Modifikasi Ringan Bikin Honda Rebel Jadi Mirip Harley-Davidson

Isa Oktaviani
By -
0

Modifikasi Ringan Bikin Honda Rebel Jadi Mirip Harley-Davidson


Jika Anda memiliki Honda CMX500 alias Rebel, dan sedang mencari inspirasi modifikasi bergaya touring, tampaknya ubahan yang satu ini bisa dicoba. Karena ubahan yang ditampilkan ini dapat membuat Honda Rebel menjadi sebuah motor yang mirip dengan Harley-Davidson. Sparepart pertama yang langsung menarik perhatian adalah fairing sayap kelelawar. Kemudian pelindung mesin dan splash guard memberikan tampilan bernuansa touring yang kental. Sisanya hanya ubahan-ubahan pada part kecil, seperti lampu LED, bezel kuningan di lampu depan, lampi sein, dan instrumen dashboard.


Hanya ubahan-ubahan yang cukup simpel tersebut, langsung bisa membuat tampilan touring dari Honda Rebel. Bukan hanya tampilan touring, modifikasi ini sekaligus membuat motor kesayangan menjadi mirip dengan Harley-Davidson. Tentunya hal ini dapat menjadi inspirasi modifikasi bagi pemilik Honda Rebel. Jika ingin merubahnya, anda bisa menghubungi bengkel yang dipercaya untuk membuat sparepart tersebut. Sehingga memudahkan Anda mewujudkan inspirasi modifikasi pada Honda Rebel 500 kesayangan.

Spesifikasi Honda Rebel 500


Desain Honda Rebel 500

Hadir dengan menyasar pada segmen motor sport lawas, tentu tampilan desain dari spesifikasi Honda Rebel 500 ini akan memperlihatkan gaya desain yang tak kalah dengan motor sport yang diluncurkan di era saat ini. Pasalnya, desain sporty dan gagah bisa dilihat dari setiap sisi dari motor lawas besutan Honda ini. Jika dilihat secara lebih seksama, gaya desain yang diusung oleh motor ini mengacu pada motor cruiser ala Amerika Serikat di mana dari bagian depan, tampak terpasang sebuah headlamp dengan bentuk membulat.

Begitu juga dengan lampu sein yang dirancang dengan bentuk klasik yang terpoles warna orange sehingga semakin memperlihatkan kesan motor klasik pada Honda Rebel 500 ini. Kemudian, pada bagian samping tampak susunan mesin dengan rangka kokoh yang semakin memperlihatkan kesan motor sporty. Selain itu, pada bodi samping juga tampak terpasang tangki besar dengan desain khas motor gede gaya Amerika di mana memiliki kapasitas bahan bakar 2.96 gallons atau 11 liter.

Pada bagian belakang, tampak juga sebuah stoplamp klasik yang juga dilengkapi dua buah lampu sein dengan desain yang tak jauh berbeda pada lampu sein di bagian depan di mana dirancang dengan bentuk yang unik dan khas motor klasik. Jika melihat secara keseluruhan, tampaknya sektor eksterior dari spesifikasi Honda Rebel 500 ini memang menampilkan gaya desian sporty khas motor sport klasik pada setiap sisinya.


Rangka & Kaki-Kaki Honda Rebel 500

Pada sektor kaki-kaki dari spesifikasi Honda Rebel 500 yaitu pada bagian suspensi, velg, dan pada sektor pengeremannya. Untuk suspensi, Honda akan menyematkan tipe Showa Teleskopik Fork berdiameter 41 mm untuk bagian depan dan tipe Dual Shock Absorber pada suspensi bagian belakangnya. Kedua suspense yang terpasang pada Honda Rebel 500 tersebut diklaim memiliki kemampuan untuk meredam setiap goncangan atau getaran ketika melewati jalan yang berlubang atau bergeronjal sehingga pengemudinya pun akan merasa nyaman.

Di sisi lain, untuk ban yang akan digunakan, Honda membekali Honda Rebel 500 ini dengan ban yang berukuran 130/80 – 16 pada bagian depan. Sedangkan untuk bagian belakang, akan disematkan ban dengan ukuan 150/80 – 16. Selain itu, motor sport klasik ini pun akan dibekali dengan rem Hydraulic Disc, Kaliper 2 Piston pada bagian depan dan Hydraulic Disc Kaliper 1 Piston pada bagian belakang. Menariknya, spesifikasi Honda Rebel 500 pada sektor pengereman ini akan menawarkan dengan 2 optional, yaitu varian ABS dan non ABS.

Speedometer Honda Rebel 500

Pada sektor ini, untuk mempertahankan gaya motor sport klasik namun tetap mengedepankan unsur modern maka Honda pun membekali motor sport klasik besutannya ini dengan isntrumen indikator yang memadukan antara gaya klasik dengan modern di mana panel indikator yang tersemat pada Honda Rebel 500 ini dirancang dengan bentuk bulat namun mengandalkan panel digital, yaitu berupa layar LCD terbaru.

Maka, tak heran jika pada sektor panel indikator ini tampak begitu simple namun tetap terkesan futuristik. Di sisi lain, pada tampilan indikator digital ini akan ditampilkan beberapa info, seperti kecepatan yang dihitung Km/jam, indikator bahan bakar, jarak tempuh, dan jam.

Lalu, pada bagian bawah panel dari Honda Rebel 500 ini juga terdapat lampu indiaktor netral, pengingat ganti oli, dan pengatur fitur ABS. Namun, sayangnya untuk indiaktor posisi gigi tak ditampilkan pada panel instrument ini. Akan tetapi, yang jelas bahwa secara keseluruhan bisa diketahui bahwa panel indikator dari spesifikasi Honda Rebel 500 ini memang didesain klasik-modern yang mudah dibaca serta dipahami oleh pengemudinya.

Dimensi Honda Rebel 500

Untuk menopang dimensi dari bodinya yang besar tersebut maka Honda pun mengandalkan tipe rangka Underbone (tulang punggung) pada rangka Honda Rebel 500 ini yang dikenal kuat untuk menahan beban dari bobot motor klasik sporty ini. Namun, untuk berapa ukuran dimensi dari motor klasik ini sampai sekarang pun masih belum diketahui kepastiannya. Akan tetapi, yang jelas bahwa motor ini memiliki tinggi jok 690 mm dengan bobot yang mencapai 185 Kg.

Di sisi lain, Honda Rebel 500 juga memiliki jarak sumbu roda 1.490 mm dan ground clearance yang berukuran 110 mm di mana dengan ukuan jarak sumbu roda dan ground clearance tersebut, tentu dipastikan akan membuat motor ini lancar ketika melewati jalan yang penuh tanjakan atau berkelok sehingga akan membuat pengemudinya pun merasa lebih nyaman.
 

Fitur Honda Rebel 500

Untuk menunjang keselamatan maka Honda menyematkan sistem pengereman Hydraulic Disc yang sudah dilengkapi dengan fitur ABS (Anti-Lock Brake System). Dengan adanya fitur ini maka dipastikan akan membuat pengereman pada Honda Rebel 500 ini lebih sempurna bahkan ketika rem mendadak sekalipun. Selain itu, motor ini dilengkapi juga dengan suspensi tangguh yang siap memberikan kenyamanan dalam berkendara ketika melewati jalanan berlubang.

Tak hanya itu saja, beberapa fitur yang membuat Honda Rebel 500 semakin menarik adalah dengan digunakannya speedometer bergaya modern di tambah lagi dengan beberapa instrumen yang membuat tampilan speedometernya semakin jelas terlihat dengan beberapa panel yang cukup informatif sehingga mempermudah penggunanya dalam membaca kondisi motor.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)