Honda Kalbar Bagikan 1000 Masker Bersama HWBC di Pontianak

Isa Oktaviani
By -
0

Honda Kalbar Bagikan 1000 Masker Bersama HWBC di Pontianak


Dengan adanya anjuran pemerintah untuk menggunakan masker agar masyarakat tetap aman saat melakukan aktivitas, Honda Kalimantan Barat ikut serta dalam mendukung gerakan pemerintah bersama paguyuban komunitas Honda Kalimantan Barat HWBC (Honda West Borneo Community) membagikan 1000 Masker kepada pengendara dan masyarakat sekitar.


Honda West Borneo Community sendiri merupakan paguyuban komunitas Honda di Kalimantan Barat yang terdiri dari komunitas komunitas motor Honda yang berada di wilayah pontianak seperti komunitas HCI (Honda CBR Independent), Grand riders pontianak, Scoopy club pontianak, Genk Beat Pontianak, HONDA STREET FIRE CLUB INDONESIA, vario owner club, REVO CLUB PONTIANAK, KHATULISTIWA MOTOR BEBEK CLUB, Pontianak Tiger Club, Honda sonic owner indonesia, HONDA PCX CLUB INDONESIA, Honda Blade Club Pontianak, Honda Blade Community Pontianak, dan masih banyak komunitas honda yang ikut bergabung dalam partisipasi pembagian masker ini.

Pembagian 1000 masker yang dilakukan oleh Honda Kalbar dan HWBC berada di 4 titik wilayah Pontianak yaitu lampu merah depan Universitas Tanjungpura, lampu merah perempatan Jl. Jendral Ahmad Yani dan Jl. Slt. Abdurrahman, lampu merah Jl. Tanjung Pura (Pasar Parit besar), dan lampu merah Pasar Flamboyan.


Pembagian masker disambut hangat oleh kepolisian dan masyarakat sekitar ketika kegiatan dilaksanakan pembagian 1000 masker oleh Honda Kalbar dan HWBC. Diharapkan semoga masyarakat juga senantiasa selalu menggunakan masker ketika berkendara dan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
Seperti yang kita ketahui masker selain melindungi kita dari virus secara langsung, masker juga bisa melindungi kita dari debu yang bertebaran dijalan, agar tetap aman masker yang kita gunakan setidaknya selalu tetap bersih dengan mencucinya secara rutin. 

Cara mencegah virus corona

Berikut langkah sederhana sebagai perlindungan dasar terhadap virus corona baru yang wajib dilakukan:

  • Rutin mencuci tangan

Jika sebelumnya, Anda hanya mencuci tangan dengan air saja maka hentikan kebiasaan tersebut. Rutinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Pastikan Anda membersihkan seluruh tangan, termasuk jari, sela-sela jari, dan juga ujung kuku. 
Bila tak ada sabun dan air, maka Anda bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung sekitar 60% alkohol. Mencuci tangan dengan sabun dan air atau pembersih tangan berbasis alkohol dapat membantu membunuh virus yang berada di tangan Anda.

  • Physical distancing

WHO telah resmi mengubah frasa social distancing menjadi physical distancing. Frasa physical distancing dirasa lebih pas karena bukan dimaksudkan untuk menjaga jarak sosial, melainkan menjaga jarak fisik. Oleh sebab itu, disarankan untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain. Sebab jarak yang terlalu dekat memungkinkan Anda menghirup tetesan air dari hidung atau mulut orang yang mungkin terinfeksi Covid-19 ketika ia bersin atau batuk. Imbauan tersebut juga telah disampaikan oleh pemerintah Indonesia. 
  • Hindari memegang mata, hidung, dan mulut

Memang bukan perkara yang mudah untuk tidak memegang apa yang ada di wajah karena sudah menjadi kebiasaan setiap hari bagi kebanyakan orang. Akan tetapi, untuk melindungi diri dari virus corona baru, hindari memegang mata, hidung, dan mulut.  Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab tangan umumnya menyentuh banyak permukaan yang mungkin terdapat virus. Setelah virus tersebut menempel pada tangan, maka tangan pun bisa memindahkan virus ke mata, hidung atau mulut ketika Anda menyentuhnya. Dari sanalah, virus masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan Anda sakit.
  • Ketika bersin dan batuk, jangan lupa tutup

Ketika bersin dan batuk, umumnya orang-orang akan refleks menutup dengan telapak tangan. Padahal itu merupakan hal yang keliru. Tutuplah menggunakan siku bagian dalam karena area tersebut jarang tersentuh sehingga mengurangi risiko penularan virus. Selain menggunakan siku bagian dalam, Anda juga bisa menggunakan tisu namun pastikan buang bekasnya dengan segera ke tempat sampah

  • Tetap di rumah

Meski tak merasakan gejala apa pun, namun Anda bisa saja menjadi carrier dan menularkan virus corona ke orang lain. Ketika virus tersebut menginfeksi orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, maka bisa menyebabkan Covid-19. Oleh sebab itu, imbauan untuk tetap #dirumahaja pun sedang digalakkan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona baru tersebut. Bahkan Presiden pun meminta masyarakat untuk belajar di rumah, bekerja di rumah, dan beribadah di rumah.

  • Bersihkan permukaan yang sering disentuh

Bersihkanlah permukaan yang paling sering disentuh, seperti halnya meja, gagang pintu, keyboard, toilet, handphone, keran air, dan lainnya menggunakan disinfektan. Jika permukaannya kotor, maka sebelum melakukan disinfeksi, bersihkan terlebih dahulu dengan detergen atau sabun dan air. Disinfektan dipercaya dapat membunuh virus yang menempel pada permukaan.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)