Review

Ayo ke AHASS, Dapatkan Give Awaynya


Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga tetap semangat dan kuat yaa. Untuk menambah semangat berpuasa, kita nikmati berkah dari Honda Kalbar bersama boleh ya. Seperti postingan sebelumnya, Honda Kalbar banyak sekali memberikan kejutan selama Ramadhan ini. Mulai dari DP motor dengan pembelian kredit yang sangat murah hingga beragam hadiah keren untuk dibawa pulang. Kali ini, ada give away yang disiapkan honda kalbar untuk kita semua, para pengguna sepeda motor Honda di Kalimantan Barat. Bagi pengguna motor honda, dapatkan 5 Botol Oli SPX2 bagi kita yang beruntung. Makanya, ke AHASS dulu untuk mendapatkan hadiahnya.



Tapi, ada yang sama dengan aku tidak? Belum terbiasa dengan istilah SPX2 karena aku biasanya menggunakan MPX2. Daripada penasaran, yuk simak perbedaannya, biar kita tidak bingung nanti ketika mau service atau ganti oli motor.


Honda memberi nama varian oli-nya ini berdasarkan singkatan, berikut kepanjanganya
  • SPX (Superior Protextion Expert)
  • MPX (Maximum Protection Expert)
  • Oli SPX memiliki botol berwarna oren sementara MPX memiliki botol berwarna putih.

Perbedaan Oli SPX dan MPX

Perbedaan Oli SPX dan MPX adalah pada jenis bahan dasar yang digunakan kedua pelumas mesin motor ini, dimana Oli SPX adalah oli Full Sintetis (Full Synthetic) yang dimana pembuatanya hasil proses minyak bumi yang kembali di olah dan diseleksi, oli ini dibuat dengan teknologi hidrocrack. Sementara itu Oli MPX merupakan Oli Mineral yang dimana adalah oli hasil proses minyak bumi bahan standar oli.

Kelebihan Oli Full Synthetic daripada Oli Mineral biasa adalah tidak mudah menguap, tidak mudah teroksidasi, memiliki molekul yang merata dan bekerja maksimal di kondisi mesin panas (suhu tinggi). 
Maka tidak heran kalau harga Oli SPX lebih mahal daripada Oli MPX, bahkan SPX hampir 2x lipat Oli MPX.



Perbedaan Oli MPX1, MPX2 dan MPX3

Oli MPX1, MPX2 dan MPX3

Ada 3 tipe Oli MPX yakni MPX1, MPX2 dan MPX3, berikut adalah perbedaan ketiga jenis oli tersebut
  • MPX1, kode 1 digunakan untuk motor tipe kopling basah seperti motor dengan transmisi manual pada umumnya.
  • MPX2, kode 2 digunakan untuk motor tipe kopling kering atau untuk motor transmisi otomatis (matic) pada umumnya.
  • MPX3 digunakan untuk motor tipe kopling basah seperti MPX1 hanya saja digunakan untuk motor Honda yang sudah lama.
Khusus untuk MPX3 memiliki kekentalan 20w 40, w artinya winter (tingkat keenceran saat oli dingin) dan kode 40 saat oli panas, oli MPX3 memiliki karakteristik lebih kental daripada jenis oli honda lain.

Perbedaan Oli SPX1 dan SPX2

Sementara untuk Oli SPX ada dua tipe yakni SPX1 dan SPX2.
  • SPX1, kode 1 digunakan Honda untuk motor tipe kopling basah seperti motor bebek dan sport.
  • SPX2, kode 2 digunakan Honda untuk motor tipe kopling kering seperti motor matic.

Oli SPX1 dan SPX2

Semua tipe Oli Honda memiliki tingkat kekentalan 10 w 30 baik SPX maupun MPX (kecuali MPX3 yang memiliki kekentalan 20w 40). AHM Oil juga memiliki standarisasi dari JASO (Japan Automobile Standard Organization), JASO MA (untuk tipe kopling basah) sedangkan JASO MB untuk tipe kopling kering. Jadi itulah dia Perbedaan Oli SPX dan Oli SPX, keimpulanya Oli SPX dibuat dengan bahan dasar yang lebih baik yakni Full Synthetic sedangkan Oli MPX merupakan Oli mineral.

Kemudian penggunaanya berdasarkan kode, kode 1 (contohnya SPX1) adalah untuk motor transmisi manual, kode 2 adalah untuk motor matic, kemudian kode 3 untuk motor Honda keluaran lama, contohnya seperti Supra Fit, Astrea Grand dll yang masih menggunakan sistem pembakaran Karburator.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa:
  • MPX1, Oli biasa (mineral) untuk motor bebek dan sport.
  • SPX1, Oli Full Sintetik untuk motor bebek dan sport.
  • MPX2, Oli biasa untuk motor matic.
  • SPX2, Oli Full Sintetis untuk matic.
  • MPX3, Oli biasa untuk motor bebek lama Honda.

No comments:

Post a Comment

| Designed by Colorlib