Terpilih sebagai Rookie of The Year, Ini Tanggapan Masyarakat untuk Honda ADV150


Pada bulan April 2020 lalu, sepeda motor Honda ADV150 dinobatkan sebagai Rookie Of The Year pada ajang tahunan penghargaan otomotif Award 2020. Penghargaan itu diperoleh dengan melihat dari sisi desain, fitur dan teknologi, performa, riding position dan handling, konsumsi bensin, dan harga jual. Terbukti, ADV150  memenuhi semua kualifikasi sebagai pemenang. Padahal, produk ini baru diluncurkan pertengahan tahun lalu akan tetapi respon masyarakat cukup kuat dengan terobosan Astra Motor ini.



Lantas, apa yang membuat motor ini sangat digandrungi masyarakat? Salahsatu pemilik ADV150, Bagus mengatakan bahwa ADV150 sesuai selera terutama para pria yang ingin tampil keren dengan motor matic. Apalagi, desain yang ditampilkan serta fitur yang lengkap membuat para pengendara termasuk Bagus sangat puas atas apa yang ada di sepeda motor ini.

Spesifikasi Honda ADV150


Desain Honda ADV 150

Mulai dari depan, Honda ADV 150 sendiri tampaknya telah lampu utama atau headlamp dengan bentuk menyipit, seperti mobil Xpander. Tak hanya itu, pada lampu depan tersebut juga sudah dilengkapi teknologi pencahayaan dari lampu Full LED, termasuk juga pada tail light maupun lampu sein. So, tak heran jika skutik ini mampu memberikan penerangan yang lebih baik dan berkualitas serta jauh lebih efisien. Sementara itu, di bagian atas lampu depan pada Honda ADV 150 ini juga sudah dilengkapi dengan kaca pelindung atau Wind Screen yang sangat fleksibel. Pasalnya, kaca pelindung ini memiliki dua posisi ketinggian yang bisa diatur ketinggiannya sesuai kebutuhan pengguna.

Di sisi lain, pada bagian bodi sampingnya pun juga tampak sangat menarik. Bukan tanpa alasan mengingat sktuik ini memiliki bentuk desain yang sangat sporty mengingat menampilkan lekukan bodi yang begitu tajam, tegas, dan jauh dari kesan bodi membulat. Bahkan, kesan sporty pada skutik ini juga tambah kuat dengan jok atau tempat duduknya yang dibuat berlekuk untuk memberikan posisi duduk yang lebih human-friendly.

Honda ADV 150 ini knalpot yang begitu sporty terpasang anggun mengikuti alur desain bodi sisi sampingnya sehingga menjadi lebih terkesan menarik. Untuk bagian belakangnya sendiri, pada spesifikasi Honda ADV 150 ini telah dibekali stop lamp LED yang dibuat lebih minimalis namun tak menghilangkan kesan adventure yang diusungnya.


Rangka & Kaki-Kaki Honda ADV 150

Honda telah menyematkan bagian kaki-kaki pada Honda ADV 150 ini dengan suspensi handal berupa Telescopic untuk bagian depan dan suspensi tipe Twin Subtank Rear Suspension yang disematkan di bagian belakang. Tentu saja, dengan bekalan kedua suspensi tersebut maka akan membuat pengendara merasa nyaman meski melewati jalanan penuh bebatuan atau bergeronjal mengingat mampu meredam getaran secara maksimal. Selain itu, masih pada bagian kaki-kakinya, pada Honda ADV 150 ini juga sudah dibekali dengan velg sporty berdiameter 14 inci (depan) dan 13 inci (belakang).

Velg tersebut akan dibalut ban Tubeless yang mana memiliki ukuran hingga 110/80-14 M/C di bagian velg depan. Sedangkan, untuk velg belakang akan dibungkus ban tipe Tubeless dengan ukuran 130/70-13 M/C. Untuk menjamin keamanan dalam berkendara maka pihak Honda pun juga telah membenamkan rem Hydraulic Disc pada bagian depan dan belakang. Dimana, dari setiap rem tersebut telah dibekali sistem pengereman berteknologi Triple Pot Hydraulic, CBS (untuk tipe CBS ) dan Anti – Lock Braking System (untuk tipe ABS). Dengan begitu maka kaki-kaki pada spesifikasi Honda ADV 150 ini siap menopang bobot rangka sekaligus menjaga keseimbangan motor secara maksimal saat dikendarai.


Speedometer Honda ADV 150

Beralih pada segmen lain, kini pembahasan soal spesifikasi Honda ADV 150 akan berlanjut pada sisi panel indikator atau speedometer. Sebagaimana umumnya kendaraan, tentu saja keberadaan speedometer sangat penting mengingat menjadi fitur yang menampilkan informasi soal kondisi kendaraan. Honda ADV 150 akan menyajikan panel indikator full digital yang sangat modern dan futuristik. Yang mana, pada panel tersebut akan menampilkan berbagai informasi penting.

Antara lain seperti speedometer, full meter, average consumption, konsumsi/pemakaian bahan bakar instan, odometer, trip meter, tanggal dan waktu, indikator baterai, indikator suhu luar ruangan serta indikator waktu atau jadwal penggantian oli mesin. Semua informasi tersebut tersaji via layar digital dengan background biru yang begitu modern. Sehingga, mudah dipahami oleh si pengemudi.
So, tak heran jika sektor panel indikator pada spesifikasi Honda ADV 150 tersebut bakal semakin memperkuat kecanggihan yang dibawanya.

Dimensi Honda ADV 150

Sementara itu, jika melihat dari sisi bodinya, tampaknya kita juga perlu menelisik soal dimensi bodi yang diusung spesifikasi Honda ADV 150. Pasalnya, dimensi di sini merupakan rangka pembentuk bodinya yang akan berpengaruh pada tampilan eksteriornya. Berkaitan dengan itu, diketahui bahwa kali ini Honda ADV 150 sendiri dibangun dengan rangka tipe Double Cradle yang sangat kokoh namun ringan. Dari rangka tersebut, terbentuk dimensi bodi berukuran 1950 x 763 x 1153 mm dengan jarak sumbu rodanya mencapai 1324 mm. Melihat ukuran dimensinya tersebut maka wajar jika bodi skutik ini tampak besar seperti PCX 150.

Di sisi lain, tak lupa juga bahwa Honda ADV 150 ini dirancang sedemikian rupa guna menunjang kenyamanan pengendara. Oleh sebab itu, tak ketinggalan jika kali ini skutik garapan Honda yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar 8 liter ini memiliki ukuran tinggi tempat duduk 795 mm yang sangat pas dan cocok dengan rata-rata postur tubuh orang Indonesia. Bahkan, untuk soal kenyamanan dalam berkendara melewati medan jalan pun juga akan dijamin keamanan dan kesesuaiannya mengingat memiliki jarak ground clearance setinggi 165 mm.

Fitur Honda ADV 150

Panel full digital pada Honda ADV 150 turut disertakan untuk memberikan informasi soal informasi motor saat dikendarai. Di sisi lain, untuk memberikan rasa nyaman ketika berkendara, Honda juga menyematkan Tapered Handle Bar yang akan memudahkan pengemudi dalam mengendalikan sistem kemudi. Selain itu, ada juga boks konsol untuk menaruh barang disertai dengan DC Power Charger yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai ketika di perjalanan.
Tak sampai di situ, bahkan pada spesifikasi Honda ADV 150 ini pun juga menawarkan bagasi luas 28 liter yang sanggup untuk menaruh satu helm full face.

Mesin Honda ADV 150

Mengusung segmen skutik premium adventure, tentu saja tak hanya kesan tampilannya saja yang ditonjolkan melainkan juga performa mesinnya sebagai bukti akan ketangguhan yang tersirat dari sisi eksteriornya. Dimana, dalam soal ini, diketahui bahwa Honda ADV 150 akan mengusung mesin handal tipe SOHC eSP Idling Stop System dengan kapasitas kubikasi yang mencapai 150 cc.

Mesin tersebut akan dikawinkan bersama dengan tipe transmisi otomatis tipe V-Matic yang diklaim sanggup mengolah menjadi tenaga yang gahar hingga 10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm dan torsi maksimum 13,8 Nm (1,34 kgf.m) / 6.500 rpm. Di sisi lain, pada sektor mesin yang diusung skutik ini pun juga dibekali sistem suplai bahan bakar dengan teknologi PGM – FI dengan rasio kompresi hingga 10.8:1. Tentu saja, perhitungan tenaga mesin dan rasio kompresi tersebut semakin membuktikan jika sektor dapur pacu pada spesifikasi Honda ADV 150 ini begitu agresif, responsif, dan ramah lingkungan.



No comments:

Post a Comment

| Designed by Colorlib