NGOPREK, Kalimantan Barat Harus Cari Aman

Isa Oktaviani
By -
0

NGOPREK, Kalimantan Barat Harus Cari Aman   

Program Cari_Aman menjadi salahsatu unggulan dari Astra Motor. Hal ini untuk mengedukasi masyarakat agar tetap memperhatikan keselamatan selama berkendara. Apalagi dengan keadaan sekarang bahwa kecelakaan sangat rentan terjadi. Namun, biasanya program tersebut dilakukan secara langsung atau tatap muka, akan tetapi dengan kondisi saat ini yang tidak memungkinkan untuk berkumpul banyak orang maka program kampanye cari_aman dilakukan dengan cara berbeda yakni melalui online.


Tapi, justru program online ini lebih mampu menjangkau banyak orang karena penontonnya bisa dari mana saja, tidak hanya dari Kalbar tetapi seluruh Indonesia sehingga apa yang disampaikan pihak Astra Motor mampu mengedukasi lebih banyak orang lagi. Program tersebut diberi nama ngoprek yang lebih kekinian dan familiar dengan anak muda. Tentu saja dengan program seperti ini, Astra Motor lagi-lagi menjadi promotor untuk program yang berbasis digital. Apa saja yang disampaikan di program ngoprek? Pastinya tentang safety riding seperti yang dipaparkan berikut ini.
Ngoprek atau Ngobrol Online Seputar Komunitas saat ini sangat menarik, dengan tema Kalimantan Barat Harus Cari Aman Honda Kalbar mengajak penulis novel ruang kaktus juga founder berbagi senyum yang akrab di panggil Arpian Wahyudi untuk menjadi narasumber. Dengan pembahasan safety riding yang dikombinasikan dengan pengalaman pembuatan novel, penonton antusias mendengar cerita juga edukasi kala itu.
Mengapa perlu adanya edukasi berkendara? Karen rata-rata tiap satu jam ada tiga orang meninggal dunia akibat kecelakaan di jalan.Ini membuat angka laka lantas di Indonesia terbilang cukup tinggi. Mayoritas penyebabnya adalah rendahnya kedisiplinan dalam mengendarai sepeda motor. Yang semakin memprihatinkan, para korban me - ninggal dunia sebagian besar berusia produktif, yakni antara 15-29 tahun.

Edukasi yang diberikan juga sangat menarik yaitu cara menyalip kendaraan yang benar, edukasi disampaikan oleh instruktur Safety Riding Honda Kalbar Prastya Agusta dengan pembawaan host yang menarik bernama Febri Andrian Program NGOPREK ini menjadi menjadi lebih ringan dan mudah dimengerti.
Pada 2018, sebanyak 5400 kejadian, sementara pada 2017 hanya 5140 kejadian di periode bulan yang sama. Semua pihak bekerja keras agar angka kecelakaan tidak meningkat lagi di tahun 2019. Maka, berbagai upaya dilakukan salahsatunya adalah kampanye aman berlalu lintas yang dilakukan oleh kepolisian di seluruh Indonesia, termasuk Kalimantan Barat.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, kecelakaan lalu lintas di jalan raya merupakan penyebab kedua terbesar di dunia yang mengakibatkan banyak korban meninggal dunia. Dalam setiap satu jamnya terdapat empat orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Sebanyak 72% kasus kecelakaan lalu lintas tersebut terjadi di Indonesia. Kecelakaan yang melibatkan se peda motor mencapai 73%, disusul mobil (15%), truk (8%), bus (2%), dan sepeda 2%.
Siapapun yang berkendara, utamakan keselamatan diri dan orang lain. Jangan karena kelalaian kita malah orang lain yang mendapat imbasnya sehingga apa yang sudah didapatkan dapat diterapkan sejak dini. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas. Kita berharap semua orang lebih sadar dan peduli akan keselamatan diri sendiri dan orang lain ketika berkendara. Semua orang berkendara ingin selamat hingga sampai di tujuan sebab ada orang-orang terkasih yang sudah menunggu kedatangannya.

Program safety riding dengan menyetuh anak SMA ini terbilang sangat bagus karena Astra Motor terjun langsung ke masyarakat untuk membantu mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya dengan memberi pemahaman kepada para pengguna kendaraan untuk terus menjaga keamanan dan keselamatan berkendara. Hal ini tidak hanya menjadi omongan belaka tetapi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga Edukasi Safety Riding ini terus berlanjut agar masyarakat selalu ingat akan keselamatan saat berkendara.




Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)