Review

Film Dilan Dobrak Permintaan Honda CB 100. "Jangan rindu, berat. Kamu tak akan kuat, biar aku saja" Gombalan khas ala Dilan ini pasti sangat familiar di telinga kita. Tahun 2018 lalu, Dilan 1990 mampu meraup penonton paling banyak di layar lebar.  Tak cukup hanya Dilan 1990, kemudian di tahun 2019, film yang diangkat dari novel best seller hasil karya Pidi Baiq kemudian rilis lagi dengan seri Dilan 1991. Demam pecinta Dilan masih belum pulih, buktinya di hari pertama tayang, seluruh bioskop penuh dan seharian cinema memutar film tersebut.


Tapi, apa yang menarik dari film ini selain gombalan ala Dilan yang mampu membuat semua generasi membaur? Yang tua nostalgia, sedangkan yang muda mencari inspirasi. Tentu saja motornya Dilan. Meski motor ini diproduksi tahun 1973 tapi menjadi keren lagi setelah film Dilan tayang.

Di filmnya, Dilan yang diperankan artis Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan kerap menunggangi sepeda motor yang digunakan saat bersekolah maupun untuk merayu pujaan hatinya Milea.

Motor yang dipakai Dilan di film itu adalah Honda CB100 berkelir biru. Motor yang dirilis tahun 1970-an ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para remaja yang demam film Dilan. Lantaran bodinya yang unik dan klasik.

Lalu berapa harga bekasnya di pasaran? Setelah ditelusuri, CB100 dijual dengan berbagai kondisi dan harga. Ada seorang pengiklan yang menjual Honda CB100 lansiran 1974, namun motor tersebut berkelir merah dan kondisi sudah dicat ulang. Motor tersebut dibanderol dengan harga Rp16 juta. Bahkan, Honda CB 100 ini juga dibandrol hingga 18 juta.

Ketenaran Honda CB 100 ini membuat para builder motor kebanjiran orderan. Itu dirasakan Aya Sofia, builder motor yang bermarkas di Bekasi. Dia menyatakan kebanjiran order untuk meng-custom motor menjadi gaya klasik seperti milik Dilan.

Menurut dia, tampilan motor jadul seperti CB memang tidak lekang oleh waktu. Bentuk fisik dan modelnya sangat digemari. ’’Ibaratnya, timeless dan masih banyak yang suka,’’ jelasnya.

Sebelum tren Dilan mewabah, dia mengerjakan beberapa model motor seperti CB. Namun, sejak film tersebut tayang, permintaan untuk memodifikasi kendaraan atau merestorasi Honda CB meningkat.

Beberapa minggu belakangan, dia kedatangan empat motor untuk dimodifikasi menjadi klasik seperti Honda CB. Modifikasi yang dilakukan biasannya yang ringan-ringan. Misalnya, mengganti jok, lampu bulat, dan perubahan pada tangki agar terlihat klasik. Aksesori lain yang dipasang, antara lain, kaca spion bulat yang menambah kesan jadul pada motor yang digunakan.



Seto Hariyadi adalah salah seorang penonton yang berniat untuk menunggangi motor seperti milik Dilan. Dia mengungkapkan, di rumah, ada motor serupa milik Dilan di Film Dilan 1990 yang tidak terurus. ’’Saya jadi kepikiran untuk merestorasi motor CB tua punya bapak biar keren seperti Dilan,’’ ujar pria 34 tahun itu lalu tertawa.

Kecanduan Honda CB 100 semakin meningkat dengan hadirnya film Dilan 1991 yang saat ini masih tayang di bioskop. Wajar saja banyak orang ingin mengoleksi motor Honda CB 100 ini karena penampilannya yang untuk dan elegan sehingga kala dikendarai sangat keren.

Apalagi, banyak kaum hawa yang mengidolakan Dilan termasuk motornya jadi jangan heran kalau banyak anak muda yang tertarik meminang Honda CB 100. Menurut kamu gimana ? Berminat juga ambil Honda CB 100 ? Kamu bisa pilih sendiri desainnya bahkan mau mirip banget dengan punya Iqbal alias Dilan.

No comments:

Post a Comment

| Designed by Colorlib