Review

Post Page Advertisement [Top]

Danau Sentarum

Tahun 2018 sudah di depan mata dan tinggal menghitung hari kita akan beranjak dari tahun 2017 ini. Ada banyak hal yang telah dilalui selama 12 bulan yang lalu. Selama itu, ke mana sajakah kaki telah melangkah, pula mana saja telah di seberangi ?

Memiliki hobi jalan-jalan memang keutamaan bagiku untuk kilas balik perjalanan selama tahun 2017. Memang belum banyak tempat yang ku datangi, terlebih lagi aku belum mempunyai jam terbang. Sebab, yang ku punya hanya tumpukan jadwal kuliah saja.

Tapi, disela-sela kesibukan sebagai penghuni kampus dan katanya sih, yaa katanya agak aktif di organisasi sehingga memberikan angel card untuk memiliki kesempatan ikut berbagai kegiatan sekaligus berwisata. Kalau kata aku sih, jalan-jalan gratiss !

Berikut ini tempat-tempat yang pernah ku jajaki selama 12 bulan. Mari kita simak :

Batu Ampar

Tempat ini masih tetangga dengan Kota Pontianak. Akan tetapi ada banyak hal menarik di sini yaitu mangrove. Batu Ampar secara geografis terletak di Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat. Keanekaragaman mangrove menjadi kekayaan tersendiri di sini sehingga ada beberapa tempat yang dijadikan untuk ekowisata.

Waktu itu kami berkunjung ke sana dalam rangka memperingati hari bumi bersama beberapa NGO dan peserta yang hadir dari seluruh Indonesia. Sangat bersyukur karena menjadi bagian sebagai panitia lokal untuk membantu jalannya kegiatan.

Pemandangan di Sungai Kapuas, Sumber Agung


Dari Pontianak kami berangkat menggunakan bus kemudian dilanjutkan dengan speedboat menuju Desa Sumber Agung, Kecamatan Batu Ampar, Kubu Raya. Sungai terpanjang Indonesia yaitu Sungai Kapuas berhasil kami taklukkan. Meski ada sedikit perasaan was-was karena saat perjalanan harus berjumpa dengan gelombang cukup besar sehingga speedboat kami melenggang bergoyang di atas sungai. Beruntung semua bisa sampai dengan selamat.

Tapi, lelah kami terbayarkan dengan pemandangan yang luar biasa. Ternyata, ada serpihan surga di tanah Kubu Raya. Tempat ini pun baru sekali saja ku datangi. Hamparan mangrove menghiasai sepanjang sungai. Sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga.

Sanggau

Selanjutnya saya berkesempatan untuk menikmati indahnya Sanggau Kapuas, Kalimantan Barat. Ada beberapa tempat yang kami kunjungi di sini yaitu Pancur Aji, Riam Macan, Rumah Betang Panjang. Ternyata banyak sekali tempat berlibur yang indah di bumi Dara Nante ini hanya saja membutuhkan beberapa hari untuk bisa menikmati semua nya.

Tapi, meski hanya ada beberapa saja, keindahannya sudah memanjakan mata sehingga hati pun damai karena alam yang begitu asri singgah di jiwa kita.

Senakin

Perjalanan masih di Pulau Borneo. Sekarang saya dikembalikan pada zaman 4 tahun lalu. Masa putih abu-abu. Ada beberapa tempat yang saya datangi tapi semuanya wisata alam yang asri yaitu Riam Solang, Riam Jajak Burung, Penghijauan MandorSaka Ampat.

Masing-masing tempat ini memberikan cerita tersendiri dan tidak akan kita temui di manapun. Meski dulu sempat menghabiskan 1 tahun 6 bulan  di sini tetapi belum pernah menjajaki tempat ini. Ternyata, kawasannya begitu indah dan asri, tak diragukan lagi untuk hati yang gundah maka akan segera damai.

Singkawang

Kalimantan Barat memang kaya akan alam nya. Sehingga tidak perlu jauh-jauh menghabiskan waktu untuk berlibur karena hampir semua nya ada di bumi borneo ini.
Singkawang memang sudah sangat terkenal bahkan telah menjadi salah satu pusat wisata di Kalimantan Barat sehingga untuk kawasan pariwisata tidak diragukan lagi.

Kala itu kami berkunjung di beberapa tempat yaitu Taman Gunung SariTanjung Bajau, dan Mimiland.

Meski belum habis jari satu tangan menghitung jumlahnya tetapi membutuhkan dua hari untuk menikmati semua keindahan di tempat-tempat tersebut. Padahal, masih ada banyak tempat yang wajib di datangi seperti Taman Cinta, Waduk Pajintan, Pasir Panjang dan lainnya. Semoga saja di tahun 2018 dapat menginjakkan kaki di tempat-tempat tersebut.

Danau Lait

Tempat yang satu ini memang belum seterkenal tempat wisata lainnya. Akan tetapi, pemandangannya sangat indah dan kami yang berhasil datang ke sana cukup terpukau melihat keindahan itu.
Kami bermain perahu mengelilingi danau dan menikmati pemandangan indah di sekeliling danau.

Keindahan Danau Lait ini memang patut diacungi jempol sebab meski letak nya tidak jauh dari jalan raya akan tetapi kawasan ini tetap asri. Tapi tenang saja, mulai November 2017 lalu, kawasan ini sudah di buka untuk tempat wisata sehingga pengunjung lebih mudah mendatanginya.

Mempawah Mangrove Park

Kalimantan Barat memang terkenal dengan beragam jenis mangrove. Tanaman ini digunakan pula oleh warga pesisir sebagai penangkal abrasi. Namun, hal berbeda dilakukan oleh warga Mempawah, Kalimantan Barat. Mereka mengelola tanaman mangrove untuk dijadikan Tempat Wisata Mangrove.

Tidak tanggung-tanggung, ratusan pengunjung dapat di tarik setiap harinya.  Berbondong-bondong masyarakat datang untuk menikmati tempat-tempat indah kekinian yang bagus untuk berfoto di Mempawah Mangrove Park.

Jawa Barat

Saya memiliki keberuntungan untuk bertolak ke laur pulau. Berbekal niat akhirnya bisa sampai ke tempat yang selama ini menjadi tujuan saya dan cukup lama berkeinginan agar sampai ke tempat tersebut.

Pertama, saya sangat kagum dengan Bogor sebab di sana ada Kawasan Puncak yang asri dan sering dijadikan tempat shooting FTV. Dari layar kaca sepertinya memang indah dan ternyata setelah datang, tempat ini sungguh menankjubkan. Hamparan kebun teh menyapa jiwa, kesejukannya sampai ke dasar hati.

Ternyata, di kawasan puncak terdapat pula telaga penuh legenda yang keindahan nya tidak kalah menarik. Nama nya adalah Telaga Warna. Telaga ini menawarkan berbagai aktivitas yang bisa dinikmati para pengunjung, salah satunya memberi makan kepada para monyet.

Kedua, Bandung. Tempat lain yang saya ingin kunjungi adalah Bandung karena terkenal memiliki banyak tempat wisata. Saya pun penasaran dan ingin sekali ke sana. Waktu berpihak pada saya sehingga dapat melabuhkan jiwa dan raga di sini.

Ada beberapa tempat yang kami kunjungi yaitu, Tangkuban Perahu, Lodge Maribaya, Kawah Putih, Farm House. Semua nya punya keunikan tersendiri tetapi aku lebih suka ke Tangkuban Perahu. Meski bau belerang namun tempat nya cukup memanjakan mata. Kemudian, aku juga suka ke Farm House sebab dapat menikmati susu segar yang lezat.

Jakarta

Ibukota Indonesia ini memang menyimpan sejuta pesona. Aku sempat ditertawakan teman-teman ku karena sangat ingin pergi ke sana padahal aku punya alasan tersendiri untuk bisa menginjakkan kaki di pusat pemerintahan ini.

Alasanku adalah ingin melihat langsung tempat sumber berita yang selalu dan selalu ku baca selama ini. Bahkan banyak lelucon hadir berasal dari daerah ini. Modal nekat lagi akhirnya aku berangkat ke Monas dan melihat langsung tempat pusat demo berjilid itu. Selain itu, aku menyempatkan diri berwisata di kawasan sejarah yaitu Kota Tua. Di sini terdapat beberapa museum sejarah yang dapat di kunjungi serta mendapat pengetahuan baru. 

Kayong Utara

Tempat yang menjadi pusat Sail Karimata 2016 ini akhirnya berhasil juga kami datangi. Melalui kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya, kami menjajaki beberapa tempat wisata yaitu Bukit MendaleBukit Begentar, Pantai Pasir Mayang, dan Hutan Mangrove serta Pulau Maya.

Meski belum sampai di Pulau Karimata tetapi tempat-tempat tersebut telah menyugguhkan pemandangan yang luar biasa. Rasa nya ingin kembali berpetualang di sana. Dan sangat ingin menghabiskan waktu luang ke Pulau Karimata sebab alamnya sangat indah, bagaikan surga kecil di Tanah Borneo.

Danau Sentarum

Danau unik di Jantung Borneo ini memang menggoda setiap orang untuk segera mendatanginya. Tidak terkecuali aku, sangat ingin rasanya hati bersenandung bersama alam yang misterius itu. 
Bersyukur, semesta berpihak kembali kepada ku akhirnya punya kesempatan datang ke sana dan berkeliling beberapa hari di kawasan Danau Sentarum.

Tempat ini memang sangat indah hingga membuat mata hampir tak mampu berkedip. Tidak ada satupun tempat di dunia ini yang serupa dengan Danau Sentarum sebab dia hanya satu-satunya. Aku bersyukur menjadi bagian dari mereka , Jurnalis Trip untuk menjajaki wilayah ini.

Danau ini lah yang mengatur debit air Sungai Kapuas. Bila musim hujan, ia akan menampung air agar kawasan yang dialiri Sungai Terpanjang Indonesia ini tidak kembanjiran. Lalu, bila musim kemarau tiba, Danau Sentarum merelakan dirinya kering untuk memberikan air bagi kawasan Sungai Kapuas agar mereka tidak kekeringan.

Di tempat ini pula dihasilkan danau lebah hutan terbaik kedua di dunia setelah indah. Maka yang belum pernah melihat langsung, berdoa dan berusahalah agar tahun 2018 diberi kesempatan untuk menginjakkan kaki di Danau Unik, Surga Kecil di Jantung Borneo.

Danau Sentarum pun menjadi tempat terakhir, destinasi wisata yang kudatangi selama tahun 2017.
Pada tahun 2018 mendatang, ke mana lagi kita akan berkunjung ?
Semoga sang waktu berpihak lagi pada kita agar dapat menikmati karya indah ciptaan Tuhan,yakni alam semesta.
Semoga :)

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib