Journaling, Pentingkah untuk Mengelola Emosi?

Isa Oktaviani
By -
0


Sejak dua bulan belakangan, aku jadi rutin menulis jurnal untuk sehari - hari. Biasanya aku menulis sebelum tidur. Aku juga sebenarnya udah lama banget nggak menulis jurnal atau kegiatan sehari - hari. Sebenarnya, menulis jurnal ini melibatkan dua aktivitas sekaligus, berpikir dan menulis. Selain itu, menjadi bahan refleksi bagi diri sendiri. Tapi, apa sebenarnya manfaat dari journaling ini atau hanya sekedar nulis biasa aja?


Setelah melakukannya lebih dari dua bulan, aku sangat menikmati menulis kembali refleksi harian. Biasanya journaling ini menjadi wadah ekspresiku misalnya pas lagi bahagia, sedih atau kecewa. Aktivitas menulis membuat perasaan lebih lega dan tenang. Apalagi kalau hari ini sedang banyak hal yang membuat hari tidak baik. Tak hanya itu, menulis jurnal juga membantu aku memaksimalkan rasa bahagia akan hal - hal yang aku lewatin seharian ini.

Ternyata, menulis jurnal untuk sehari - hari punya beberapa manfaat yang baik untuk diri kita. Ada beberapa manfaat yang tersimpan di balik kebiasaan menulis jurnal, seperti berikut ini:

Mengelola Stress

Percaya pasti percaya semenjak pandemi ini, kita jadi makin mudah terserang stress. Yaa, tak satupun yang luput dari perasaan ini. Kita dipaksa untuk mengikuti perubahan zaman yang membuat pikiran dan fisik kita lebih sering tertambat di rumah, di lokasi yang sama. Suasana nyaris sama membuat kita merasa kurang nyaman dan mudah stress. Menulis jurnal cukup membantu kelola stress saat ini.

Intropeksi Diri

Paling penting si ini jadi kita bisa mengintropeksi diri dari aktivitas menulis dan berpikir. Jadi ada seperti evaluasi sehingga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lebih baik terus dari hari - hari sebelumnya. Dengan begitu, kita bisa berefleksi terus menerus dan meningkatkan nilai diri, level up !


Lebih Banyak Bersyukur

Menulis jurnal membuat aku lebih banyak bersyukur karena di situ aku menuliskan apa yang aku syukuri hari ini. Misalnya aku bersyukur hari ini masih sehat, bisa ketawa, bisa merasakan sedih, kecewa dan bahagia. Aku juga bersyukur karena tidak lupa bersyukur setiap harinya.


Meningkatkan Daya Ingat

Aku orangnya sangat pelupa, jadi menulis jurnal ini membuat aku lebih gampang mengingat terutama hal - hal yang aku lewatin setiap harinya. Menulis seperti ini membangkitkan gairah untuk mengingat - ingat banyak hal. Untunglah ini bisa aku lakukan setiap hari.

Nah, itulah yang aku rasakan ketika journaling setiap hari. Kalau kamu merasa butuh juga untuk mengelola perasaan dengan menulis, yukk boleh mulai dilakukan.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)