Alasan Jadi Blogger: Karena Menulis, Maka Saya Ada


“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
― Pramoedya Ananta Toer ―


Menulis adalah sebaik-baiknya cara untuk mengingat apa saja yang pernah kita lakukan selama hidup ini. Menulis juga menjadi langkah untuk refleksi diri, seberapa bermanfaat kita di dunia ini dan apa saja yang hendak dilakukan di kemudian hari.

Bagi saya sendiri, kegiatan menulis bukan sekedar alarm pribadi tetapi berharap dapat berbagi hal bermanfaat dengan banyak orang. Baik itu yang saling kenal langsung atau tidak.

Era modern ini, menulis tidak hanya bisa dilakukan di buku diary saja tetapi banyak wadah yang dapat dipakai. Salahsatunya adalah blogger, platform gratis yang disediakan oleh Google. Tapi, tak hanya blogger, tuMblr, joomla atau wordpress atau platform lain yang juga bisa digunakan. Itu semau dapat digunakan untuk menjadikan diri sebagai seorang blogger.

Lahir sejak tahun 1999, blogger diperuntukkan bagi kita untuk memuat website sendiri. Tapi, seiring berjalan waktu, banyak hal yang melandasi orang untuk menjadi seorang blogger. Kalau aku, ini alasan menjadi seorang blogger.

1. Senang Membaca


Sebuah UKM Kampus telah meracuni hidup saya. Awalnya sangat tidak suka membaca, tapi tahun 2015 lalu mulai fokus di UKM Jurnalistik yang mengharuskan para wartawan memiliki wawasan luas. Buku demi buku harus di lahap, berbagai berita dari media massa juga jadi konsumsi harian demi asupan informasi terbaru. Tanpa di sadari, kebiasaan itu mulai merasuki keseharianku dan akhirnya sudah banyak buku yang selesai di baca, kadang reviewnya di muat di blog tapi lebih banyak tidak dituliskan (terlalu banyak alasan karena kesibukan lain).


2. Asik Menulis

Seperti di pembuka tadi, bagi saya menulis adalah landasan utama mengapa menjadi blogger. Menulis adalah cara untuk melukis sejarah untuk diri kita sendiri. Tanpa tulisan atau karya, takkan ada jejak yang kita tinggalkan di dunia fana ini. Terlebih lagi jika kita dapat menulis untuk merubah dunia, membantu yang terpinggirkan, menggagas sebuah perubahan untuk lebih baik lagi. Tapi, adalah sebuah langkah baik ketika kita memiliki hobi menulis, seorang teman saya yang sudah hampir peot berkata, sehari saja tidak menulis, ia bisa langsung demam, hingga usia senjanya sekarang, dia tetap fokus dan konsisten bersuara lewat tulisan. Karna tulisan adalah bekerja untuk keabadian, kata Pram lagi.

3. Hobi Travelling

Entah dari mana datangnya hobi yang satu ini. Tapi, sejak menjajakkan kaki di bangku kuliah, tanpa sadar bahagia banget kala bersenandung dengan alam, bercerita banyak hal bersama awan di puncak bukit, bernyanyi dengan desiran ombak di pantai. Perlahan, satu demi satu tempat di berbagai Pulau di Indonesia disambangi (meski belum banyak, tapi ada beberapa). Hasil perjalanan itu saya rekam jejak di Jelajah Indonesiaqu


4. Mengabadikan Moment

Setiap waktu ada masanya, setiap masa ada waktunya. Begitulah skenario hidup kita bergulir, banyak hal yang telah dilewati, bertemu banyak orang, menjumpai hal-hal unik. Sangat sayang kalau tidak ditorehkan dalam sebuah untaian pengalaman supaya nantinya dapat melihat kembali apa saya yang pernah kita lakukan. Sudah bermanfaatkah bagi banyak orang ?


5. Bangun Relasi

Tak bisa dipungkiri, melalui kebiasaan menulis di blog, keseharian akan dibanjiri orang baru dari berbagai latar belakang dan tentu saja banyak orang hebat dan inspiratif. Setelah setahun mulai fokus ngeblog, banyak kesempatan untuk membuka jaringan dengan macam-macam orang, tergantung kita maunya seperti apa karena sudah tersedia semua.

6. Menghasilkan Uang

Jadi seorang blogger adalah kesempatan untuk mendapatkan pundi rupiah. Beberapa job menghampiri untuk segera di panen. Terkadang hanya cukup datang, makan lalu dapat uang atau voucer belanja, tidak harus bekerja keras atau keluar keringat. Apalagi bagi mereka yang sudah mahir memainkan macam-macam tools blog, seperti SEO dan lain sebagainya maka akan lebih mudah untuk membuka kesempatan mengisi ATM.

7. Memperpanjang Usia

Bagiku, jadi seorang blogger adalah pilihan terbaik untuk menikmati hidup. Banyak bersyukur, selalu bahagia dan tertawa sehingga bedampak pada keberlangsungan usia. Karena, seorang blogger akan berjumpa dengan banyak orang, banyak kesempatan untuk berbuat bagi, mengabarkan sukacita dan membantu banyak orang baik dengan tulisan maupun tindakan. Lewat blog, banyak hal yang dapat kita lakukan.

Jadi, kamu gimana ? Apakah ingin menjadi seorang blogger juga ?

No comments:

Post a Comment

| Designed by Colorlib