punya HP Android?

Ada banyak pertanyaan pasti, inikan aplikasi online, lalu gimana dengan yang tidak ada handphone. Tenang, kamu tidak disuruh beli HP kok tapi memang wajib punya akun supaya data kamu masuk dalam database sekolah dan ketika absen mata pelajaran, nama siswa juga masuk di daftar itu. Akun siswa yang tidak punya HP ini akan dibuatkan oleh IT sekolah dengan menyerahkan nama, kelas, nomor telkomsel dan email siswa.

SICERDAS goes to Sungai Pinyuh
source : @sicerdaslink


Kenapa Harus Telkomsel ?

Secara khusus, telkomsel bekerjasama dengan Favorit Kita Indonesia diminta untuk mengembangkan aplikasi ini agar bisa dipakai oleh sekolah di Kalbar secara gratis. Karena Telkomsel juga jaringannya ada di seluruh wilayah Kalba, maka username untuk akun siswa harus pakai telkomsel

Tapi, untuk membuka aplikasi nanti, tidak harus kok pakai kuota telkomsel, bisa gunain wifi juga. Hanya saja, kalau mau pakai kuota telkomsel juga boleh saja kan sekarang ada paket lumayan murah, yakni 2,5 GB hanya 10.000 aja, ya itung-itung sama dengan 2 gelas pentol kuahlah.

Pelatihan Guru SMA 3 Kakap


SICERDAS ini juga udah mulai digunakan dibeberapa sekolah di Banjarmasin, jadi tidak hanya di Kalbar. Sedangkan untuk Kalbar sendiri, yang mulai menggunakan dari Kubu Raya, Sanggau, Sintang, Mempawah, Singkawang dan Pontianak.

Tapi, ada catatan juga nih. Kan SICERDAS memerlukan jaringan yang stabil, jadi bolehlah mungkin ditambah kapasitas internet terutama di area terpencil seperti Kubu Raya, Sanggau dan beberapa daerah yang signal internetnya masih kurang stabil. Kemudian untuk sekolah yang belum ada wifi, tergantung kebijakan dari sekolah yaa. Atau mungkin ada program pasang wifi gratis di seluruh sekolah? Siapa yang tahu, semoga saja 😊

Jadi ingat pidato Pak Nadiem Makarim, melakukan perubahan sejak dini, dari bawah dengan melakukan hal-hal kecil. Mungkin, salahsatunya adalah sinergi untuk membangun diskusi yang cukup intens antar siswa dan dengan guru serta mendukung kreativitas siswa dengan eksplorasi. Dukungan aplikasi SICERDAS dengan literasi onlinenya sepertinya cukup membantu untuk menambah bahan bacaan, agar kita tidak hanya sibuk baca story orang saja.


Post a Comment

2Comments

Post a Comment