Catatan Perjalanan Tahun 2023

Isa Oktaviani
By -
0

 


Setelah sekian purnama akhirnya berjumpa lagi, baru sadar ternyata terakhir nulis udah lama banget dan waktu itu juga hanya bercerita perjalanan 2021 dan 2022 ditambah satu cerita bertemu adik-adik di Cilincing. Sekarang kembali di 2024 memulai perjumpaan dengan cerita apa saja yang udah kita lewatin di tahun 2023, semoga yaa tahun 2024 bisa lebih banyak bercerita di blog ini hehe. Mari bersama menjelajahi kembali tahun 2023, entah warna apa yang terlukis, yang pasti selalu menarik untuk disimak.

Januari

Awal tahun dengan harapan baru, yaa kita memulai 2023 dengan rapat kerja District 41, gabungan 3 agency yakni Dynamic, Inspiring Champion dan Samudera, agency-agency ini seperti kantor cabang Prudential karena selain perusahaan asuransi jiwa, Prudential juga ada bisnis waralabanya, jadi tiap orang yang "siap" boleh buka kantor masing-masing.

Selain diskusi apa yang mau dilakukan selama tahun 2023, raker ini juga sekaligus memberi penghargaan kepada para achiever yang berhasil di tahun sebelumnya, kita menyebutnya Award Night. Pencapaian selama setahun penuh akan diapresiasi di sini, tidak hanya naik panggung dan dapat pengharagaan tetapi ada rasa bangga tersendiri karena kita bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

Ini menjadi raker perdana bagiku karena syarat mengikuti kita harus dipromosikan menjadi leader. Pengalaman yang sangat berkesan, selain acaranya menarik karena bisa belajar lebih banyak juga untuk pertama kalinya bisa naik panggung promosi. Tidak hanya itu, akhirnya bisa menikmati jamuan istimewa cafe to cafe di kawasan Bogor bareng beberapa leader lainnya, jadi ada warna tersendiri. 

Nggak hanya acara penghargaan dan belajar, kita juga ada acara bebas jadi pada minum tipis-tipis lah dan ada yang mabok kan, tapi nggak rese cuma ngomongnya lucu banget, pokoknya bikin kita di satu cafe nggak berenti ketawa.

Award Night : Promosi Assosiate Agency Director 

Bulan pertama tahun 2023 ini juga kita ikut Kick Off  Prudential yang diikuti oleh semua agen di Jakarta, ada ribuan peserta jadi berasa banget hebohnya, pokoknya bikin kawasan PRJ macet hahaha. Acara yang dihelat oleh Prudential ini memberi penghargaan kepada para agen yang mencapai target seperti MDRT, Star Club, Double Star Club, President Cabinet Club producer dan leader, Promosi Associate Agency Director dan Agency Director. Ini moment yang ditunggu-tunggu karena seperti "diwisuda" dan banyak banget dapat bunga, yaa kayak perhelatan wisudalah. Selain itu, ada juga strategi bisnis, laporan tahun lalu hingga sesi motivasi yang menghadirkan pembicara luar negeri, pokoknya seru, meriah, menyenangkan dan penuh dengan aura kebahagiaan.

Pebruari

Kalo Januari dipenuhi dengan acara-acara Prudential karena udah mulai full-time yaa jadi porsinya sekarang akan lebih besar dari biasanya. Memasuki bulan kedua tahun 2023, aku ikut lagi acara birthday "party" nya Ibu Suri, kali ini kita merayakan bersama masyarakat di Kampung Barengkok, Bogor. Tempatnya hanya berjarak kurang lebih 2 jam dari pusat kota Jakarta tetapi memang sedikit memprihatinkan, padahal kondisi masyarakat banyak kurang mampu, rumah yang masih beralaskan tanah, dinding bambu tetapi sangat-sangat jarang mendapat bantuan dari pemerintah.

Dalam rangka berbagi kebahagiaan, rombongan kita membagikan paket cinta berupa sembako kepada warga di sana, kita mendatangi satu per satu rumah warga untuk mengantarkan kupon karena nantinya kupon ini akan ditukar di pos yang sudah tersedia. Selain bisa merasakan kebahagiaan bersama warga di sana, baksos kali ini juga semakin mempererat rombongan yang datang karena kita memang banyak yang tidak saling kenal, justru baru ketemu di sini, makan dan membagikan paket cinta bersama menjadi kenangan manis tersendiri. Tak hanya itu, baksos kali ini makin lengkap akhirnya si Aydrian ikut juga (Aydrian ini anak bungsunya Ibu Suri, masih usia 5 tahun tapi lucu dan aktif banget, jadi seruuu deh).

Bulan kasih sayang ini juga digunakan oleh agency untuk sesi foto-foto leader yang baru promosi, kebetulan aku tahun ini promosi jadi Associate Agency Director jadi bisa ikutan untuk foto juga, aku foto bareng temenku, Marisa Salim.

bareng Aydrian


Maret

Selain jadi agen asuransi yang sehari-hari edukasi calon nasabah pentingnya punya proteksi dan juga mengajak teman-teman bersama-sama menjalankan bisnis asuransi, aku masih setia ikut kegiatan sosial karena berasa lebih menyenangkan dan "hidup". Kali ini aku ikut kegiatan "Amazing Grace" sebuah acara bermain bersama adik-adik di kampung Nelayan, Cilincing Jakarta Utara. Konsepnya sederhana, adik-adik dibagi menjadi beberapa kelompok dan didampingi oleh dua kakak volunteer, setiap kelompok wajib menyelesaikan misi sesuai dengan clue yang diberikan, jadi mereka akan keliling kampung untuk menjalankan misi tersebut.

Tidak hanya seru-seruan tetapi adik-adik ini juga melayani kelompok lansia di sekitar pesisir, mereka memyuapi oma opa, memijit dan lainnya. Setelah misi selesai, semua tim akan kembali ke pos semula untuk makan bersama dan melanjutkan kegiatan sampai akhirnya berpisah. Tapi anehnya, meski bersama cuma beberapa jam, perasaan saling cinta berasa erat sekali, terbukti saat perpisahaan pada nangis, biasanya kalo kayak gini minimal kegiatan 2 malem 3 hari.

Bersyukur banget bisa kenal teman-teman Buah Tangan yang menginisiasi kegiatan ini bekerja sama dengan Relasi Diri, berkat ajakan Hiero dari Relasi Diri aku bisa ikut acara ini. Akhirnya bisa ikut beberapa kegiatan mereka di bulan-bulan berikutnya.

April

Kembali pelayanan bareng Romo dan Suster ke Polda Metro Jaya. Kadang aku memang ikut Suster untuk pelayanan rohani warga binaan di sana, ikut misa dan tentu saja berbagi kebahagiaan untuk memuji dan memuliakan Tuhan. Selain itu, April menjadi saksi untuk kami membentuk "Domba Healing" kelompok orang muda Katolik misa bareng di berbagai Gereja Jakarta dan sekitarnya, sangat seru karena anaknya pada asik.

April juga membawaku bolak balik rumah sakit karena ada salah satu teman sekaligus nasabah yang masuk Rumah Sakit di RS termegah yakni Mandaya Royal Hospital, layaknya hotel bintang 5. Kurang lebih seminggu dirawat karena ada tindakan operasi, jadi akupun cukup sering ke sana. Tapi di RS ini ngga berasa lagi di RS sih, malah rasa di hotel (bagi kita yang jagain) tapi kalo bagi yang sakit yaa mungkin tetap beda yah.

Penghujung April, aku bareng kak Dina, kak Tiara dan Bang Variant dari Buah Tangan diizinkan menjadi fasilitator kegiatan "Jejak Musaphir" seperti camp kepemimpinan ala remaja Katolik. Kami menginap di tenda, tempat camp ground, adem banget tempatnya, acaranya juga seru, selalu ada pengalaman menarik tiap ikut Buah Tangan. 

Sebelum meninggalkan Jakarta untuk waktu yang cukup lama, aku juga menghabiskan seminggu terakhir ketemu teman-teman untuk say goodbye karena akan kembali ke Pontianak. Ahh sedih juga sih.

Mei

Berhubung keponakanku akan menikah di bulan ini, aku memutuskan kembali ke Pontianak untuk waktu yang cukup panjang dan sampai saat aku menulis cerita perjalanan tahun 2023 pun masih di Pontianak, udah lumayan lama juga kembali ke bumi Khatulistiwa.

Kenapa nggak stay lagi di Jakarta? Sebenarnya sederhana, pengen lebih dekat dengan kelurga dan kerjaan aku juga bisa dikerjakan dari mana aja, ngga cuma itu sih rasanya mau coba kembangkan bisnis di sini, apakah cukup prospek atau justru lebih baik ke Jakarta?

Keponakanku cowok usia 23 tahun menikah di bulan ini, cukup muda juga sih menurutku tapi sangat baik karena dia berani mengambil keputusan dewasa ini dan sangat siap mengambil anak orang dari kedua orang tuanya, harus siap memberi kehidupan yang layak, aku lihat-lihat sih emang dia udah siap. Selamat menempuh hidup baru, Aron dan Sinta. Moment ini juga pasti digunakan untuk kumpul keluarga dannnn sudah siap dengan pertanyaan "kapan nikah?" . Oke, kita senyumin aja dulu :)

Mei juga akhirnya menjadi moment bertemu kembali sama Tri dan Tarida setelah sekian purnama nggak bisa kumpul bertiga. Sekalian ikut Pekan Gawai Dayak 2023 di Rumah Radakng, kayaknya terakhir ikut acara ini waktu masih kuliah 2018 atau 2019.

Juni

Setelah resmi kembali ke Pontianak, aku mulai safari ketemu teman-teman lama, sekedar bertukar kabar karena sekian purnama nggak ketemu, ternyata banyak cerita yang terlewatkan, ada teman-teman yang udah punya anak, jadi PNS dan lainnya, wah menarik banget yaa sangat berwarna. Balik ke Pontianak juga bikin aku jadi punya inner circle jadi lebih dekat sama Kak Dede, Achai, kak Dina dan Theresna, teman satu kantor di PruDynamic Pontianak, jadi sering kumpul bareng mereka juga.

Bulan Juni akhirnya aku bisa kembali ikut di kegiatan Temu Pemuda Lintas Agama, setelah pindah Jakarta tahun 2020 lalu, baru tahun 2023 bisa ikut kegiatan offlinenya, rindu akhirnya terobati. Kali ini kita bekerja sama dengan LBH Kalbar dan seperti biasa peserta selalu dari wajah-wajah baru, senang bisa jadi bagian mempromosikan perdamaian bersama anak muda lintas agama di Pontianak.

Untuk pertama kalinya juga di undang ke RRI Pontianak, siaran langsung memperkenalkan komunitas muda lintas agama yakni SADAP INDONESIA, perkumpulan orang muda lintas agama dan suku yang berkomitmen untuk menyebarkan perdamaian di Kalbar dan Indonesia. So happy come back home :)

Bagian kedua silahkan dibaca di sini Catatan Perjalanan Bagian II




 


                                                                                                                                                                                     










Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)