Tips Mengatur Keuangan

Isa Oktaviani
By -
0

Tips Mengatur Keuangan


Pernah ngalamin nggak uang tiba - tiba habis dan tak tahu untuk beli apa saja? Pasti sering bangetkan. Sebagian besar orang mengalaminya ini dan menjadi persoalan lumrah di seluruh generasi. Sebenarnya, bisa nggak sih kita mengaturnya supaya tak ada masalah keuangan? Jawabannya pasti bisa banget. Aku mau sharing tips untuk mengatur keuangan agar tidak bocor sana sini.




Buat List Kebutuhan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat list kebutuhan bulanan. Pasti kita sudah tahu apa saja kebutuhan wajib yang akan dikeluarkan pada bulan itu. Buatlah catatannya, alokasikan lalu pas gajian atau dapat income dari sumber manapun, keluarkan sejumlah sesuai yang sudah direncanakan tersebut. Biasakan untuk konsisten membuat list kebutuhan ini. Misalnya yaa kita punya income sebulan 5 juta rupiah dengan kebutuhan sebagai berikut biaya hidup 2 juta, asuransi 1 juta, bayar kredit 1 juta dan investasi 1 juta. Ini hanya sebagai contoh saja yaa, kamu pasti punya alokasi sendiri dan tulis sesuai dengan kebutuhanmu.


Dahulukan Kebutuhan daripada Keinginan

Sering kali kita lebih mendahulukan keinginan daripada kebutuhan. Nah sekarang kita membiasakan diri untuk memenuhi kebutuhan dulu. Misalnya handphone, kita butuh untuk komunikasi saja tetapi kadang justru membeli yang mahal tidak sesuai kemampuan kantong kita sendiri. Tak heran ini akan jadi masalah keuangan bagi kita. Ambil sesuai kebutuhan saja.


Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Hal yang kadang kita lupa adalah mencatat semua pemasukan dan pengeluaran sehingga tidak tahu uang kita pergi kemana saja. Nah, wajib banget nih bikin catatan pengeluaran dan pemasukan, banyak banget kok aplikasi yang disediakan secara gratis untuk kita bisa bikin pencatatan keuangan ini. Kalau aku pribadi lebih nyaman menggunakan AndroMoney. Kamu boleh menggunakan yang sama atau ada aplikasi lain yang menurutmu lebih nyaman.

Itu dulu tips sederhana dari aku, semoga bermanfaat yaa.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)