Review

Komunitas motor tidak jarang diidentikkan dengan kumpulan yang ugal-ugalan di jalan kemudian membuat resah masyarakat di jalan. Terlebih lagi, kehadiran komunitas motor dinilai memberi dampak yang kurang baik karena tidak jarang hanya peduli kepada sesama mereka saja dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar.


Apalagi, banyak kejadian yang melibatkan anak komunitas motor dan menyebabkan kecelakaan. Pemikiran masyarakat yang didukung dengan fakta lapangan ini akan menyulitkan para anak motor karena sudah dianggap kurang baik. Lalu, bagaimana perah mereka di jalanan untuk menjaga keselamatan diri dan orang lain? Bisakah anak motor ini memberi teladan untuk berkendara lebih aman di jalan?

Semua pertanyaan kita akan dijawab langsung oleh PT Astra Motor, sebagai salahsatu pemasok sepeda motor terbanyak di Kalimantan Barat, ternyata Astra memiliki program khusus untuk komunitas motor.

PT Astra International tbk Honda Cabang Pontianak ( Astra Motor ) mempersiapkan agent safety riding dengan mengajak perwakilan Community Honda dibawah naungan HWBC (Honda West Borneo Community) untuk mengikuti pelatihan  Safety Riding Astra Motor. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2019 yang berlokasi di Halaman Gudang Astra Motor Pontianak ini diikuti oleh puluhan peserta dari perwakilan community Honda di Kalimantan Barat.

Kegiatan ini merupakan program Astra Motor untuk mengurangi risiko kecelakaan di kalangan komunitas motor serta mencetak Agent safety riding dari Community Honda di Kalbar. Seluruh peserta di bekali dengan berbagai materi untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan kesadaran dalam berkendara. Untuk selanjutnya, mereka yang sudah teredukasi dapat menularkan virus keselamatan kepada member club lainnya.



Instruktur Safety Riding Astra Motor, Dony Adrian mengatakan, Community mempunyai peran yang penting dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara. Selain peduli terhadap keselamatan sendiri, para biker juga harus peduli untuk keselamatan biker lainnya dilingkungan community. Advisor Safety Riding dari Community nanti nya akan menjadi duta Safety Riding Honda dan menjadi role model untuk bagi Community lainnya.

“Pelatihan Safety Riding ini merupakan salah satu langkah yang akan tetap terus kami lakukan dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan atau skill antar Community Honda dan mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas. Kita sadari bahwa faktor terbesar penyebab kecelakaan lalulintas adalah kesalahan manusia atau Human Error,” ungkap Dony.



Sejumlah peserta yang berasal dari perwakilan Community Honda ini tampak antusias selama mengikuti pelatihan dan kompetisi. Mulai dari pengetahuan mengenai peraturan lalulintas, praktek yang meliputi tehnik menikung, tehnik berbelok, tehnik pengereman hingga ke praktek uji keseimbangan di jalur yang sudah disiapkan.  “Ini merupakan pelatihan yang menarik, kita dapat langsung mengukur kemampuan berkendara kita dalam pelatihan ini,“ ungkap Febri salah satu peserta kompetisi.

Dengan konsen Astra Motor selalu memperhatikan komunitas motor agar dapat memberikan kontribusi ke masyarakat dan mengikis pemikiran-pemikiran yang kurang baik di kalangan masyarakat kita. Hadirnya program seperti tentu saja sangat membantu para bikers terutama mereka dapat menjadi pelopor keselamatan di jalan raya.

Kita semua tentu saja tidak ingin kalau ada kejadian yang dapat merugikan banyak pihak. Untuk itu, kampanye Safety Riding ini terus didukung dan dilaksanakan. Tentu saja kita tidak ingin angka kecelakaan di jalan raya semakin bertambah. Siapapun yang berkendara, utamakan keselamatan diri dan orang lain. Jangan karena kelalaian kita malah orang lain yang mendapat imbasnya sehingga apa yang sudah didapatkan dapat diterapkan sejak dini. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas.

Selalu #Cari_aman ketika berkendara karena keselamatan adalah keutamaan kita semua.
Berkendara aman, kitapun nyaman :)

Pontianak, 25 Maret 2019
PT Astra International tbk Honda Cabang Pontianak

No comments:

Post a Comment

| Designed by Colorlib