Rutin Jalan Kaki untuk Pola Hidup Sehat

Isa Oktaviani
By -
0



Selama pandemi, kita termasuk jarang bergerak karena aktivitas hanya di rumah aja. Aku sendiri merasakan jenuh yang luar biasa, setiap hari dengan suasana yang sama. Tak hanya itu, aku mulai mudah lelah dan ngantuk, badan pegal - pegal hampir setiap hari, pas aku cek di smartwatch, ternyata rata - rata hanya bergerak 700 - 1000 langkah perhari, keluar kamar dan halaman depan aja dan beberapa langkah untuk mandi, makan dan aktivitas rumah lainnya. Kalau dibiarkan terus, ini bisa memberikan penyakit bagi tubuh yang tidak mendapat asupan energi dari luar.

ketemu rumah keren pas jalan pagi

Akhirnya aku memutuskan untuk rutin jalan kaki setiap pagi. Awalnya sih berat banget yaa apalagi aku memilih waktu pagi hari, saat dimana kita sedang mager - magernya (malas gerak), apalagi dingin banget jadi tidur atau rebahan adalah pilihan terbaik. Tapi, kalau begitu terus, gimana mau hidup sehat jadi hanya ada satu kata : LAWAN !

Hari pertama jalan kaki, aku bisa bergerak 5000 langkah, keliling sekitar komplek. Rasanya capek banget, kaki pegal - pegal dan harus istirahat beberapa waktu setelah sampai rumah. Hari berikutnya juga sama, aku jalan kaki lagi dengan target 5000 langkah. Kebiasaan baru mulai terbentuk, setiap hari rutin bangun awal dan coba jalan kaki terus hingga hari ini, 3 September 2021 adalah hari ke-23 aku rutin jalan kaki, awal - awal hanya 40 - 45 menit saja tetapi untuk sekarang setiap hari aku investasi 1 jam untuk jalan kaki. Terus, apa yang aku dapatkan ketika rutin jalan kaki, berikut ulasannya.

Mengenal Lingkungan Sekitar
Sejak pertama ke Jakarta, aku sangat jarang keluar rumah, kalaupun keluar hanya ke pasar atau mall dan selalu naik ojek online. Jadi, aku sama sekali tidak tau apa aja yang ada di sekitar komplek, sejenis ansos gitulah. Tapi, dengan rutin jalan kaki di sekitar komplek yang menghabiskan waktu 1 jam per hari, aku bisa lebih detail mengamati sekitar, mulai dari jenis perumahan di sekitar sini, kebiasaan orang di pagi hari hingga ada apa aja sih cafe atau tempat makan di dekat sini.

Nggak Pegal Lagi
Kabar baiknya, badanku jadi tidak mudah pegal - pegal lagi. Malah setiap hari jadi lebih ceria dan fresh meski hampir seharian harus duduk tetapi energi yang diambil pagi hari jauh lebih kuat daripada sekarang. Aku merasa sangat terbantu sih dengan kebiasaan baru ini. Bye-bye pegalll. Aku jadi jauh lebih bersemangat untuk aktivitas hariaannn. MANTAAPPP.

Rajin Bangun Pagi
Sebelum rutin jalan kaki, aku agak susah bangun pagi, biasanya udah bangun tapi jadi dinyanyiin mbah Surip, bangun tidur, tidur lagi, bangun tidur tidur lagi, banguuunnn,,,,,tidur lagii. Dulu jam 6 bangun tapi tidur lagi biasa sampe jam 8 bahkan jam 9, parah sih. Berkat rutin jalan ini, sekarang bangun jam 5.30 langsung berdoa dan mengucap syukur, lalu cuci muka dan gosok gigi terus baca renungan harian, afirmasi positif dan dengar beberapa lagu untuk booster energy lalu cuss jalan kaki.

Menikmati Udara Pagi
Aku akhirnya bisa menikmati udara pagi yang lembut nan manja di kulit. Lambaian dedaunan mulai merasuki sanubari, rasanya waahh asiikkk. Ternyata di komplek dekat rumah ada banyak jalan yang dihiasi dengan pohon - pohon rindang jadi lebih segar gitu pas pagi - pagi. Pokoknya nikmat poll deh.

Selain itu, manfaat jalan kaki juga sangat banyak loh, pasti kamu udah taukan? Nih aku kasih bocoran dikit, mengutip dari alodokter.com, ada beberapa manfaat jalan kaki bagi kita:
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menurunkan kadar kolestrol dan tekanan darah
  • Mencegah diabetes tipe 2
  • Menurunkan berat badan
  • Memperkuat daya tahan tubuh
  • Mengurangi stress
  • Mencegah osteoporosis
Nah, banyak bangetkan manfaat yang bisa kita dapatkan hanya dengan berjalan kaki. Terus, apalagi yang kamu tunggu, cuss jalan kaki tiap hari, kalau belum kuat 1 jam, boleh mulai 15 menit hingga 30 menit. SEMANGATTTT !

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)