Respon Kita Menentukan Kondisi Hati

Isa Oktaviani
By -
0

Respon Kita Menentukan Kondisi Hati



Pernah nggak sih kamu merasa mood kamu tiba - tiba turun ketika ada sesuatu terjadi? Misalnya ketika temanmu mengatakan sesuatu dan seketika kamu merasa sedih dan tidak nyaman di hati. Iya, pasti sering bangetkan, situasi tidak menyenangkan itu sangat menganggu kehidupanmu. Bahkan bisa mempengaruhi aktivitas mu. Kalau sudah kejadian, apa yang bisa kita lakukan ?


Ada rahasia kenapa itu semua bisa terjadi. Setelah sekian lama aku berpetualang di bumi ini, akhirnya menemukan sebabnya. Hal itu bisa terjadi karena RESPON KITA. Iya benar, respon kita terhadap sesuatu yang terjadi. Misalnya nih ada temanku yang bilang, eh, kamu kok gemukan yaa? Lalu aku terlalu memikirkan itu akhirnya gak tenang. Atau dia bilang gini, lah, kalau gitu mah mending gak usah nanya, ribet amat dah. Kalau kita merespon dia dengan negatif, akhirnya kita juga jadi sangat tidak tenang dan berulang tidak damai.

Biar lebih jelas aku coba kasih contoh kasus yaa. Misalnya kita lagi ngobrol sama teman tentang project yang akan dikerjakan bersama. Lalu dia nyeletuk, kok idenya gitu, harusnya tuh gini. Padahal kamu sudah mengerjakan itu dengan sungguh - sungguh dan waktu yang lama. Respon kamu malah, ah iya yaa, emang aku bodoh, aku nggak bisa apa - apa.

Akhirnya kamu merasa kamu tidak bisa melakukan apa - apa. Kamu jadi malas melontarkan ide di forum karena merasa kamu tidak bisa apa - apa. Padahal kalau kamu memberikan respon yang biasa, kamu bisa merasa lebih baik. Misalnya respon kamu adalah, oh mungkin yang dia katakan benar, ide yang kusampaikan belum sempurna, aku harus banyak belajar, terima kasih.

Percaya nggak percaya, apapun respon kamu terhadap sesuatu akan mempengaruhi mood-mu. Jadi, coba untuk merespon segala sesuatu dengan positif.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)