Merayakan Kebersamaan Kenaikan Yesus Kristus 2021 dan Idul Fitri 1442H

Isa Oktaviani
By -
0

Merayakan Kebersamaan Kenaikan Yesus Kristus 2021 dan Idul Fitri 1442H 




Suara takbiran mengitari seluruh penjuru negeri, tak terlewatkan juga di sekitar tempat tinggalku saat ini, Jakarta Pusat. Tak hanya takbiran yang mengisi hari, sholawatan juga masih dilantunkan dengan merdu sejak subuh hingga pagi hari. Pukul 5 pagi aku mulai terbangun dan bersiap meditasi, suara sholawat mengitari halaman rumah. Inilah hari yang dinantikan itu setelah satu bulan penuh berpuasa, menahan dahaga dan menahan hawa nafsu, terlebih memupuk iman serta refleksi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Kita menyaksikan langsung betapa momen ini sangat ditunggu setiap keluarga muslim di seluruh dunia, hari kemenangan, hari silaturahmi mempererat persaudaraan.


Idul Fitri dimaknai begitu dalam oleh saudara muslim kita karena telah berhasil meraih kemenangan. Biasanya ada beberapa tradisi lebaran yang tak luput dari ingatan. Tradisi itu antara lain kumpul keluarga, menikmati ketupat, berkunjung rumah ke rumah. Saya yakin kita semua merindukan moment ini dan mengikutinya setiap tahun.

Tapi 13 Mei 2021 menjadi lebih romantis kala Idul Fitri dirayakan bertepatan dengan Kenaikan Yesus Kristus. Sebuah perayaan yang dilakukan 40 hari setelah Kebangkitan Yesus Kristus atau Paskah. Kenaikan Yesus sebagai bentuk pengenapan janji Tuhan kepada umatnya dan sebagai tanda bahwa kita semua berhak masuk ke surga-Nya. Memang perayaan ini tidak sebesar ketika Paskah maupun Natal, tapi maknanya sangat dalam bagi umat Kristiani. Pada peringatan Kenaikan Yesus Kristis, kita semua diajak berdoa dan mengingat kembali pengorbanan Yesus bagi hidup kita.

Inilah yang tadi aku sampaikan bahwa sekarang adalah hari yang romantis karena akhirnya kita kembali disadarkan bahwa berdampingan itu lebih indah dan menyejukkan. Apalagi akhir - akhir ini terlalu banyak kejadian yang melukai rasa persaudaraan kita tapi di hari kemenangan ini, kita merasakan bersama kehangatan persaudaraan.

Ada hal unik yang saya rasakan misalnya hampir semua friend list di handphone membuat story indahnya ucapan Idul Fitri bersamaan dengan Kenaikan Yesus Kristus. Banyak juga dari teman-teman konten kreator yang membuat desain keakraban wanita berhijab dan seorang suster. Menyenangkan bukan? Kita akhirnya bisa melihat hari bahagia bersanding dan hal lain yang saya rasakan adalah ketika mengucapkan "selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin, kemudian dijawab dengan mohon maaf lahir batin juga dan selamat merayakan Kenaikan Yesus Kristus, damai bersama kita"

Ungkapan itu sungguh menyejukkan hati. Semoga kita sama-sama bisa terus memgamalkan toleransi dan mempererat persaudaraan lintas latar belakang, tanpa melihat agama maupun sukunya.

Selamat merayakan perbedaan
selamat merayakan Idul Fitri
selamat Kenaikan Yesus Kristus




Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)