Cara Menghasilkan Uang dari Medsos

Isa Oktaviani
By -
0

Cara Menghasilkan Uang dari Medsos


Media sosial sangat akrab dengan keseharian kita. Jika boleh memilih, lebih baik tidak makan seharian daripada tanpa medsos. Kemudahaan yang diberikan oleh dunia maya ini seakan telah menjadi bagian dari hidup kita, tak hanya dapat mendekatkan yang jauh, media sosial juga dapat digunakan dengan berbagai kepentingan. Misalnya, mencari informasi terbaru, mengerjakan tugas, ide bisnis, bikin konten hingga mencari jodoh. Apapun yang kita butuhkan, semua tersedia di media sosial, bahkan kita juga bisa memantau aktivitas orang lain terutama yang kita kagumi lewat cerita yang mereka bagikan di media sosial. Media sosial juga menjadi tempat untuk curhat, berbagi cerita atau pansos (panjat sosial).



Menariknya lagi, lewat media sosial kita juga dapat menghasilkan atau bisa jadi ladang mencari rejeki. Pundi-pundi rupiah atau dollar bisa mengalir di rekening hanya lewat media sosial. Gimana caranya supaya kita bisa menghasilkan dari media sosial? Tips ini dibagikan langsung oleh praktisi di Agency Branding yakni Kartina Ika Sari, founder Indoblognet dan juga MB Communication. Sejak kurang lebih 7 tahun berkecimpung di bidang media sosial branding yang telah menangani ratusan project dengan berbagai brand serta telah bekerjasama dengan ribuan influencer di seluruh Indonesia.

Tips Menghasilkan Uang dari Medsos by Kartina Ika Sari

Menghasilkan uang dari media sosial bukanlah hal yang sulit, ini hanya butuh niat dan konsistensi saja. Berikut adalah tips menghasilkan uang dari media sosial kamu.

Branding Diri

Ketika punya media sosial, apa sebenarnya yang ingin kamu tunjukkan, mau dikenal sebagai apa dirimu. Hal ini supaya kamu lebih unik dan menarik sehingga dilirik oleh platform media sosial yang digunakan agar lebih sering tampil di pencarian orang.

Aktif

Ketika punya media sosial, maka aktiflah di sana. Posting minimal satu kali sehari atau membuat cerita di akun kamu. Semakin sering kamu posting maka semakin mudah dideteksi oleh platform media sosial. Jangan hanya posting sekali seminggu dan tidak ada menambahkan cerita di akun kamu.


Interaksi

Sering-seringlah interaksi dengan pengguna media sosial lain, misalnya like atau komen postingan mereka agar mereka juga melakukan hal yang sama kepada akun kamu. Alogritma media sosial bekerja seperti itu, makin banyak kamu interaksi maka makin besar peluang postinganmu muncul di beranda teman media sosialmu.

Perbanyak Followers

Hal paling penting adalah dengan perbanyak followers di akun media sosial kamu. Semakin banyak followers maka semakin besar bayaran yang dapat kamu terima ketika mendapatkan job dari klien. Lantas, apakah boleh membeli followers? Disarankan tidak, lebih baik yang organik dengan cara follow for follow. Artinya, kamu follow sebanyak mungkin supaya mereka follow back. 

Banyak followers juga memudahkan kita untuk menjual sesuatu, apakah itu jasa atau produk karena kita sudah punya market sendiri di pasar kita (akun sosmed) sehingga tidak perlu pusing untuk mencari siapa yang akan membeli. Dengan followers organik maka kemungkinan besar minimal 10% dari followers itu akan membeli apa yang kamu jual.

Ternak Akun

Ada dulu istilah seperti ini, banyak anak banyak rejeki. Tapi ini bukan soal anak sih, kalau sekarang banyak akun banyak rejeki. Kenapa? Karena banyak job yang ditawarkan dengan berbagai aturan, misalnya kita diminta memposting sesuatu di akun atau komen. Untuk komen di postingan tertentu, tak jarang bayaran yang diterima 10.000 sekali komen, nah kalau kamu punya 10 akun, tinggal dikalikan saja. Tak hanya itu, untuk posting di akun, bayarannya bervariasi juga, tergantung jumlah followers kamu, ada yang 20.000 hingga ratusan ribu, semakin banyak akunmu, maka makin besar peluang bayaran besar.

Sedekah

Poin paling penting adalah sedekah. Rajin-rajinlah berbagi rejeki kepada orang yang membutuhkan karena dengan berbuat baik, maka hal baik juga akan menghampiri kamu. Bukan berarti setiap kebaikan yang kamu punya maka berharap ada imbalan, tidak seperti itu. Tulus dan iklaslah berbagi, lalu akan ada saja rejeki dari pintu lain yang datang. Dalam bisnisnya, Mba Ika juga mengutamakan untuk berbagi rejeki dengan banyak orang, tidak heran sekarang ribuan mitra influencer maupun blogger selalu jadi bagian dari setiap job yang diterima oleh MB Communication.

Berserah kepada Tuhan

Apapun yang dilakukan, serahkan semuanya kepada Tuhan. Mba Ika bilang, sejak pertama kali membangun bisnis di industri digital ini, ribuan orang bekerjasama tetapi justru belum pernah tatap muka. Saling percaya adalah landasan kerjasama itu terjadi dengan baik. Menurutnya, kuasa Tuhanlah yang bekerja di sini karena banyak manusia bisa di manajemen dengan sendirinya dan bisa bekerja dengan kompak meski tak tatap mata. Maka, teruslah berdoa dan berserah pada Tuhan, niat baik akan memberikan hasil yang baik pula.

Nah, itu dia tips menghasilkan uang dari media sosial. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu semua dan coba untuk dipraktikkan.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)