Merry Riana Langkah Sejuta Suluh : Sukses Usia Muda dengan Perjuangan dan Pertolongan Tuhan

Isa Oktaviani
By -
0

"Orang yang bekerja keras akan menciptakan keberuntungan bagi dirinya sendiri. Keberuntungan dibentuk, bukan ditunggu. Kalau masalah tampak terasa sulit dan jalan terasa sangat terjal, serahkan kepada Tuhan, Ria. 

Tuhan akan membuka jalan dengan cara-Nya yang luar biasa"

----- LANGKAH SEJUTA SULUH -----




Judul                : Merry Riana Langkah Sejuta Suluh

Penulis            : Clara Ng

Penerbit          : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit  : 2014

Tebal               : 448 halaman


Merry Riana sosok yang tidak asing bagi kita. Aku sendiri mengenalnya ketika film Mimpi Sejuta Dolar tayang di bioskop dan bukunya menjadi best seller nasional. Namanya melejit dan dikenal sebagai motivator nomor 1 di Asia membuatnya mudah diingat. Kisah kehidupannya sukses ditayangkan lewat film Mimpi Sejuta Dolar yang diangkat dari buku dengan judul yang sama. Sepintas, apa yang ditayangkan sangatlah menginspirasi, bagaimana seorang perempuan muda dan dari negara asing bisa meraih sukses di bawah usia 30 tahun. Tapi, apa yang ditampilkan adalah rangkuman kisah sukses seorang Merry Riana, tanpa mengupas tuntas hingga ke akar-akarnya bagaimana ia bisa mencapai semua itu, dengan siapa ia berpartner dan siapa mentornya. 


Untuk melengkapinya menjadi sebuah racikan yang sempurna, buku lainnya diluncurkan dengan judul Merry Riana Langkah Sejuta Suluh yang membahas secara rinci bagaimana Merry Riana meraih suksesnya di usia 26 tahun. Buku ini membuatku terpana karena isinya ilmu semua. Apalagi yang disampaikan berkaitan dengan bisnis, membangun kerajaan bisnis sendiri sehingga bisa bebas secara financial. Kisahnya sukses sebagai financial consultant di Singapura.


Buku ini dibuka dengan kisah yang sangat kuat, saat itu Merry menyerahkan claim nasabahnya yang meninggal dunia. Nasabah ini termasuk kalangan menengah ke bawah, makan saja seadanya tapi Merry mampu membantunya merencanakan keuangan sehingga bisa mempersiapkan dana warisan untuk keluarganya. Jika saja dia tidak mempersiapkan, istrinya nyaris harus membayar hutang biaya rumah sakit dan jenazahnya akan ditahan di negeri orang. Jumlah dana claim yang diserahkan oleh Merry memberikan seberkas harapan sang istri yang semula tak memiliki cahaya untuk bangkit.


"Yang kulakukan ternyata bukan sekedar mengangkatku menjadi manusia yang memiliki pendatapan yang lebih tinggi dari orang lain. Yang kulakukan ternyata menyentuh hidup orang lain, memperbaiki hidup orang lain" -- Merry Riana --


Mengambil kuliah jurusan teknik tentu sangat jauh dari dunia keuangan, tetapi kenapa akhirnya Merry memutuskan untuk bekerja jauh dari bidang kuliahnya? Hal ini ketika ia magang disalah satu perusahaan elektronik, ia bertanya kepada atasannya yang sudah paruh baya, berapa lama ia bekerja di sana dan berapa kali dipromosikan jabatan. Atasannya menjawab hanya 2x seumur hidup mendapat promosi dan bekerja setiap hari dengan jam yang sama di balik kubikal kecil. Hampir seluruh waktu diserahkan untuk perusahaan tersebut tetapi gajinya tidaklah begitu menggiurkan.


Beragam pertanyaan menghujam mahasiswa tingkat akhir itu. Dalam keramaian MRT, ia menemukan sebuah tulisan di koran ada anak muda yang belum 30 tahun menjadi sangat kaya raya, dengan berbisnis. Dia memikirkan kalau bekerja seperti atasannya tersebut maka akan sangat lama yang dibutuhkan untuk mencapai impiannya atau bahkan tidak bisa tercapai. Ide gila muncul, ia ingin berbisnis. Alva, teman diskusi sekaligus pacarnya mengamini sehingga mereka bersama-sama merumuskan bisnis apa yang akan dibangun.


Buku ini mengupas perjalanan Merry Riana ditempa dengan proses yang tidak gampang. GAGAL berulang kali pernah dilakukan. Gagal bukan berarti menyerah karena gagal adalah proses untuk mendapatkan hasil yang luar biasa. Menjadi volunteer di event organizer yang biasa melaksanakan seminar motivator pernah diikuti oleh Merry dan Alva, mereka ini pasangan yang kompak dan selalu saling mendukung. Hingga pada akhirnya dia menemukan seminar bisnis, Financial Consultan.


Buku ini dibagi menjadi 46 bagian dengan judul - judul yang berkisah saling menyambung. Membacanya bagai menikmati kisah fiksi yang menggugah selera dengan pemaparan ilmu berbisnis yang cepat dan kokoh. Dalam buku ini, kita akan mendapatkan cara mendapatkan tim yang tepat, mengelola dan mengembangkan. Yang tak kalah penting adalah membangun tim dengan rasa kekeluargaan tinggi, selalu positif dan pantang menyerah. Dalam hal memilih tim, cara Merry Riana sangatlah unik, wawancara harus dilakukan untuk mengetahui apa yang menjadi motivasi calon tim bergabung, apakah ingin menaikkan taraf kehidupan, memiliki kebebasan waktu atau yang lainnya.





Cara ini akan membantu untuk mengenal kepribadian tim sehingga ada penanganan khusus untuk tiap anggota. Kemudian, sebagai seorang pemimpin, Merry Riana memberikan dengan contoh dan selalu menjadi penguatan bagi timnya. Kisahnya menjadi sangat menarik karena ia adalah orang asing di Singapura tetapi bisa menemukan tim yang tepat dan berhasil mendapatkan ratusan hingga ribuan klien. 

Membaca buku ini aku beberapa kali merinding, bahkan dada sesak dan terkadang ingin menangis. Apa yang disampaikan sungguh menyentuh, perjuangan dan semangat pantang menyerah sangat ditonjolkan hingga ia meraih sukses. Mengandalkan Tuhan dan selalu berjalan dengan restu orang tua adalah hal yang membuatku sangat kagum 


Buku ini memberikan  cara spesifik untuk menemukan ide gila yang out of the box, memilih tim yang tepat hingga cara berjualan yang cerdas dan sesuai kebutuhan klien. Cara menganalisa kebutuhan klien dan memberikan produk keuangan yang cocok untuk klien.


Dalam buku ini, ada juga formula sukses Merry Riana

  • Beranilah mengambil langkah pertama
  • Lakukanlah dengan konsisten, baik ketika masih bergerak lambat maupun ketika melaju cepat
  • Kenali dan maksimalkan talent dan passion kita
  • Tim yang hebat akan selalu mengalahkan individu yang hebat
  • Tidak pernah menyerah

Rahasia untuk Meraih Keberhasilan
  • Mudah diarahkan
  • memiliki stamina dan daya tahan yang kuat
  • menempatkan Tuhan sebagai partner dalam bisnis
  • membangun kekuatan cinta

Buku ini sangat cocok untuk yang ingin berbisnis, pentingnya memiliki mentor, menemukan partner yang tepat dan ingin mengubah hidup dari yang suka gampang menyerah menjadi sosok yang tangguh dan tak kenal kata gagal dan menyerah. Selamat membaca, selamat mengeksplore ilmu yang dibagikan dalam racikan tulisan ini.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)