Review Film Ali & Ratu - Ratu Queens: Keluarga, Cinta dan Mimpi


"Namanya juga kita merantau, apapun dikerjakan asal bisa menghasilkan uang dan kita tetap bisa makan. Jangan menyerah dengan keadaan meski saya tahu itu sangat sulit untuk kamu, bangkit lagi dan ingat tujuan kami ke sini, bertemu dengan Ibu kandungmu, cinta pertamamu"
----- Ali & Ratu - Ratu Queens -----


Judul          : Ali dan Ratu - Ratu Queens
Genre        : Drama Komedi
Durasi       : 100 menit
Produser Muhammad Zaidy dan Meiske Taurisia
Sutradara : Lucky Kuswandi
Produksi   : Falari Films
Penulis      : Gina S. Noer
Rilis           : 17 Juni 2021

Pemain:
  • Iqbaal Ramadhan sebagai Ali Widjanarko
  • Gamaliel Eleazar sebagai Ali kecil
  • Nirina Zubir sebagai Party
  • Asri Welas sebagai Biyah
  • Tika Panggabean sebagai Ance
  • Happy Salma sebagai Chinta
  • Aurora Ribero sebagai Eva
  • Marissa Anita sebagai Mia
  • Bayu Skak sebagai Zoopunk
  • Cut Mini Theo sebagai Bude Suci
  • Ibnu Jamil sebagai Hasan
  • Arief Didu sebagai Paman Halim
  • Reza Chandika sebagai Sepupu Ali
  • Siti Nursita sebagai Istri paman Halim
  • Rendha Rais sebagai Istri sepupu Ali
  • Aline Jusria sebagai Perempuan menyewa rumah


Amerika Serikat digambarkan sebagai negara yang kaya dan serba mewah. Siapa sih yang tidak mau datang kesana, mungkin bisa menjamin kehidupan menjadi jauh lebih baik. Mimpi dan harus diraih meski berpisah dengan keluarga, itulah pilihan yang diambil oleh Marissa Anita (Mia). Itulah yang menjadi pembuka di film yang akan aku ulas sekarang. Film Ali & Ratu - Ratu Queens menyajikan tontonan yang tidak biasa karena menampilkan empat orang sahabat, ibu - ibu dari desa yang merantau ke Amerika Serikat dan menjadi teman bagi seorang remaja yang sedang mencari ibunya. Mereka adalah Asri Welas (Biyah), Nirina Zubir (Party), Happy Salma (Chinta) dan Tika Panggabean (Ance) yang menjadi keluarga baru bagi Iqbal Ramadhan (Ali) ketika dia harus menyusul ibunya ke negeri Paman Sam.

Film ini dikemas dengan sangat baik, memang tidak diragukan sih kalau penulis skenarionya adalah Gina S Noer, setiap detail alur diperhatikan banget sehingga kita bisa menikmati cerita dengan nyaman. Mulai dari scene awal hingga akhir, semua ditayangkan dengan sangat mewah dan relate banget sama kehidupan kita. Film ini berkisah tentang seorang anak yang mencari ibu kandungnya hingga ke Amerika Serikat karena sejak dia kecil, ibunya sudah meninggalkan dia dan ayahnya di desa. Perjalananya menjadi berwarna kala Ali datang ke apartemen yang sempat ditinggali oleh ibunya dahulu bersama Party tapi sekarang, si ibu sudah tidak di sana lagi.

Kisah yang dibangun benar - benar menguras emosi, gimana rasanya seorang anak tidak diakui oleh ibunya karena si ibu sudah punya keluarga baru. Beberapa bagian akan buat kamu menangis karena acting Iqbal dan Marissa sungguh menyatu dan mewakili kejadian di dunia nyata. Meski akhirnya Ali bisa bertemu ibunya, tapi tetap saja tidak bisa tinggal dengan sang ibu.

Inilah yang membuat film ini jadi sangat berwarna ketika Ali menghabiskan banyak waktu bersama empat orang sahabat ini karena mereka punya kepribadian yang berbeda - beda tetapi ada kehangatan keluarga di sana. Nirina Zubir seperti biasa menjadi sosok keibuan dan bijaksana sangat cocok menjadi bagian dari kisah ini, sementara Asri Welas memiliki kepribadian yang kocak dan melakukan apa saja untuk cari uang, Tika Panggabean juga menampilkan sosok ibu yang sayang dengan anaknya dan tentu Happy Salma menjadi seseorang yang mengedepankan cakra, santai dan adem. Mereka inilah yang membuat perjalanan Ali di Amerika menjadi lebih bermakna. Selain kisah itu, film ini dibumbui sedikit asmara antara Ali dan Eva (Aurora Ribero), anak tante Ance. Tapi memang kebersamaan mereka tidak terlalu banyak disorot. 

Kehadiran Bayu Skak juga memberi warna tersendiri di film ini. Ia berperan sebagai sepupunya Ali dari desa dan tetap menonjolkan dirinya sebagai youtuber. 

Film ini sangat cocok disaksikan bersama keluarga, banyak nilai - nilai keluarga yang ditampilkan di sini. Bagiku, tidak ada yang mengecewakan, mulai dari acting, alur cerita hingga sinematografinya semua hampir sempurna. Good job.

Yukk, langsung ke netflix, saksikan film Ali dan Ratu - Ratu Queens. Btw, Queens itu adalah nama tempat yaa.

No comments:

Post a Comment

| Designed by Colorlib