Review

Post Page Advertisement [Top]

Kondisi jembatan yang berlobang


Rusak Parah, Jembatan Ambawang Tak Kunjung Diperbaiki. Sejak sepekan terakhir, kondisi jembatan ambawang menjadi perbincangan hangat di sosial media. Jembatan yang melewati Sungai Ambawang ini menjadi kawasan padat lalu lintas baik kendaraan roda dua hingga roda dua belas.

Hal inilah yang membuat jembatan tersebut rusak dan berlobang tepat di tengah-tengahnya. Kerusakan ini mengakibatkan antrian panjang kendaraan serta berbahaya bagi pengendara yang melewati jalur tersebut.

Antrian panjang kendaraan


Apalagi, jika dilihat dari keadaan fisiknya, jembatan ini sangat rapuh dan tua. Namun, setiap hari terus dijajal dengan kendaraan besar dan bermuatan banyak padahal normalnya hanya mampu menahan berat hingga 4 ton saja tetapi pada kenyataannya kendaraan yang muatan hingga belasan ton tiap saat lewat di sini juga.

Meski kondisinya sangat memprihatinkan, hingga saat ini belum ada tanda-tanda instansi terkait untuk memperbaiki jembatan yang berlobang tersebut. Terlebih belum ada solusi agar jembatan yang sejatinya tidak mampu menahan beban berat harus dipaksa untuk menanggung beban yang melebihi kapasitas.

Bagi kami yang setiap hari melewati jembatan ini, ada perasaan ngeri ketika di depan dan belakang dari arah berlawanan terdapat kontainer sehingga jembatan itu terasa bergoyang. Untung saja tidak roboh meski terasa getaran yang tak biasa.

Kendaraan di Jembatan Ambawang


Sebelumnya memang sudah ada perbaikan ala kadarnya saja dilakukan, sekitar dua bulan lalu juga ada petugas yang memperbaikinya, menambal lobang-lobang kecil yang ada di jembatan. Namun, upaya perbaikan tersebut tidak juga mengurangi kerusakan yang ada, malah semakin hari jembatan itu tambah rusak.

Hal ini tidak jauh-jauh karena jembatan ini menanggung beban melebihi kapasitasnya, kita saja sebagai manusia jika dipaksa untuk memanggul beban melebihi kemampuan maka akan jatuh bahkan tidak bisa bangun lagi, begitu jugalah dengan jembatan ini, dia pun akan rusak bahkan roboh dan tidak bisa digunakan.

Kendaraan menuju Jembatan Ambawang


Namun, bagi yang takut akan risiko dari kerusakan jembatan Ambawang ini dapat melalui jalur lain, agak jauh memang tapi lebih aman yaitu lewat dari Tanjung Raya II atau Jembatan Kapuas II. Terlebih untuk kendaraan dengan muatan besar, semoga bisa sadar diri dan menjaga pendara dengan muatan kecil.

Terlebih untuk instansi terkait, semoga cepat tanggap akan hal ini dan benar-benar menjadi pelayan rakyatnya. Tidak perlu dipaksa untuk membenahi tetapi sadar akan tugas dan tanggungjawab. Semoga :)

1 comment:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib