Astra Motor Gelar Seleksi Regional Advisor Safety Riding Community

Isa Oktaviani
By -
0

Astra Motor Gelar Seleksi Regional Advisor Safety Riding Community



Pontianak – PT Astra International tbk Honda Cabang Pontianak ( Astra Motor ) mempersiapkan agent safety riding dengan mengajak seluruh Community Honda dibawah naungan HWBC (Honda West Borneo Community) untuk ikut pelatihan & kompetisi Safety Riding Astra Motor. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 20 April 2019 di Halaman Dinas Perhubungan Kalbar ini diikuti oleh puluhan peserta dari perwakilan community Honda di Kalimantan Barat.



Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Astra Motor untuk mencetak Agent safety riding dari Community Honda di Kalbar. Seluruh peserta di bekali dengan berbagai materi untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan kesadaran dalam berkendara. Untuk selanjutnya, pemenang Advisor Safety Riding ini akan mengikuti kompetisi Safety Riding nasional di Medan Provinsi Sumatera Utara pada bulan Juli 2019 mendatang.

Manager Safety Riding Astra Motor Julius Armando mengatakan, Community mempunyai peran yang penting dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara. Selain peduli terhadap keselamatan sendiri, para biker juga harus peduli untuk keselamatan biker lainnya dilingkungan community. Advisor Safety Riding dari Community nanti nya akan menjadi duta Safety Riding Honda dan menjadi role model untuk bagi Community lainnya.

“Kompetisi Safety Riding Ini merupakan salah satu langkah yang akan tetap terus kami lakukan dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan/skill antar Community Honda dan mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas. Kita sadari bahwa faktor terbesar penyebab kecelakaan lalulintas adalah kesalahan manusia atau Human Error. ” ungkap Julius.

Sejumlah peserta yang berasal dari perwakilan Community Honda ini tampak antusias selama mengikuti pelatihan dan kompetisi. Mulai dari pengetahuan mengenai peraturan lalulintas, praktek yang meliputi tehnik menikung, tehnik berbelok, tehnik pengereman hingga ke praktek uji keseimbangan.  “Ini merupakan kompetisi yang menarik, kita dapat langsung mengukur kemampuan berkendara kita dalam kompetisi ini.“ Ungkap Endar salah satu peserta kompetisi dari Komunitas Honda CBR Independent.

Pentingnya Safety Riding


Banyak pengendara motor yang tidak memahami cara berkendara yang aman dan nyaman. Tidak heran baik agen pemegang merek, di level main dealer, hingga lembaga-lembaga road safety dan komunitas kerap menyelenggarakan pelatihan safety riding.
Namun orang awam seringkali tidak tahu apa tujuan dari praktik dengan rintangan-rintangan tersebut. Hanya sekadar melewati dan menjalaninya, tanpa tahu apa kegunaannya dalam berkendara motor sehari-hari.

Padahal, rintangan-rintangan tersebut sangat berguna ketika naik motor di jalan raya.
Misalnya, manfaat dari slalom adalah untuk melatih kemampuan, atau untuk menjaga irama keseimbangan tubuh saat menikung atau melalui jalan berliku. Dalam slalom ditekankan pentingnya pengontrolan bodi pengendara motor. Dalam pengertian ketika belok motor lebih mengikuti arah bodi pengendara setelah stang.

Sedangkan pelatihan melewati jalan titian, juga sama, yakni guna menjaga keseimbangan tubuh. Hanya saja praktik meniti papan titian lebih kepada melatih keseimbangan tubuh ketika melewati jalan-jalan sempit.

Sementara manfaat pelatihan melalui rintangan gelombang adalah melatih keseimbangan tubuh saat melewati jalan yang tidak rata, bergelombang atau berlubang. Di sini, sebaiknya pengendara secara bersamaan menggunakan rem depan dan rem belakang secara konstan jika mengerem dan mengatur irama kecepatan.

Terkait pengereman, komposisi idealnya adalah 60:40. Artinya, menggunakan rem depan sebanyak 60% dan belakang 40%. Ini untuk menghindari terjadinya slip atau "ngebuang" pada salah satu roda ketika mengerem.



Bukan cuma latihan dengan rintangan. Bersamaan dengannya biasanya diajarkan pula mengatur kaki. Contohnya, saat di jalan, jangan menurunkan kaki kanan bila berhenti. Jika dalam posisi macet yang menyebabkan pengendara motor menurunkan kaki, biasakan menggunakan kaki kiri. Bila menurunkan kaki kanan, maka resiko kaki kanan tersambar pengendara lain (motor dan mobil) cukup besar, karena posisi mendahului dalam lalu lintas di Indonesia berada di sebelah kanan.
Namun, hal paling penting adalah memastikan kondisi kendaraan aman ketika hendak berkendara.

Pontianak, 21 April  2019
PT Astra International tbk Honda Cabang Pontianak

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)