Android Auto akan Disematkan ke Motor Honda Gold Wing

Isa Oktaviani
By -
0

Android Auto akan Disematkan ke Motor Honda Gold Wing


Honda mengumumkan bahwa Android Auto akan diintegrasikan dengan sepeda motor Gold Wing terbaru saat ini. Pembaruan perangkat lunak akan tersedia Juni tahun ini. Pelanggan dengan smartphone Android akan dapat menikmati layanan aplikasi tanpa hambatan seperti musik, panggilan telepon, dan perpesanan di motor Gold Wing mereka. Sejak Goldwing GL1000 mulai dijual di Amerika Utara pada tahun 1975, seri Gold Wing telah berkembang sebagai model andalan Honda selama lebih dari empat dekade.



Pada Oktober 2017, all-new Gold Wing yang diumumkan di Amerika Utara menjadi sepeda motor pertama di dunia dengan integrasi Apple CarPlay. Fitur navigasi untuk meningkatkan pengalaman berkendara dan layanan khusus aplikasi telah diterima dengan baik oleh banyak pelanggan. Android Auto adalah cara sederhana dan aman untuk menggunakan ponsel di sepeda motor. Dengan antarmuka yang disederhanakan dan perintah suara yang mudah digunakan, Android Auto dirancang untuk meminimalkan gangguan sehingga pengendara dapat tetap fokus di jalan.

Android Auto memudahkan pengendara Gold Wing mengakses aplikasi musik, media, dan perpesanan favorit di sepeda motor. Dengan Google Assistant di Android Auto, pengendara dapat tetap fokus, terhubung, dan terhibur. Dengan Apple CarPlay dan Integrasi Android Auto hadir untuk lebih banyak model, Honda berencana untuk memberikan lebih banyak kenyamanan dan kemudahan bagi gaya hidup sepeda motor pelanggan di seluruh dunia, demikian pernyataan resmi Honda.

Spesifikasi Honda Gold Wing

Suspensi double wishbone 

Gold Wing 2018 merupakan motor pertama yang memakai suspensi depan double wishbone. Terobosan ini dilakukan buat menunjang kenyamanan berkendara. Yutaka menjelaskan pada suspensi telescopic, guncangan bakal menggeser outer dan inner tube hingga menimbulkan retensi geser. Ujung-ujungnya bikin tangan biker tidak nyaman saat memegang kemudi. 

Pada double wishbone terdapat pemisahan fungsi peredam, ada yang menyerap guncangan dan folk holder yang menahan setang kemudi. Dengan mengadopsi dua arm di atas dan bawah maka retensi geser akan berkurang dan membuat handling berkendara menjadi ringan dan nyaman.

Mesin

Gold Wing merupakan satu-satunya motor di dunia yang menggunakan mesin tegak 6-silinder horizontal terbalik. Mesin itu dikembangkan buat model year 2018. Walau kapasitas mesinnya sama seperti sebelumnya, 1.833cc, ruang bakar dibentuk ulang, gesekan komponen diurangi, dan ditambah idling stop. 

Hasilnya, mesin diklaim menjadi lebih ringan dan irit, namun tetap menawarkan karakteristik torsi melimpah seperti dimiliki Gold Wing selama ini. Selain meningkatkan keiritan bahan bakar dan mereduksi bobot menjadi lebih ringan, kami juga meningkatkan torsi di putaran bawah dan meningkatkn akselerasi dinamis pada torsi di putaran atas. Di pasar global, Gold Wing punya dua pilihan transmisi, manual 6-percepatan dan DCT 7-percepatan. 

Buat Indonesia, Astra Honda Motor (AHM) cuma menawarkan satu, yakni DCT yang sudah dikembangkan sehingga lebih halus dan sunyi. Lihat Foto Honda Gold Wing 2018 jadi sepeda motor pertama yang menggunakan fitur Apple Car Play.

Fitur 

Gold Wing dilengkapi berbagai fitur baru, yaitu throttle by wire, mode berkendara, selectable torque control, sistem cruise control baru, dan hill start assist yang sangat membantu saat tanjakan. Buat Indonesia, Gold Wing dijual tanpa fitur kantong udara.   

Honda juga telah menyederhanakan lokasi tombol-tombol di hadapan biker menjadi lebih mudah dijangkau serta dilihat. Di dasbor tersedia layar TFT 7 inci yang sudah terintegrasi dengan navigasi. Gold Wing 2018 bukan hanya punya fitur yang biasanya hanya ada di mobil seperti double wishbone, tetapi juga tersedia Apple CarPlay. Gold Wing adalah satu-satunya motor yang menggunakannya. Berkat fitur itu, biker bisa menyalakan musik, melakukan navigasi, dan panggilan telepon lewat perintah suara. 

Semua LED  

Semua pencahayaan eksterior Gold Wing 2018 menggunakan LED. Bila dilihat dari depan, wajahnya seperti sayap mengepak di mana kedua sein merupakan ujug sayap. Ciri khas itu dikatakan bisa menandai Gold Wing dengan sekali pandang di jalanan. Fitur baru yang menarik lainnya yaitu tameng angin elektrik. Tameng angin itu bisa bergerak naik turun otomatis saat berkendara, mengoperasikannya menggunakan tombol di kiri setang. Selain mengurangi hembusan angina ke kepala dan badan biker saat touring, tameng angin itu juga dikatakan mereduksi hambatan udara sebesar 11,8 persen dari model lama.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)