Astra Motor Adakan Lomba Video Berhadiah Smartphone


Era  modern ini diisi dengan kreativitas yang tak ada batasnya apalagi semua sudah difasilitasi dan serba mudah. Tak heran banyak yang menggunakan kesempatan ini untuk mengasah kemampuannya. Kehadiran media sosial menjadi sarana yang sangat tepat untuk mengekspresikan diri demi peningkatan kapasitas yang ada. Terlebih lagi, banyak instansi atau lembaga memfasilitasi demi mengukur sejuah mana progres telah dilakukan.


Seperti yang dilakukan oleh Astra Honda Motor, masih dalam rangka hari pelanggan nasional, Honda Motor ingin semakin dekat dengan para konsumennya dengan menghadirkan beberapa kegiatan. Salah satunya adalah mengadakan lomba video berdurasi satu menit atau enam puluh detik, sesuai dengan durasi yang disediakan oleh platform Instagram. Video yang dibuat juga selaras dengan kedekatan Astra Honda Motor dan penggunanya. Kita semua bisa ikutan nih karena pasti punya dong akun Instagram, apalagi anak muda, orang tua saja punyakan. Untuk mengikuti lomba dan bisa mendapatkan hadiah, harus melihat dulu syarat dan ketentuannya. 

Lomba video berdurasi 60 detik ini bisa diikuti oleh semua pengguna Honda Motor dengan varian apapun dan berlaku tingkat nasional dan Kalimantan Barat. Adapun syarat dan ketentuan lomba video Astra Honda Motor adalah sebagai berikut


Syarat & Ketentuan Lomba Video Astra Honda Motor:

  • Peserta adalah pengguna Honda Motor dengan semua varia
  • Membuat video berdurasi maks 1 menit dengan tema "Aku dan First Love-Ku (First Love : motor Honda)
  • WAJIB menggunakan lagu One HEART di akun IG astrahondacare_id
  • WAJIB follow dan tag IG honda_kalbar & astrahondacare_id
  • Akun IG peserta tidak boleh digembok/private
  • Berikan Hashtag: #HPLMotorHonda2020 #HondaKalbar #BersamaHonda #OneHeart #AkuDanMotorHondaku #astrahondacare #hondacare #salamsatuhati
  • Video tidak mengandung unsur SARA, PORNOAKSI, Perbuatan Illegal
  • Batas upload hingga 20 September 2020
  • Pertanyaan dan info lebih jelas boleh hub: 081293980402


Hadiah :

Tingkat Kalbar

  • Juara 1 : e-money sebesar 400.000
  • Juara 2 : e-money sebesar 200.000
  • Juara 3 : e-money sebesar 150.000


Tingkat Nasional

  • Juara 1 : Smartphone Samsung A80/81 atau yang setara
  • Juara 2 : Smartphone Samsung A51 atau yang setara
  • Juara favorite : Smartphone Samsung A31 atau yang setara


Lomba ini sifatnya gratis jadi bisa diikuti oleh siapa saja asalkan pengguna Honda Motor. Hadiahnya juga sangat menggoda ya, lumayan kalau menang bisa dapat smartphone Samsung atau minimal bisa bawa pulang e-money untuk belanja bulanan sangat menarik juga ya. Apalagi membuat video sekarang sudah sangat mudah sekali, tidak harus dengan kamera yang mahal, cukup dengan smartphone juga bisa menghasilkan video yang luar biasa. Ini tips membuat video dengan smartphone:


Jangan merekam video dengan posisi vertikal

Video vertikal memang terlihat bagus di smartphone, tetapi tidak di device lain. Layar komputer, televisi dan tampilan website memiliki tampilan landscape alias horizontal. Sehingga, video yang direkam dalam posisi vertikal tidak akan terlihat bagus di device lain. Video vertikal akan terlihat sempit, kecil dan memiliki cakupan fokus yang tidak luas.


Pakai tripod agar hasilnya lebih stabil

Tak jauh berbeda dengan kamera DSLR dan mirrorless, kamu juga butuh tripod untuk smartphone. Terlebih, jika ingin merekam video tertentu, seperti timelapse atau video blog (vlog). Ada beberapa jenis tripod yang tersedia di pasar, misalnya tripod dengan kaki yang bisa dilipat dan tripod dengan kaki yang fleksibel, seperti gorillapod. Tidak hanya itu, ada pula tablepods, tripod dengan kaki mungil dan cocok ditaruh di permukaan datar seperti meja, jelas laman Android Authority. Tripod sangat berguna untuk membuat video tetap stabil dan tidak berguncang. Selain itu, kamu tidak perlu repot-repot memegangnya dengan tangan. Anti capek dan anti pegal!


Kunci fokus secara manual, supaya titik fokus di video tidak berpindah-pindah

Smartphone bisa mendeteksi titik fokus dan menyesuaikan eksposur secara otomatis. Fitur ini berguna untuk mengambil foto dengan cepat, tetapi akan mengganggu jika diterapkan untuk merekam video. Apabila ada sedikit gerakan, smartphone akan menyesuaikan ulang eksposur dan titik fokus. Lantas, efeknya apa pada video? Terkadang, video akan blur dan terlalu terang atau terlalu gelap dengan sendirinya. Oleh karena itu, lebih baik kunci titik fokus secara manual, saran laman University of St Andrews. Caranya ialah ketuk layar di bagian yang kalian inginkan, lalu ikon gembok yang terkunci akan muncul. Dengan ini, fokus tidak akan berpindah-pindah ke titik lain.


Jangan menggunakan digital zoom

Jangan coba-coba merekam video lalu melakukan zoom in, kecuali jika smartphone-mu Huawei P30 Pro yang memiliki 5x optical zoom. Rata-rata zoom di kamera smartphone adalah digital zoom, bukan optical zoom. Membesarkan objek dengan digital zoom hanya akan membuat hasil menjadi pecah, pixelated, tidak visually appealing dan kurang fokus. Apabila kamu ingin membesarkan objek dalam video, there's nothing you can do but walk instead. Lebih baik, berjalanlah mendekati objek dan merekam lebih dekat agar tidak merusak kualitas video yang dihasilkan. Jenis lensa kamera smartphone adalah fixed lens, sama seperti lensa kamera dengan panjang fokal tetap dan tidak bisa di-zoom.


Perhatikan sumber pencahayaan untuk video

Sama seperti fotografi, ada atau tidaknya cahaya sangat berpengaruh besar pada kualitas video. Pencahayaan terbaik berasal dari cahaya alami, seperti sinar matahari. Tetapi, matahari tidak bersinar selama 24 jam penuh, kan? Oleh karena itu, kamu tetap butuh sumber cahaya lain untuk menerangi objek di videomu. Tidak disarankan untuk menyalakan flash untuk menerangi objek di video, karena akan membuat bagian depan menjadi sangat terang, sementara background akan menjadi gelap. Kamu bisa menambahkan extended lights seperti memakai portable LED lights. Cahaya buatan ini dijual bebas di pasaran dengan harga yang terjangkau.


Agar kualitas audio lebih baik, tambahkan mikrofon eksternal

Setelah tuntas membahas soal visual, kini beralih pada audio. Merekam video dengan smartphone menghasilkan suara yang cenderung "apa adanya". Misalnya, saat kamu merekam vlog di pinggir jalan, suara-suara lain akan masuk dan mengganggu. Contoh, suara orang bercakap-cakap, suara mesin atau klakson kendaraan dan sebagainya. Agar tidak mengganggu, tambahkan mikrofon eksternal yang bisa disambungkan ke smartphone secara langsung. Mikrofon ini bisa menangkap suara dengan baik dan menghasilkan output suara yang jernih. Dengan bantuan mikrofon eksternal, kamu tak perlu susah-susah melakukan editing untuk mengurangi noise pada audio!

Selamat mencoba, semoga berhasil !


No comments:

Post a Comment

| Designed by Colorlib