Program Edukasi Safety Riding Online Honda Kalbar

Isa Oktaviani
By -
0

Program Edukasi Safety Riding Online Honda Kalbar


Sejak tahun 2019 lalu, Honda Kalbar secara rutin untuk mengadakan edukasi safety riding. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan roadshow ke sekolah-sekolah maupun kampus di kota Pontianak. Puluhan sekolah telah disambangi untuk berbagi informasi terkait aman berkendara di jalan raya. Hal ini tak lain sebagai pengingat terutama bagi pengendara pemula karena penyebab kematian nomor tiga tertinggi di Indonesia adalah kecelakaan di jalan raya. Sebagai salahsatu dengan produk sepeda motor terlaris di Kalimantan Barat, Honda Kalbar memiliki tanggungjawab selain memberikan produk unggulan tetapi juga mengedukasi para penggunanya. Dalam setiap kegiatan, selain edukasi langsung, banyak games maupun hadiah yang dibagikan kepada peserta. Tentunya, cara penyampaian edukasi ini dikemas dengan menarik karena peserta lebih banyak anak muda dan juga anak-anak.



Namun, sejak Indonesia ditetapkan sebagai salahsatu negara yang terdampak covid-19, semua aktivitas dirumahkan, mulai dari pekerja kantoran hingga anak sekolah ataupun kuliah. Saat itu kita semua dipaksa untuk memulai hal baru yang jarang dilakukan dan pastinya kita tidak terbiasa. Maka, butuh penyesuaian agar kebiasaan baru ini dapat diterima dan dijalan dengan baik. Hal ini juga yang terjadi di program edukasi safety riding karena Honda Kalbar tidak dapat lagi roadshow ke sekolah atau kampus sehingga butuh platform baru untuk tetap melaksanakan program ini. Justru, dengan cara baru ini semakin banyak yang dijangkau, tidak hanya peserta dari sekolah itu saja tetapi seluruh Indonesia bisa menyaksikan. 

Honda Kalbar pada saat ini sedang gencar melakukan edukasi online terkait safety riding, dengan memanfaatkan aplikasi instagram instruktur safety riding ingin tetap melakukan edukasi yang bermanfaat terhadap masyarakat kalimantan barat. Edukasi tersebut berupa edukasi ringan seputar keamanan berkendara yang tentunya disela edukasi juga ada kuis dan hadiah yang menarik.

Selain melakukan edukasi dan juga kuis, instruktur juga memberikan kesempatan kepada penonton untuk melakukan tanya jawab seputar safety riding dan juga produk honda. Edukasi berlangsung selama satu jam dan biasanya dimulai pada waktu 16:00 WIB pada tanggal yang sudah ditetukan. Masyarakat dapat mengetahui kapan dilaksanakannya edukasi online ini dengan selalu memantau instagram Honda Kalbar dengan username @honda_kalbar.

Edukasi yang diberikan meliputi postur tubuh saat berkendara, pemakaian riding gear, kebersihan riding gear dan masih banyak lagi mengenai keamanan berkendara. Masyarakat dapat menyaksikan langsung edukasi online ini dengan memfollow akun honda kalbar dan jangan kelewatan setiap live honda kalbar setiap minggunya.

Kegiatan ini menjadi sangat penting karena Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, kecelakaan lalu lintas di jalan raya merupakan penyebab kedua terbesar di dunia yang mengakibatkan banyak korban meninggal dunia. Dalam setiap satu jamnya terdapat empat orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Sebanyak 72% kasus kecelakaan lalu lintas tersebut terjadi di Indonesia. Kecelakaan yang melibatkan se peda motor mencapai 73%, disusul mobil (15%), truk (8%), bus (2%), dan sepeda 2%.

Rata-rata tiap satu jam ada tiga orang meninggal dunia akibat kecelakaan di jalan.Ini membuat angka laka lantas di Indonesia terbilang cukup tinggi. Mayoritas penyebabnya adalah rendahnya kedisiplinan dalam mengendarai sepeda motor. Yang semakin memprihatinkan, para korban me - ninggal dunia sebagian besar berusia produktif, yakni antara 15-29 tahun. Pada 2018, sebanyak 5400 kejadian, sementara pada 2017 hanya 5140 kejadian di periode bulan yang sama. Semua pihak bekerja keras agar angka kecelakaan tidak meningkat lagi di tahun 2019. Maka, berbagai upaya dilakukan salahsatunya adalah kampanye aman berlalu lintas yang dilakukan oleh kepolisian di seluruh Indonesia, termasuk Kalimantan Barat.


Tidak hanya itu, sebagai penyedia kendaraan terbesar di Kalimantan barat, Astra Motor selalu konsisten kampanye aman berlalu lintas. Tujuannya memang banyak ke kalangan anak-anak muda.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)