Review

Post Page Advertisement [Top]

dok. pribadi


”Bangkitlah, wahai para pelopor!!!, pekikkan padaku kata-kata yang menerangi gelap gulita rongga dadamu! Kata-kata yang memberimu inspirasi!!!” (Sang Pemimpi, Andrea Hirata) 
Melanjutkan kuliah setelah lulus SMA tapi tidak memiliki biaya, apakah bisa, apakah mampu membuat orang bangga karena prestasi yang kita raih ?

Tentu bisa, namun harus melewati beberapa tahap yang cukup sulit. Sebelum saya akhirnya berhasil di terima pada salah satu Universitas ternama di Provinsi saya, hampir tidak mungkin rasanya untuk bisa mengecap indahnya bangku kuliah. Ketiadaan biaya dan orang tua yang semakin senja membuat harapan semakin memudar.

Beruntung, sebelum ujian nasional dilaksanakan, saya mendapat informasi ada beasiswa Bidikmisi yang diperuntukkan bagi orang yang tidak mampu dalam segi ekonomi tetapi berprestasi. Saya pun langsung mendaftar kan diri menjadi salah satu pelamar dari ribuan siswa di seluruh penjuru negeri.

dok. pribadi

Semesta sedang berpihak padaku, ketika pengumuman namaku menjadi salah satu dari sekian yang beruntung untuk mendapat beasiswa tersebut, betapa tidak, dalam program studi tersebut hanya kami 8 orang saja yang lulus dan rasanya sangat bahagia karena akhirnya bisa meraih mimpi tanpa harus memberi beban berat bagi orang tua.

Banyak yang harus dijalankan, mulai dari urusan administrasi yang lumayan ribet dan berbelit tapi akhirnya bisa dilewati. Tahap demi tahap terus dijalankan dengan sepenuh hati, dalam rasa bahagia karena sebentar lagi akan menjadi seorang mahasiswa yang katanya adalah kaum intelektual karena gelar yang disematkan adalah "maha".

Waktu yang telah ditunggu-tunggu akhirnya datang juga dan sekarang aku sah menjadi seorang mahasiswa. Segala kebutuhan ditanggung oleh uang beasiswa, tidak perlu pusing memikirkan uang semesteran. Aku cukup belajar dan belajar dengan rajin agar Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tetap pada jalur yang aman.

dok. pribadi

Siapapun pasti ingin bisa kuliah tapi gratiss apalagi sampai uang saku pun di kasi. Ini adalah kenikmatan yang luar biasa, apalagi bagi saya yang memang berasal dari keluarga kurang mampu. Beasiswa adalah salah satu berkat luar biasa dari Tuhan dan patut disyukuri.
Selain Bidikmisi, banyak sekali beasiswa yang dapat teman-teman dapatkan, misalnya beasiswa pemda, beasiswa 3T dan lain-lain.

Untuk yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
  1. 1. Isi semua keperluan administrasi dengan baik dan benar
  2. 2. cek kembali sebelum diserahkan, jangan sampai ada surat yang kurang
  3. 3. Pertahankan prestasi selama SMA, paling tidak masuk dalam 10 besar di kelas, lebih bagus 4. lagi jika bisa masuk 5 besar
  4. 4. Cari informasi penyedia beasiswa yang bisa dilamar oleh lulusan SMA
  5. 5. Berdoa, usaha, dan belajar terus.

Jangan mudah menyerah, karena kita semua berhak untuk mendapat pendidikan bahkan jika tidak ada biaya sekalipun.
Ingat, selama ada usaha pasti ada jalan untuk dilewati.
Sekarang sudah zamannya internet, maka gunakanlah untuk hal-hal yang berguna, salah satunya mencari informasi beasiswa serta cara mendapatkan beasiswa tersebut.

Jangan berhenti belajar.
"Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia - Nelson Mandela"

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib