Kopdar Komunitas Blogger Pontianak, Sharing Ngeblog Ala Blogger Beken

Isa Oktaviani
By -
9

Kopdar Komunitas Blogger Pontianak, Sharing Ngeblog Ala Blogger Beken. Apa sih resolusi kamu di tahun 2019 ? Banyak banget tentunya dan akan berusaha agar hal itu dapat tercapai. Tapi, bagi kita yang melabuhkan diri sebagai seorang blogger, tujuan menulis adalah dapat dibaca banyak orang dan lebih baik lagi kalau tulisan itu bisa berdampak baik.

Lantas, bagaimana caranya menjadi seorang blogger yang dapat membagikan pengalamannya melalui tulisan di dunia maya?

Mengawali tahun baru ini, Komunitas Blogger Pontianak (KBP) mengadakan kopdar akbar untuk sharing tentang Menulis Nan Mengalir Ala Blogger. Tajuk ini merujuk kepada menulis sesuai dengan hati, karena menulis dengan perasaan itu akan baik dan dapat mengalir hingga jauh dan tulisan dapat dinikmati oleh pembaca. Dahsyatnya lagi, apa yang ditulis dapat menarik si pembaca hadir dalam cerita itu.

Untuk membagikan pengalaman menulis nan mengalir ini dihadirkan blogger dari Jakarta, Mba Dian Ravi dan Mude. Nama mereka sudah sangat dikenal baik kalangan sesama blogger maupun pembaca setia terutama soal travel dan life style. Mba Dian didatangkan langsung karena termasuk dari MB Communication yang merupakan jaringan dari Pontianak Creative dan KBP sebagai penyelenggara kegiatan.

Tidak hanya Mba Dian dan Mba Mude, blogger beken asal Pontianak, Dodon Jerry juga turut menumpahkan ilmunya dalam acara ini. Nulis sejak tahun 2005 mengantarkan pemilik web tukangjalanjajan.com ini sering diundang berbagai brand dalam dan luar negeri untuk mereview produk maupun tempat mereka.

Kata Mba Dian, menulis itu cukup mengikuti isi hati sehingga apa yang ditulis dapat mengalir lebih mudah dan tulislah secara rinci agar pembaca dapat memahami apa yang sedang diceritakan. Misalnya ketika menulis catatan perjalanan, maka harus menceritakan bagaimana suasana di tempat itu dan apa saja yang ada di sana serta memberikan informasi mendetail.

Hal serupa juga dikatakan Bang Dodon, menulis sedetail mungkin sehingga pembaca lebih mudah menangkap informasi yang disampaikan. Jadi, ketika ingin menulis "oleh-oleh" dari liburan maka tulislah bagaimana kita bisa sampai di sana, biaya masuk, makanan serta hal menarik yang ada di tempat tersebut.

Akan tetapi, menulis juga harus memperhatikan kata kunci yang dicari oleh banyak orang dan itu wajib dimasukkan dalam tulisan karena sedetail apapun informasi yang disampaikan tetapi tidak dibaca orang jadi percuma. Sebagai seorang blogger, haruslah juga sedikit melirik tentang SEO.

Blogger ini sama halnya dengan kehidupan sehari-hari yang harus silaturahmi dengan banyak orang. Setiap pemilik blog wajib berkunjung ke blog lain agar saling kenal dan tentu saja bisa dapat pembaca. Jadi seorang blogger tidak hanya soal menulis tetapi juga membaca, melahirkan karya seperti buku serta menjalin relasi dengan para blogger lainnya.

Gimana caranya agar blog dikenal banyak orang?

Siapa sih yang tidak mau blognya dikenal banyak orang, pasti semua mendambakan itu. Tapi, membuat blog terkenal tidak semudah pesan teh es di warung kopi. Iyaa, perlu waktu yang panjang. Misalnya saja Bang Dodon, butuh waktu bertahun-tahun hingga akhirnya nama dia dikenal banyak orang.

Kata Bang Dodon, agar blog dikenal orang maka harus menerbitkan tulisan di berbagai media, dapat award, kemudian bikin buku. Dirinya melakukan itu bertahun-tahun, mengirimkan tulisan di Tempo, Kompas, hingga Intisari. Penghargaan bergengsi tingkat internasional juga diraih dan menjadi satu-satunya dari Kalimantan yang mendapatkan itu. Kemudian, setelah itu diraih, dirinya juga membuat buku tentang INDIA, jadi kepiawaian seorang Dodon Jerry sebagai Travel Blogger tidak dapat diragukan lagi.

Hal senada juga dikatakan oleh Dian Ravi, sebagai Travel Blogger, dirinya sering ikut lomba agar nama blog dikenal. Jika kalah, maka perhatikanlah tulisan mereka yang menang itu dan jadikan referensi agar ke depannya bisa menang. Akhirnya, Dian Ravi sering memenangkan lomba blog terutama tentang Travelling.



Jadi, untuk yang ingin menjadi seorang blogger harus banyak-banyak bertanya kepada mereka yang lebih dulu mendalami dunia blogging. Selain sharing soal blogging, kopdar akbar 2019 ini juga sekaligus pelantikan pengurus yang baru periodeo 2019 - 2021. Tentu saja di kepengurusan yang baru ada banyak hal baru juga yang akan dilakukan untuk meningkatkan kwalitas para blogger di Pontianak.

Dan bagi yang ingin bergabung, sangat mudah dan kesempatan masih terbuka lebar. Kalian cukup DM saja di instagram @blogger_ptk


Post a Comment

9Comments

  1. Keren banget, menulis di blog sebenarnya harus sesuai niche dan harus menulis mengalir apa adanya... insha allah akan langgen nulisnya. Proud of u ,, tulisannya keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bener, saya juga senang baca tulisan-tulisan di blog miterpangalayo.com, tulisannya hidup dan mengalir nan bagai air sungai hehe

      Delete
  2. patut dicontoh oleh komunitas lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaps, benar banget. Tanpa relasi kita bukan siapa-siapa

      Delete
    2. tambah lagi cerita blok lainnya ,biar seru membacanya

      Delete
  3. Keren, menginspirasi,
    Menulis utk keabadian...
    Menulis pakek hati, tp beda dg pakek perasaan, suka baper...hahha

    ReplyDelete
  4. Seru banget ya kopdarnya. Setuju banget deh kalau blogger junior harus lebih banyak belajar sama blogger senior. Aku juga suka baca tulisan di blog Mbak Dian Ravi yang isinya tentang traveling gitu.

    ReplyDelete
Post a Comment