Honda Kalimantan Barat Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Isa Oktaviani
By -
0

Honda Kalimantan Barat Lakukan Penyemprotan Disinfektan


Untuk mendukung program pemerintah Pontianak, Honda Kalimantan Barat melakukan penyemprotan disinfektan untuk mengurangi penyebaran virus mematikan yang saat ini bersama-sama kita lawan. Honda Kalimantan Barat menyusuri daerah Tanjung Hulu wilayah Pontianak Timur untuk menyemprotkan disinfektan ke setiap rumah penduduk dan fasilitas umum. 


“Penyemprotan Disinfektan di setiap rumah warga dan fasilitas umum perlu dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus-virus berbahaya agar warga tetap sehat dengan wilayahnya yang terbebas dari virus, walaupun sudah dilakukannya penyemprotan disinfektan diharapkan para warga juga tetap memperhatikan kebersihan sekitar terutama diri sendiri dengan mencuci tangan dan menggunakan masker,” Ujar Aziq selaku tim Honda Kalbar.

Gerakan ini semoga dapat membantu pemerintah dalam menstabilkan kembali kota pontianak seperti sediakala. Penyebaran virus corona di Pontianak cukup memberi perhatian khusus, Ibukota Kalimantan Barat ini sempat masuk zona merah karena penyebaran virus telah di tahap transmisi lokal. Berbagai upaya dilakukan agar semua pihak terlindungi dari virus berbahaya ini, mulai dari mengurangi aktivitas warga dengan menutup sementara jalan Gajah Mada, aktif dalam kampanye penyebaran virus serta tanggap terhadap pasien yang reaktif.


Beberapa waktu lalu juga diadakan rapid test terutama untuk tenaga medis dan puluhan tenaga medis reaktif maka diserahkan ke pusat untuk melihat apakah positif atau negatif. Kita sebagai masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah saja agar memutus rantai penyebaran covid-19. Akan tetapi, tidak banyak pilihan jika kita tidak bisa ke rumah saja, tetap harus bekerja dan mencari nafkah. Namun, meski terpaksa harus keluar maka selalu gunakan masker.

Sedangkan untuk benda mati, maka penggunaan disinfektan sangat efektif untuk membunuh virus.  Dosen Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Untan, Rise Desnita, S.Farm,. M.si., Apt mengatakan ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk disinfeksi diri. Disinfeksi sendiri memiliki arti mengurangi infeksi akibat mikroorganisme. Dapat dilakukan dengan penggunaan antiseptik, antibiotik dan desinfektan. (Pontianakpost).

Antibiotik adalah senyawa kimia atau obat yang digunakan untuk membunuh mikroorganisme atau bakteri penyebab penyakit yang ada di dalam tubuh atau terinfeksi. Antiseptik adalah senyawa kimia yang banyak digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme baik bakteri, jamur atau virus pada jaringan yang hidup.

“Seperti pada permukaan kulit maupun mukosa membran. Contoh antiseptik meliputi hand sanitizer, sabun mandi antiseptik dan cairan kumur,” katanya.

Disinfektan merupakan zat kimia yang digunakan untuk menghambat atau membunuh mikroorganisme, tetapi di permukaan benda mati. Seperti cairan pembersih lantai, pembersih alat medis atau pemutih pakaian. Antiseptik dan disinfektan memiliki fungsi yang sama, yakni menghambat atau membunuh bakteri, tetapi digunakan di tempat berbeda.

ada lima golongan antiseptik dan desinfektan yang dapat digunakan untuk mencegah virus Covid-19. Antiseptik dan desinfektan  terbagi menjadi beberapa golongan. Halogen bisa sebagai antiseptik maupun disinfektan, tergantung jenis zat kimianya. Misalnya, Klorin dioksida untuk golongan Halogen.

“Klorin ini bersifat korosif. Biasanya digunakan sebagai disinfektan. Kalau yang digunakan sebagai antiseptik untuk golongan ini adalah triclosan. Banyak terkandung di dalam sabun mandi antiseptik,” tutur Rise.

Ada juga golongan Povidone iodine. Kandungan ini terdapat dalam obat luka. Golongan ini kelarutannya baik dengan air, tapi pada umumnya membutuhkan waktu kontak untuk memberikan efek sebagai penghambat kehidupan organisme. Kemudian, golongan Fenol. Penggunaan golongan Fenol sebagai antiseptik maupun disinfektan bergantung pada jenisnya.

Misalnya, golongan yang digunakan adalah Lysol seperti yang ada pada cairan pembersih lantai. Ini lebih tepat digunakan sebagai desinfektan, dibandingkan antiseptik karena berfungsi membunuh mikroorganisme pada permukaan. Untuk antiseptik, biasa gunakan golongan Klorosilenon seperti yang ada di cairan dettol.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)