Review

Post Page Advertisement [Top]

ilustrasi tangan yang tak bisa menyatu


Tak Ada Bhinneka Tunggal Ika di Cinta Beda Agama. Negara kita adalah negara yang pluralis. Menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika, berbeda beda tetapi tetap satu.
Satu bangsa, satu bahasa, satu tanah air. Sebab Kita Indonesia.

Perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa adalah aset paling berharga yang kita miliki sehingga dijaga dan dilestarikan bersama.

Tapi, Bhinneka Tunggal Ika takkan pernah ada kepada anak manusia yang saling mengasihi dengan tulus. Mencintai dengan ikhlas. Satu kemustahilan jika ingin bersama ketika agama mereka berbeda.

Jangankan dapat membina rumah tangga dengan bahagia, memikirkannya saja tidak boleh. Karena menurut ajaran agama, tidak mungkin membina rumah tangga dengan dua kitab berbeda. Meski masing-masing mengajarkan kebaikan, mengarahkan hidup penuh cinta kasih dan menuntun kita menuju kerajaan Allah yang abadi.

Jika caranya tidak sama. Maka jangan berharap bisa digunakan dalam satu kapal yang dinamakan keluarga. Jika saat ini sedang megadu kisah dengan yang tak seiman. Siap-siap lah layarmu akan koyak ditengah laut. Angin topan siap menghadang, dari depan belakang, kiri dan kanan, atas dan bawah..
Kemanakah kau akan berlayar? Selain mendapati sekoci menuju dermaga yang takkan kalian labuhi bersama. Dermaga kalian berbeda. Sudah, jangan paksakan untuk satu arah satu tujuan. Jika saja itu terjadi, ombak besar akan datang. Hujan badai akan turun tiada hentinya. Meski kau mencoba tuk meredam, ia bisa saja pergi tapi akan datang dikemudian hari.

Kala badai menggoncang jiwa. Sabarlah, Tuhan telah menyiapkan jodoh untuk mu, semua akan indah pada waktunya. Itu adalah kalimat penenang paling ampuh yang kita belum mampu untuk mengiyakan. Meski ada insan yang menerima tetapi tak sedikit yang merana.

Cinta yang katanya awal dan akhir kebahagiaan akan dipatahkan oleh perbedaan agama. Sudah jangan kau tentang lagi.
Karena kita Indonesia. Berbhinneka Tinggal Ika lah terhadap semua perbedaan yang ada, kecuali cinta beda agama.

Pontianak, 14 Mei 2018

4 comments:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib