Merayakan Kehidupan

Isa Oktaviani
By -
0

Merayakan Kehidupan


"Tak ada yang pernah tahu kapan kita akan berpulang. Lakukanlah yang terbaik setiap harinya 
dengan tulus dan sepenuh hati sehingga kita layak kembali ke hadapan-Nya".
----- EST 2020 -----



Kabar yang sangat mengejutkan terjadi di tanggal 19 Oktober 2020 lalu, seseorang yang kami kenal sebagai leader, role model dan inspirator berpulang secara tiba-tiba di usia yang terbilang masih muda, baru 48 tahun, beliau adalah Wong Agus Tjahyadi (WAT) founder Agency Inspiring di Prudential. Ribuan orang hadir mengantarkan beliau ke peristirahatan terakhir. Setiap orang merasa kehilangan, ada banyak yang merasa terbantu dengan apa yang sudah dilakukan oleh ayah dua orang anak ini. Kebaikan dan inspirasi telah menjadi ingatan dari mereka yang ditinggalkan.

Sebelumnya, awal tahun 2020 menjadi tahun yang penuh dengan kehilangan, pertama adalah suami teman SMA ku yang meninggal secara tiba-tiba karena sakit jantung, umurnya bahkan belum 30 tahun. Tak lama kemudian, pak tuaku juga meninggal karena sakit, selang dua minggu kemudian, pamanku juga berpulang. Agustus 2020 mak tua ku yang harus kembali kepada Sang Kuasa. Tak pernah ada yang tau bahwa mereka ini akan berpulang, semua adalah misteri. 

Dari berbagai kisah kepergian orang terdekatku ini menjadi pengingat tersendiri bagiku, tak pernah ada yang tau kapan kita akan berpulang, satu hal yang penting dalam hidup ini adalah kematian. Kapanpun waktunya, kita harus siap. Dalam kitab suci juga kita diingatkan untuk bersiap-siaplah karena waktunya sudah dekat. Setiap saat kita diminta untuk bersiap-siap agar ketika sudah waktunya, tidak ada penyesalan dan kita sudah sangat siap untuk pulang, kapanpun waktunya.

Untuk itu, seharipun jangan pernah membenci orang lain, jangan pernah kita dendam, luka hati dan merasa orang lain bersalah pada kita. Apapun yang terjadi, belajar untuk iklas, memaafkan dan terus bersyukur. Begitu pula dengan diri sendiri, berupaya untuk terus melakukan yang terbaik setiap saat, jika ada yang keliru, segeralah meminta maaf. Selalu sebarkan hal positif, hal baik dan semangat kebaikan kepada siapa saja. Terus dan teruslah berbuat baik, hal ini bukan hanya karena kita bersiap-siap dipanggil tetapi lebih dari itu bahwa kita ingin setiap hari menjadi berkat kepada orang lain.

Setiap hari adalah kebaikan, setiap hari adalah kesempatan untuk menyebarkan kebaikan. Rayakan kehidupan setiap saat karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Selamat merayakan kehidupan semoga selalu ada refleksi bagi diri kita. Tak seorangpun dari kita yang tahu kapan waktunya, hanya Yang Kuasa saja yang mengetahui semuanya. Cintailah orang lain seperti kamu mencintai dirimu sendiri, perlakukanlah orang lain seperti kamu ingin diperlakukan.


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)