Menyapa Keramahan Kampung Berseri Astra Pontianak

Isa Oktaviani
By -
1
Seorang pengunjung sedang menikmati lukisan di KBA

Menyapa Keramahan Kampung Berseri Astra Pontianak. Ketika berkunjung ke suatu tempat, apa yang akan menjadi kesan kita? Pasti soal kerahaman warganya, kebersihan lingkungan dan kulinernya. Bagiku tiga hal itu yang akan menjadi kenang-kenangan untuk di bawa pulang.

Paket komplit ini dapat ditemui di Kampung Berseri Astra (KBA), terletak di kawasan Sungai Jawi, Pontianak. Meski berdiri di kawasan kota, tapi tempat ini cukup bersih tidak seperti tempat lainnya. Menariknya lagi, di Kampung Berseri Astra kita dapat menjumpai lukisan-lukisan indah menggambarkan keberagaman di Kalimantan Barat. Ada Vihara, Masjid, hingga Gereja dan juga ikon-ikon Kota Pontianak lainnya.

Masyarakat yang tinggal di tempat ini merupakan perantau dari berbagai suku dan agama tetapi di dominasi oleh Jawa dan Madura tetapi tetap harmonis dalam balutan kekeluargaan. Pada tahun 2016 lalu, tempat ini dianugerahi nama Kampung Berseri Astra yang sebelumnya lebih dikenal dengan Sungai Jawi Dalam.

Ngobrol bersama warga KBA

Tidak gampang bagi Kampung Berseri Astra dan daerah lainnya untuk mendapatkan kesempatan program seperti ini, karena harus melewati beberapa terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati, antara lain:
  • Koordinasi perusahaan Grup Astra
  • Pembentukan tim KBA
  • Koordinasi dengan pemerintah daerah
  • Social mapping
  • Penentuan lokasi KBA
  • Penyusunan rencana program
  • Komitmen bersama dan kick-off program KBA
Namun, sebagai salahsatu perusahaan besar di Indonesia, dengan Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia), Grup Astra memberikan aksi nyata untuk berperan aktif, serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Grup Astra terhadap masyarakat Indonesia sehingga, dimanapun Astra berpijak, di situ Astra akan menaburkan manfaat bagi masyarakat sekitar.

beragam lukisan di dinding jalan KBA

Hadirnya KBA ini memberikan kontribusi sosial di empat sektor yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan. Pada sektor kewirausahaan (UKM), beberapa masyarakat diberikan modal seperti alat produksi yang mana mereka dibimbing dalam produksi tersebut. Masyarakat sekitar langsung merasakan manfaatnya. Sehingga, tidak hanya menanti bantuan pemerintah, tetapi masyarakat dapat mengembangkan diri bersama stakeholder yang ada. 

Di Indonesia, setidaknya terdapat 77 KBA dengan program serupa tetapi tentu saja dengan praktik yang berbeda-beda. Baik pihak Grup Astra maupun masyarakat dapat mengeksplorasi agar lebih berkembang. Kota Pontianak sendiri sebagai salahsatu penerima program KBA melakukan berbagai hal, mulai dari empat sektor unggulan tersebut hingga pendekatan lain kepada masyarakat.

KBA Pontianak

Seperti ketika perayaan kemerdekaan Indonesia, setiap 17 Agustus, masyarakat sekitar berbonbong-bondong datang untuk bahagia bersama merayakan hari lahir bangsanya, tentu saja dengan kemasan perayaan ala KBA Pontianak. "Setiap 17an Agustus, banyak perlombaan dan bantuan juga dari Astra,"ungkap Pak Muklis, seorang warga KBA.

Manfaat dari program KBA ini sangat baik, semoga aksi nyata dan kontribusi Grup Astra selalu berkembang sehingga banyak masyarakat yang dapat menikmati program serupa, khususnya di seluruh penjuru Kalimantan Barat. Semoga :)

Post a Comment

1Comments

Post a Comment