Astra Motor Bagikan Jaket #Cari_aman Siswa/I SMPN 20 Pontura

Isa Oktaviani
By -
0

Astra Motor Bagikan Jaket #Cari_aman Siswa/I SMPN 20 Pontura


PONTIANAK - Team Honda Safety Riding Astra Motor bersama Satlantas Pontianak Kota berikan sosialisasi edukasi Safety Riding kepada siswa dan siswi SMPN 20 Pontianak Utara, Rabu (17/07) 


Kegiatan tersebut dihadiri oleh kurang lebih lima puluh siswa dan siswi yang sangat antusias untuk mendengarkan arahan dari tim Astra Motor dan Satlantas Pontianak bagaimana caranya aman berlalu lintas.

Edukasi Safety riding ini memang gencar dilakukan oleh Astra Motor wilayah Kalimantan Barat dengan terus kampanye #Cari_Aman di berbagai sekolah, kampus bahkan di tingkatan Taman Kanak-kanak.

Tujuannya agar pemahaman berkendara aman dapat dipahami seluruh masyarakat ketika berlalu lintas di jalan raya. Tidak hanya untuk diri sendiri, pemahaman ini mampu menciptakan kondisi aman dan tertib bagi seluruh pengguna jalan raya.

Dalam hal edukasi kami tidak pandang bulu, seluruh golongan masyarakat kami upayakan mendapat edukasi safety riding. Khusus bagi siswa/I Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pontianak Utara, kami berupaya menanamkan benih pemahaman agar ketika dewasa menjadi pengendara motor yang berperilaku tertib lalu lintas, papar Dony Adrian selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor.Lebih lanjut dikatakan Dony, langkah sosialisasi kepada kalangan pelajar merupakan upaya preventif dalam menangkal keinginan pelajar mengendarai sepeda motor.

Kami berharap pelajar sadar bahwa ada peraturan tentang usia mengendarai sepeda motor, untuk itu kami menghimbau orang tua agar tidak memberikan kesempatan anaknya mengendarai motor sampai cukup usia, kata Kompol Salbiyah selaku Kasat Lantas Pontianak Kota

Dalam kegiatan ini juga pihak astra motor memberikan Helm dan Jaket #Cari_aman kepada Siswa/I SMPN 20 Pontianak Utara yang beruntung bisa menjawab pertanyaan dari Kasat Lantas Pontianak Kota Ibu Kompol Syf Salbiyah nanti nya bisa digunakan saat berpergian ke luar rumah menggunakan kendaraan.

Jika ada pihak sekolah maupun instasi Sekolah/pemerintah/swasta yang membutuhkaninformasi berkenaan tentang safety Riding dapat menghubungi Instruktur Safety Riding Astra Motor Dony Adrian.

Alasan Pentingnya Aman Berlalu Lintas

Faktor manusia/pengendara.

Sebagai pengendara/pengemudi kendaraan sebaiknya memastikan diri benar-benar siap sebelum berkendara. Kesehatan fisik dan mental merupakan hal yang teramat penting. Berusahalah untuk tidak mengendarai kendaraan dalam kondisi mabuk, mengantuk, sakit, menggunakan ponsel saat berkendara (chat, sms dan telpon), gangguan psikologi dan emosi (stres dan berkhayal).Pengendara harus bisa fokus dan berkonsentrasi saat mengendarai kendaraan apalagi saat berada di jalan yang macet. Tetapi bukan berarti tidak di saat berada di jalan yang sepi, karena saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, ada kemungkinan hewan maupun hal-hal yang secara tiba-tiba akan mengganggu.

Faktor Cuaca.

Faktor cuaca seperti hujan, kabut, panas salju (di Negara lain) dan suhu perlu diperhatikan saat berkendara. Contoh seperti jalan yang licin karena hujan, kabut yang menghalangi/menganggu penglihatan, suhu panas maupun dingin sehingga membuat tak nyaman saat berkendara.

Faktor kendaraan. 

Kendaraan yang akan dikendarai sebelum digunakan harus dipastikan agar benar-benar aman, misalnya kondisi rem, ban, dan atribut-atribut lainnya pada kendaraan.Taatilah aturan lalu lintas.

Setiap fasilitas penunjang lalu lintas seperti lampu merah, rambu-rambu lalu lintas, marka jalan dan lainnya wajib untuk ditaati. Pastikan agar memakai helm dan atribut-atribut lain untuk menjaga keamanan diri.

Selain itu, memperhatikan laju kendaraan sehingga bisa dikontrol. Kelengkapan administrasi kendaraan pun sangatlah penting untuk dilengkapi dan dibawa saat berkendara seperti SIM, STNK dan BPKB.

Di sini peran kita untuk bekerjasama agar satu sama lain tidak saling membahayakan. Tetapi saling menghargai dan memperhatikan keselamatan di jalan. 

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)